SPMU 2011 untuk Program S1 dan D3

Jumat, 20 Mei 2011 | 15:50 WIB


Pendaftaran Seleksi Penerimaan Mahasiswa Unnes (SPMU) yang akan dibuka secara online mulai 3 Juni hingga 2 Juli 2011 diperuntukkan bagi program strata 1 (S1) dan diploma 3 (D3).

SPMU, yang merupakan jalur ujian mandiri, dapat diikuti oleh lulusan SMA atau yang sederajat pada tahun 2009, 2010, dan 2011. Lewat jalur ini juga akan direkrut sejumlah calon penerima Beasiswa Bidik Misi.

“Berbeda dari SNMPTN dan UMB-PT yang hanya untuk program S1, SPMU ini selain untuk calon mahasiswa S1 juga D3. Antara lain D3 Desain Komunikasi Visual, Bahasa Jepang, Survei Pemetaan Wilayah, Statistk Terapan dan Komputasi (Staterkom), Teknik Sipil, Teknik Mesin, Teknik Elektro, Teknik Kimia, Akuntansi, dan Manajemen Perkantoran,” kata Ketua Panitia SPMU, M Khafid.

M Khafid juga menjelaskan, peserta SPMU berhak memilih dua program studi. “Perlu juga saya ingatkan kepada para pendaftar untuk menyiapkan file foto berwarna ukuran 4 x 6 cm berformat JPG atau PNG dengan ukuran maksimum 100 KB. Selain itu, menentukan jalur SPMU yang kan diikuti, SPMU program reguler atau SPMU program Bidik Misi,” kata Pembantu Dekan I Fakultas Ekonomi ini.

Dikemukakn pula, dengan membuka situs http://spmu.unnes.ac.id, pada saatnya nanti calon peserta dapat mengisi formulir pendaftaran secara online untuk memperoleh personal identification number (PIN) yang berupa delapan karakter. “PIN yang dicetak itulah yang menjadi syarat ketika melakukan pembayaran biaya pendaftaran di Bank BNI,” katanya.

Tes SPMU meliputi tes tertulis dan bagi pemilih program studi tertentu wajib mengikuti tes keterampilan. Tes digelar 10-11 Juli 2011 di kampus Unnes.

Ketentuan lengkap dapat dilihat di sini.


DIUNGGAH : Sucipto Hadi Purnomo Dibaca : 9.191 kali
EDITOR : Sucipto Hadi Purnomo

32 komentar pada “SPMU 2011 untuk Program S1 dan D3

  1. mhn maaf,pendaftaran dilaksanakan pada tanggal 2 juni-3 juli 2011..
    kalimat terakhir menyatakan tes digelar 10-11 Juni 2011,salah tulis atau ada perubahan pendaftarannya?terimaksh

    1. Mohon maaf, salah tulis. Yang betul tes 10-11 Juli 2011, bukan 10-11 Juni 2011. Terima kasih atas koreksi Saudara Ulfah. Salam.

    1. Silakan klik kata “di sini” pada akhir berita ini dan lihat bagian program studi dan daya tampungnya. Salam.

  2. mohon maaf kalau pertanyaan saya tidak berkaitan dengan pengumuman di atas.
    saya ingin menanyakan apakah unnes masih akan mengadakan program studi lanjutan s1 pgsd bagi lulusan d2?
    jika iya kapan pendaftaran akan dibuka???
    terima kasih

  3. apakh benar spmu d adakan pada 3 Juni hingga 2 Juli 2011??
    apakah ini beda dengan snmptn tertulis?
    bukannya kalau sma dg snmptn tertulis, pendaftaran berakhir pada 24 mei 2011??

  4. Apa tmpt test SPMU hanya di lakukan di kampus UNNES saja???????
    Soalnya saya tinggal di jakarta………
    Mohon Konfrmasinya..
    Terima Kasih.

  5. maaf, formulir pendaftarannya dimana?? dari tadi saya cari kok tidak ada??
    sekalian maksud dari mahasiswa yang telah di terima lewat jalur SPMU selain bayar SPP 1.650.000 dan wajib SPL jika ambil eksakta dan bukan dari program bidik misi, maksudya berarti nanti bayar 22nya atau bagaimana?? dan apakah berarti uang semetran angkatan yang akan datang ini sejumlah 1.650.000?? terima kasih, mohn jawabannya.

    1. Karena hingga hari Minggu libur, praktis baru Senin (6/6) nanti penmbayaran dan pendaftaran bisa dilakukan. Tentang biaya, secara prinsip tidak ada beda biaya kuliah bagi yang diterima melalui SNMPTN dengan SPMU.

  6. maaf, kalo biaya per semester di UNNES + biaya awal masuk berapa ya?
    trus daftar program studi dan daya tampung nya bagaimana?

    mohon dibalas ke email saya.
    terima kasih

  7. Prodi Seni rupa ( Desain Komunikasi Visual ) SI itu mengarah ke studi grafis ( misal : fotografi, desain grafis, olah software grafis ), atau hanya mengutamakan seni rupa manual saja ( misal : lukis, seni patung, dll ) ? Apa mata kuliah yang diajarkan pada DKV S1 dan D3 berbeda? Terima kasih.

  8. mau tanya, maksudnya “bagi pemilih program studi tertentu wajib mengikuti tes keterampilan” tlong dunk dijelaskan dengan lengkap dan jenis program studi tertentu itu apa saja, terima kasih

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *