Kaji Model Pendidikan Taruna Akpol, Subagyo Raih Doktor

Selasa, 10 Juli 2012 | 16:04 WIB


Kaji Model Pendidikan Taruna Akpol, Subagyo Raih Doktor
Dwi Sulistiawan / Humas

Subagyo menerima tanda kelulusan dari ketua tim penguji

Berkat penelitiannya tentang model pendidikan taruna Akademi Kepolisian (Akpol), Subagyo akhirnya meraih gelar doktor bidang manajemen pendidikan di Universitas Negeri Semarang (Unnes). Gelar itu diraih pada usianya yang ke-61 tahun di tengah-tengah kesibukan sebagai Dekan Fakultas Ilmu Sosial (FIS) Unnes.

Di depan para penguji, lelaki kelahiran Boyolali, 8 Agustus 1951 ini mempertahankan disertasi “Model Pendidikan Taruna Akademi Kepolisian sebagai Pembangun Karakter Polisi Sipil”, di Program Pascasarjana Unnes Bendan Ngisor Semarang, Selasa (10/6). Dewan penguji terdiri atas Prof Dr Sudijono Sastroatmodjo MSi (ketua), Prof Dr Samsudi MPd (sekretaris I), Prof Dr Joko Widodo MPd (sekretaris II), Prof Dr Madyo Ekosusilo MPd , Prof Dr Sugiyo MSi , Dr Etty Soesilowati Msi, Prof Dr Yusriyadi SH MS, dan Prof Dr Maman Rachman MSc.

Dalam disertasinya, Subagyo mengemukakan, bela dikaji lebih dalam terdapat perilaku menyimpang Polri baik yang terkait dengan tindak kriminal maupun yang bertentangan dengan prinsip dan nilai demokrasi dan hak asasi manusia (HAM). Beberapa kelemahan Polri dalam pelaksanaan tugasnya antara lain tidak peka dan tanggap tuntutan masyarakat, tidak tekun dan cepat memantau situasi, bersikap konservatif dan birokratis, kurang inisiatif, tidak kreatif inovatif dan terjebak rutinitas kerja, sulit menginterpretasi kebijakan pimpinan, tidak memanfaatkan potensi dan peluang lingkungan demi suksesnya tugas, bekerja tidak efektif dan efisien, serta menyimpang dari etika keperwiraan.

Perilaku menyimpang dan kelemahan-kelemahan tersebut, menurut promovendus, sejatinya tidak perlu terjuadi apabila Polri mengimplementasikan esensinya sebagai polisi sipil yang profesional. “Penyimpangan perilaku ini pula yang membuat pencitraan Polri di mata masyarakat tidak kunjung membaik,” paparnya.

Dia akhir ujian, oleh para penguji, Subagyo dinyatakan lulus dengan predikat sangat memuaskan. Dia merupakan doktor ke-82 Program Manajemen Pendidikan atau doktor ke-110 yang diluluskan oleh Unnes.


DIUNGGAH : Dwi Sulistiawan Dibaca : 3.210 kali
EDITOR : Sucipto Hadi Purnomo

17 komentar pada “Kaji Model Pendidikan Taruna Akpol, Subagyo Raih Doktor

  1. Menghaturkan ucapan selamat dan Sukses kepada kakanda tercinta ; DR.SUBAGYO, MPd. Semoga dharma bhakti akan semakin amanah dan bermanfaat bagi nusa dan bangsa…

  2. selamat untuk keluarga FIS UNNES atas kelulusan Dr. Subagyo, M.Pd, saya turut berbahagia. sepertinya apa yang menjadi penelitian bapak dapat menjadi koreksi dan bahan masukan bagi POLRI untuk perbaikan dari hulu hingga ke hilir. saya juga tertarik untuk mengetahui lebih banyak isi desertasi bapak, mungkin FIS dapat mengagendakan sebuah seminar sebagai sebuah perayaan sekaligus berbagi ilmu pengetahuan.

    Salam Psikologi

  3. Selamat Pak Subagyo atas prestasinya meraih gelar akademik doktor. semoga menjadi pemicu bagi dosen lain yang belum mencapai tingkatan prestisius itu. untuk mempercepat tercapainya visi misi Unnes sebelum th 2020. UPT Perpustakaan ikut menghayubagio dan bangga.

  4. Selamat dan sukses selalu kepada Bp. Dr. subagyo, atas presatsinya meraih gelar Doktor, semoga Allah akan mengangkat derajat bpk, keberhasilannya akan memberikan motivasi kepada teman-teman dosen Unnes yang muda-muda, sehingga Unnes dapat mencapai cita-citanya yang mulia.

  5. Menghaturkan selamat atas diraihnya gelar Doktor semoga kesuksesan berikutnya segera menyusul. Amin. Baru mengetahui kalau Bapak kelahiran Boyolali seperti saya.

  6. selamat dan sukses kepada bapak subagio, Dekan FIS unnes, Dosen Jurusan Sejarah dan juga dosbing I skripsi saya.. semoga kesuksesan bapak dapat menular pada kami khususnya mahasiswa jurusan sejarah,, amin.

  7. Selamat kepada Bapak Dr. Subagyo, M.Pd. atas gelar doktornya semoa anak didiknya di UNNES dapat menyusulnya kelak. :)

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

X