Purnatugas, Soewarso Buat Tembang Dhandhanggula

Selasa, 3 Desember 2013 | 15:39 WIB


Purnatugas, Soewarso Buat Tembang Dhandhanggula
SIHONO/HUMAS

Dari kiri: Sudarminah, Dra Budi Astuti, Drs Soewarso MEd, Drs Imam Tadjri MPd, Abdul Masjid, dan Drs Nurwachid Budi Santoso MSi.

Sampun kathah para dosen sami/ bantu kula makarya utama/ kanggo warga PGSD/ anggone nyetak guru/ tanpa pamrih netepi wajib/ mulang muruk kagunan/ mahasiswanipun/ mrih dadi guru utama/ pinter trampil dadiya guru profesi/matur nuwun kawula.

Itulah tembang dhandhanggula “Purnatugas” yang dibuat Drs Soewarso MEd, dosen Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Semarang (Unnes) yang sehari-hari mengajar di kampus Pendidikan Guru Sekolah dasar (PGSD) Tegal, saat memasuki purnatugas.

Selain membuat tembang itu, Soewarso juga menggubah Kinanthi Panembrama Bawa Rara Bentrok Slendro Pathet Sanga.

Soewarso setelah membagikan salinan teks kepada Pembantu Rektor II Dr Wahyono MM dan pejabat yang hadir kemudian melantunkan tembang Kinanthi. “Semoga teks Kinanthi Panembrama ini bisa digunakan untuk perpisahan dosen, karyawan, dan mahasiswa saat wisuda,” kata Soewarso saat pelepasan, Senin (2/12), di kampus Sekaran.

Selain Soewarso MEd, dilepas pula Drs Imam Tadjri MPd dosen (FIP), Drs Nurwachid Budi Santoso MSi dosen (FMIPA), Drs Suratno dosen (FT), Dra Budi Astuti dosen (FE), Sudarminah karyawan (FE), dan Abdul Masjid karyaean (FIS).

Dr Wahyono mengatakan, Unnes menjadi besar seperti sekarang ini berkat pengabdian dan sumbangsih semua pihak. “Untuk itu, universitas mengucapkan terima kasih. Namun universitas tidak bisa memberikan imbalan yang setimpal terhadap sumbangan Bapak/Ibu sebagai ibadah hanya Tuhanlah yang akan membalasnya,” ujarnya.

Menurut Dr Wahyono, purnatugas hanya putus dalam hubungan pekerjaan, tetapi silaturahmi masih tetap terjalain. Di Unnes ini semua yang purnatugas masuk dalam Paguyuban Wredatama dan setiap Unnes memperingati Dies Natalis, semua purnatugas diundang.

Imam Tadjri MPd yang mengabdi di Unnes selama 27 tahun meyampaikan, Unnes merupakan segala-galanya baginya. “Istri saya juga mengabdi di Unnes untuk membiayai kebutuhan anak-anak,” katanya.


DIUNGGAH : Sihono Dibaca : 1.885 kali
EDITOR : Sihono

4 komentar pada “Purnatugas, Soewarso Buat Tembang Dhandhanggula

  1. Selamat Pak Soewarso. 4 tahun saya ikut bantu mengajar ,di PGSD cukup membuat kangen ingin kembali lagi ngajar di sana. Untuk kenangan pada Pak Soewarso perkenankan saya sumbangkan tembang yang diwakili oleh anak saya:
    http://youtu.be/spVTnJj_Y1g
    Semoga Bapak tetap selalu sehat dan bahagia bersama keluarga,

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

X