SNMPTN, Pendaftar Beasiswa Bidikmisi 15.000 Lebih

Sabtu, 29 Maret 2014 | 5:47 WIB


Pendaftar beasiswa Bidikmisi ke Universitas Negeri Semarang (Unnes) pada Seleksi Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN) lebih dari 15.000 orang. Melampaui jumlah pendaftar tahun lalu.

“Berdasarkan rekapitulasi pendaftar SNMPTN ke Unnes di laman resmi Unnes, jumlah pendaftar Bidikmisi ke Unnes hingga Sabtu 29 Maret 2014 pukul 05.30 sebanyak 15.029 orang,” ungkap Rektor Unnes Prof Dr Fathur Rokhman MHum di sela-sela persiapan upacara Dies Natalis Ke-49 Unnes di kampus Sekaran, Sabtu (29/3).

Jumlah itu, menurut Rektor, melampaui jumlah pendaftar tahun lalu. “Tahun lalu jumlah pendaftar Bidikmisi ke Unnes melalui SNMPTN 14.915 orang,” katanya.

Rektor mengatakan, jumlah pendaftar tersebut terpastikan akan terus bertambah hingga pendaftaran ditutup sore nanti pukul 18.00 WIB,” katanya.

Lebih lanjut dikemukakan, dalam seleksi mahasiswa baru tahun ini, Unnes siap menyalurkan beasiswa full study tersebut sedikitnya 1.850 dan 185 di antara melalui seleksi mandiri (SPMU). “Kami bertekad meneruskan tradisi Unnes sebagai perguruan terbanyak dalam mengucurkan beasiswa Bidikmisi. Tak pernah ada kata rugi dalam kamus kami,” katanya.

Di luar Bidikmisi, yang membuat para penerimanya bebas dari segala biaya kuliah selama delapan semester dan mendapatkan biaya hidup per bulan, Unnes juga menyiapkan uang kuliah tunggal (UKT) Rp500.000 per semester bagi sedikitnya 350 mahasiswa baru. “Ya, biaya kuliah mereka yang berada dalam kategori I hanya Rp500.000 per semester. Tidak ada biaya lain apa pun sejak registrasi hingga wisuda nanti,” tandasnya.

Sekadar catatan, saat ini lebih dari 5.500 mahasiswa Unnes tengah menempuh pendidikan dengan beasiswa Bidikmisi. Tak hanya mendapatkan pembebasan biaya kuliah dan memperoleh biaya hidup Rp600.000/bulan, mereka juga menjalani serangkaian pembinaan dan pelatihan soft skill. Tak mengherankan jika Unnes, yang sedang berulang tahun ke-49 ini disebut sebagai “surganya Bidikmisi”.


DIUNGGAH : Sucipto Hadi Purnomo Dibaca : 2.699 kali
EDITOR : Sucipto Hadi Purnomo

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

X