SPMU 2011 untuk Program S1 dan D3

Jumat, 20 Mei 2011 | 15:50

Berita Terkait

Pendaftaran Seleksi Penerimaan Mahasiswa Unnes (SPMU) yang akan dibuka secara online mulai 3 Juni hingga 2 Juli 2011 diperuntukkan bagi program strata 1 (S1) dan diploma 3 (D3).

SPMU, yang merupakan jalur ujian mandiri, dapat diikuti oleh lulusan SMA atau yang sederajat pada tahun 2009, 2010, dan 2011. Lewat jalur ini juga akan direkrut sejumlah calon penerima Beasiswa Bidik Misi.

“Berbeda dari SNMPTN dan UMB-PT yang hanya untuk program S1, SPMU ini selain untuk calon mahasiswa S1 juga D3. Antara lain D3 Desain Komunikasi Visual, Bahasa Jepang, Survei Pemetaan Wilayah, Statistk Terapan dan Komputasi (Staterkom), Teknik Sipil, Teknik Mesin, Teknik Elektro, Teknik Kimia, Akuntansi, dan Manajemen Perkantoran,” kata Ketua Panitia SPMU, M Khafid.

M Khafid juga menjelaskan, peserta SPMU berhak memilih dua program studi. “Perlu juga saya ingatkan kepada para pendaftar untuk menyiapkan file foto berwarna ukuran 4 x 6 cm berformat JPG atau PNG dengan ukuran maksimum 100 KB. Selain itu, menentukan jalur SPMU yang kan diikuti, SPMU program reguler atau SPMU program Bidik Misi,” kata Pembantu Dekan I Fakultas Ekonomi ini.

Dikemukakn pula, dengan membuka situs http://spmu.unnes.ac.id, pada saatnya nanti calon peserta dapat mengisi formulir pendaftaran secara online untuk memperoleh personal identification number (PIN) yang berupa delapan karakter. “PIN yang dicetak itulah yang menjadi syarat ketika melakukan pembayaran biaya pendaftaran di Bank BNI,” katanya.

Tes SPMU meliputi tes tertulis dan bagi pemilih program studi tertentu wajib mengikuti tes keterampilan. Tes digelar 10-11 Juli 2011 di kampus Unnes.

Ketentuan lengkap dapat dilihat di sini.

Diunggah oleh :
Editor: Sucipto Hadi Purnomo

32 Komentar untuk “SPMU 2011 untuk Program S1 dan D3”

  1. rinawati

    Jumat, 20 Mei 2011 | 18:20

    apakah lokasi tesnya ada yang di tegal?

  2. sholihah

    Jumat, 20 Mei 2011 | 21:16

    kalo mau milih jurusan lihat di mana ni?

  3. via eka

    Jumat, 20 Mei 2011 | 22:57

    bayarnya beraa tuh???

  4. ulfah rubiati

    Senin, 23 Mei 2011 | 06:08

    mhn maaf,pendaftaran dilaksanakan pada tanggal 2 juni-3 juli 2011..
    kalimat terakhir menyatakan tes digelar 10-11 Juni 2011,salah tulis atau ada perubahan pendaftarannya?terimaksh

  5. Sucipto Hadi Purnomo

    Sucipto Hadi Purnomo

    Senin, 23 Mei 2011 | 07:38

    Mohon maaf, salah tulis. Yang betul tes 10-11 Juli 2011, bukan 10-11 Juni 2011. Terima kasih atas koreksi Saudara Ulfah. Salam.

  6. SITEGAR

    Senin, 23 Mei 2011 | 15:29

    wah kuotanya berapa ni bang?

  7. Nur A

    Senin, 23 Mei 2011 | 15:53

    permisi pak, kalau mau lihat daya tampung yg SPMU dmn y?
    Trmksh

  8. ULYA

    Senin, 23 Mei 2011 | 16:56

    sya mau tnya,klau mndptkan pin untk bdikmsi apkah hrus byar dlu…???
    mksih

  9. ade sefthiana tanjung

    Senin, 23 Mei 2011 | 16:59

    mohon maaf kalau pertanyaan saya tidak berkaitan dengan pengumuman di atas.
    saya ingin menanyakan apakah unnes masih akan mengadakan program studi lanjutan s1 pgsd bagi lulusan d2?
    jika iya kapan pendaftaran akan dibuka???
    terima kasih

  10. laili m

    Senin, 23 Mei 2011 | 20:10

    maaf biaya pendaftaran untuk spmu berapa ya??

  11. Sucipto Hadi Purnomo

    Sucipto Hadi Purnomo

    Selasa, 24 Mei 2011 | 07:54

    Silakan klik kata “di sini” pada akhir berita ini. Salam.

  12. Sucipto Hadi Purnomo

    Sucipto Hadi Purnomo

    Selasa, 24 Mei 2011 | 07:55

    Silakan klik kata “di sini” pada akhir berita ini dan lihat bagian program studi dan daya tampungnya. Salam.

  13. mohammad setian

    Selasa, 24 Mei 2011 | 11:50

    apakh benar spmu d adakan pada 3 Juni hingga 2 Juli 2011??
    apakah ini beda dengan snmptn tertulis?
    bukannya kalau sma dg snmptn tertulis, pendaftaran berakhir pada 24 mei 2011??

  14. Zubaidah

    Selasa, 24 Mei 2011 | 13:51

    Salam.
    Pak, kalau untuk pendaftaran Bidik Misi untuk seleksi mandiri (SPMU) prosedurnya gimana ya?
    Terimakasih.

  15. ARIF NURUL HIDAYAT

    Selasa, 24 Mei 2011 | 14:05

    Apa tmpt test SPMU hanya di lakukan di kampus UNNES saja???????
    Soalnya saya tinggal di jakarta………
    Mohon Konfrmasinya..
    Terima Kasih.

  16. hadimoh

    Selasa, 24 Mei 2011 | 19:22

    untuk lulusan 2008, bisa ikut SPMU gak? soalnya temen saya mau ikut daftar!!

  17. itonk

    Rabu, 25 Mei 2011 | 23:49

    untuk Lulusan 2007 masih bisa ikut SPMU gak ya?? Trimakasih.

  18. baeti

    Jumat, 27 Mei 2011 | 08:42

    maaf ….aku mau tanya,,tentang sertivikat pengaruh nga sama trima tidaknya ikut jalur SPMU???? Terimakasih

  19. rahmat ramdhani

    Selasa, 31 Mei 2011 | 10:43

    SPMU daftar Online ko ngk bsa d buka……..

  20. desi

    Kamis, 2 Juni 2011 | 10:14

    kalo mau Liat..daftar biaya kuliah dimana ya??…

  21. anna

    Kamis, 2 Juni 2011 | 14:04

    maaf, formulir pendaftarannya dimana?? dari tadi saya cari kok tidak ada??
    sekalian maksud dari mahasiswa yang telah di terima lewat jalur SPMU selain bayar SPP 1.650.000 dan wajib SPL jika ambil eksakta dan bukan dari program bidik misi, maksudya berarti nanti bayar 22nya atau bagaimana?? dan apakah berarti uang semetran angkatan yang akan datang ini sejumlah 1.650.000?? terima kasih, mohn jawabannya.

  22. Sucipto Hadi Purnomo

    Sucipto Hadi Purnomo

    Kamis, 2 Juni 2011 | 15:05

    Karena hingga hari Minggu libur, praktis baru Senin (6/6) nanti penmbayaran dan pendaftaran bisa dilakukan. Tentang biaya, secara prinsip tidak ada beda biaya kuliah bagi yang diterima melalui SNMPTN dengan SPMU.

  23. dika

    Sabtu, 4 Juni 2011 | 20:39

    klo bleh tau pend.kimia yg diterima lwat jalur SPMU berapa orang y ?
    mhon jwbnnya
    tq

  24. Kevin D

    Sabtu, 11 Juni 2011 | 19:17

    maaf, kalo biaya per semester di UNNES + biaya awal masuk berapa ya?
    trus daftar program studi dan daya tampung nya bagaimana?

    mohon dibalas ke email saya.
    terima kasih

  25. Isti

    Kamis, 30 Juni 2011 | 13:50

    Maaf mau tanya,
    kok d’leafletnya g ada pend.matematika pada spmu 2011?
    Apakah benar itu?
    Terima kasih

  26. siti rohimah

    Kamis, 15 September 2011 | 08:49

    maaf,mengapa sampai tanggal 15 ko belum bisa cetak form.registrasi?

  27. Al Ma'ruf

    Rabu, 8 Februari 2012 | 18:10

    bagai mana ea cranya daftar secara online , qu masih bingung ?
    tpi untuk pendaftaran teknik mesin.

  28. Emma

    Kamis, 23 Februari 2012 | 13:26

    Prodi Seni rupa ( Desain Komunikasi Visual ) SI itu mengarah ke studi grafis ( misal : fotografi, desain grafis, olah software grafis ), atau hanya mengutamakan seni rupa manual saja ( misal : lukis, seni patung, dll ) ? Apa mata kuliah yang diajarkan pada DKV S1 dan D3 berbeda? Terima kasih.

  29. Meitasari

    Senin, 5 Maret 2012 | 12:07

    Pembukaan SPMU yg tahun 2012 kapan?

  30. Irsyad

    Sabtu, 12 Mei 2012 | 19:50

    yang 2012 nya mana?

  31. ajeng

    Senin, 28 Mei 2012 | 20:40

    apkah SPMU’y juga bisa untuk yang lulusan 2012??
    terima kasih

  32. leni

    Sabtu, 6 Juli 2013 | 18:12

    mau tanya, maksudnya “bagi pemilih program studi tertentu wajib mengikuti tes keterampilan” tlong dunk dijelaskan dengan lengkap dan jenis program studi tertentu itu apa saja, terima kasih