SNMPTN: Program Studi Olah Raga dan Seni Sepi Pendaftar

Kamis, 6 Maret 2014 | 3:44 WIB


Hingga hari ke-17 pendaftaran Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN), Program Studi Ilmu Keolahragaan Universitas Negeri Semarang (Unnes) tanpa satu pun pendaftar. Sepinya pendaftar secara mencolok bahkan terjadi pada semua program studi olah raga dan seni.

Kesulitan untuk mengunggah portofolio diduga menjadi penyebab sepinya pendaftar pada kedua kelompok program studi tersebut. Pendidikan Jasmani, Kesehatan, dan Rekreasi, misalnya, selama ini tergolong dalam program studi yang sangat ramai pendaftar. Namun dalam SNMPTN ini, hingga Rabu (5/3) pukul 21.00 baru meraup 5 pendaftar.

Itu pun masih terbilang “lumayan” dibandingkan dengan Pendidikan Guru pendidikan Jasmani Sekolah Dasar yang baru mendapatkan 3 pendaftar dan Pendidikan Kepelatihan Olah Raga dengan satu pendaftar.

Di kelompok seni, pendaftar Pendidikan Seni Musik 1 orang, Pendidikan Seni Tari (2), Pendidikan Seni Rupa (5), dan Seni Rupa 6 pendaftar.

“Memang salah satu langkah yang harus dilakukan para pendaftar kelompok program studi olah raga dan seni adalah pengunggahan portofolio. Langkah itu mungkin sangat menyulitkan para calon pendaftar,” kata Kepala Pusat Humas Unnes Sucipto Hadi Purnomo.

Dia memprediksi para calon pendaftar kedua program studi tersebut baru akan mendaftarkan diri setelah menempuh ujian sekolah, mengingat pembuatan bahan untuk portofolio membutuhkan waktu dan sarana tersendiri. “Mungkin sekali pada hari-hari menjelang penutupan pendaftaran pada 31 Maret 2014 nanti mereka baru mengunggah portofolio dan mendaftarkan diri,” kata Sucipto.

Dia juga menyebutkan, hingga hari ke-17, pendaftar ke Unnes melalui SNMPTN tercatat 7.025 orang. Sebanyak 916 orang di antaranya merupakan pendaftar Bidikmisi. Lewat SNMPTN, Unnes akan menerima 3.448 mahasiswa baru (55%) dari total 6.340 mahasiswa baru angkatan 2014.
Untuk mahasiswa baru yang tidak mampu secara ekonomi, tahun ini Unnes kembali menggratiskan biaya kuliah selama empat tahun dengan menyiapkan 1.850 paket beasiswa Bidikmisi.


DIUNGGAH : Vici Hayu Dibaca : 5.503 kali
EDITOR : Sucipto Hadi Purnomo

13 komentar pada “SNMPTN: Program Studi Olah Raga dan Seni Sepi Pendaftar

  1. Kebanyakan dari kami taunya bahwa Nomor unik UN (digit terakhir) yang harus diisikan itu keluar menjelang pelaksanaan Ujian Nasional nanti (akhir Maret), sehingga kami mendaftar bisanya tentu pada hari-hari terakhir batas pendaftaran. Saya sudah mencoba mengisi aplikasi pendaftaran SNMPTN dengan nomor UN sekenanya, dan belum di Finalisasi karena terkendala nomor unik UN tersebut, mudah-mudahan dalam waktu dekat ini sudah ada kepastian nomor UN saya. Salam.

  2. coba dikasih panduan untuk mengisi portofolio ny. saya sudah buat video dan data diri. jd, yang saya bingungkan bagaimana mengunggahnya

  3. Bagaimana dengan pendaftar untuk prodi pendidikan ekonomi administrasi perkantoran? Berapa jumlah yg sudah mendaftar sampai hari ini? Mohon balasannya. Terima kasih

  4. Saya sudah mendaftarkan diri sbagai pendaftar calon snmptn di bidang kepelatihan olahraga .saya mnunguu tes dari sekolah dlu bru bisa daftar

  5. Untuk batasan portofolio seni tari sangat kecil …saya agak kesulitan ,,
    saya membuat video tarinya sampai 6 menitan itu tapi katanya maksimal 3 menit,,itu harus dipotong lagi. lalu jika video tersebut kurang jelas bagaimana?misalnya yang ngevideo terlalu jauh ?

  6. Saya mau mendaftar smptn kepelatihan olah raga, tapi saya tidak punya sertifikat prestasi dibidang olahraga,,,
    jadi apa saya masih berpeluang diterima???

  7. Bagaimana dengan pendaftar untuk prodi pendidikan sejarah?Berapa jumlah yg sudah mendaftar sampai hari ini? Mohon balasannya. Terima kasih

  8. Saya sdh buat portofolio utk persyaratan mendaftar di fakultas olahraga UNNES, tapi size-nya memang sungguh besar, jika dikecilkan / resize maka gambar di video itu akan buram (blur). Bagaimana solusinya? Mohon bantuan dan panduannya dari pihak UNNES. Terima kasih

  9. coba dikasih panduan untuk mengisi portofolio ny. saya sudah buat video dan data diri. jd, yang saya bingungkan bagaimana mengunggahnya

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *