Hadiah Sastra Daerah Rancage Diserahkan

Kamis, 24 Mei 2012 | 13:09 WIB


Hadiah Sastra Daerah Rancage Diserahkan
Dwi Sulistiawan / Humas

Prof Fathur Rokhman (paling kiri) dan Prof Masrukhi (paling kanan), mengapit penerima Penghargaan Sastra Rancage 2012

Hadiah Sastra Rancage diserahkan oleh ketua Dewan PembinaYayasan Rancage Ajip Rosidi, Kamis (24/5), di auditorium kampus Universitas Negeri Semarang (Unnes) Sekaran.

Turut mendampingi, Pembantu Rektor Bidang Kemahasiswaan Unnes Prof Masrukhi dan Pembantu Rektor Bidang Pengembangan dan Kerja Sama Unnes Prof Fathur Rokhman.

Sucipto Hadi Purnomo, dosen Bahasa dan Sastra Jawa FBS Universitas Negeri Semarang (Unnes) menjadi salah satu yang mendapatkan anugerah itu. Dia memperoleh hadiah itu karena dianggap memiliki jasa besar dalam pemeliharaan dan pengembangan bahasa dan sastra Jawa.

Semenjak 1989, menurut Ajib Rosidi, yayasan ini telah memberikan puluhan penghargaan kepada orang yang berpengaruh dalam bahasa dan sastra daerah. Penghargaan ini terbagi menjadi dua, yakni bidang karya dan bidang jasa. “Selama kurun waktu itu pula, yayasan ini berupaya memberi perhatian kepada bahasa dan sastra daerah di tengah derasnya arus globalisasi,” katanya dihadapan ratusan tamu undangan.

Selain Sucipto, penghargaan dalam bidang sastra Jawa diberikan kepada Yusuf Susilo Hartono untuk kategori karya dengan buku kumpulan puisi Ombak Wengi terbitan Elmatera.

Untuk sastra Bali, hadiah diraih Komang Adnyana dengan karya kumpulan cerpen Metek Bintang dan I Made Sugianto dalam bidang jasa. Dari sastra Sunda, anugerah diberikan kepada Acep Zamzam Noor atas kumpulan sajak Paguneman dan Eti RS dalam bidang jasa.

Prof Fathur Rokhman mengucapkan selamat atas prestasi itu. “Di tengah kesibukannya, Sucipto yang merupakan dosen idaman mahasiswa ini masih memikirkan keberlangsungan bahasa dan sastra Jawa. Banyak keteladanan yang harus dicontoh oleh generasi muda,” ujar Prof Fathur.


DIUNGGAH : Dwi Sulistiawan Dibaca : 1.795 kali
EDITOR : Dhoni Zustiyantoro

5 komentar pada “Hadiah Sastra Daerah Rancage Diserahkan

  1. Wah…..inyong melu seneng banget, moga-moga taun ngarep sing ulih penghargaan wong sing makili bahasa panginyongan ya

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

X