Surya Dharma Bicara Kepengawasan di PPs Unnes

Kamis, 5 Desember 2013 | 16:00 WIB


Mantan Direktur Pembinaan Pendidikdan Tenaga Kependidikan Pendidikan Menengah Kemdikbud Surya Dharma MPA PhD, memberikan Kuliah Umum Pengembangan Kompetensi Kepengawasan Sekolah di Aula Pogram Pascasarjana (PPs) Universitas Negeri Semarang (Unnes), Kamis (5/12).

Paparan yang dipandu Prof Dr Maman Rachman MSc, Surya Dharma membawakan tema “Tantangan Kepengawasan Abad 21”.

Surya mengungkapkan, tugas pengawas sekolah sangat penting dalam menjawab tantangan pendidikan abad 21 karena dituntut memiliki enam kompetensi sebagai penggerak kepala sekolah dan guru.

“Karena itu pengawas sekolah harus two step ahead disbanding kepala sekolah dan guru“ ujar dosen Kajian Ilmu Kepolisian FISIP Universitas Indonesia itu. Surya juga berharap alumni S2 Kepengawasan yang ada di Unnes dapat dimagangkan sebagai kepala sekolah sebelum nantinya diangkat menjadi pengawas sekolah oleh Pemerintah Daerah.

Sejumlah 80 mahasiswa S2 kepengawasan hadir mengikuti kuliah umu tersebut. Selain Kuliah Umum, mahasiswa angkatan 2012 sejumlah 50 mahasiswa, selama delapan hari juga melaksanakan Pendidikan dan Latihan Penelitian Tindakan Pengawas Sekolah.

Direktur PPs Unnes Prof Dr Samsudi MPd dalam sambutannya berharap mahasiswa S2 Kepengawasan memiliki nilai lebih sebelum terjun sebagai kepengawasan.

“Saya juga berharap mahasiswa harus menambah kompetensinya dengan berbagai referensi pengembangan. Termasuk program magang ke luar negeri untuk menambah pengalaman mahasiswa” ujar Samsudi.

Kiriman Nur Bejo Hidayat


DIUNGGAH : Rohmawati Dibaca : 937 kali
EDITOR : Dhoni Zustiyantoro

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

X