SM-3T, Peduli Gempa hingga Bersihkan Pantai Bita

Minggu, 14 Juli 2013 | 16:21 WIB


SM-3T, Peduli Gempa hingga Bersihkan Pantai Bita
humas/dok

Sebanyak 57 peserta Sarjana Mendidik di Daerah Terdepan, Terluar, dan Tertinggal (SM-3T) dari Universitas Negeri Semarang (Unnes) yang ditempatkan di Ende, Nusa Tenggara Timur, melakukan penggalangan dana korban gempa Aceh, 7 Juli 2013. Kegiatan dipusatkan di Bandar Udara H Hasan Aroeboesman, Ende.

Selain di tempat tersebut, kegiatan bertema “Ende Peduli Gempa Aceh” itu juga digelar di Pasar Bongawani, Pasar Wolowona, Lapangan Pancasila, Gereja Katedral, dan Gereja Onekore.

Koordinator kegiatan Ma’rifah SPd mengungkapkan, acara ini dilaksanakan sebagai bentuk solidaritas. “Kami sebagai warga negara Indonesia ikut merasakan apa yang dirasakan saudara yang tertimpa musibah,” ujarnya, via surat elektronik kepada unnes.ac.id.

Selain aksi turun ke jalan, dia menuliskan, penerimaan sumbangan juga diumumkan lewat jejaring sosial seperti facebook dan twitter.

Ma’arifah mengucapkan terimakasih kepada masyarakat Kabupaten Ende yang telah antusias mendonasikan uang kepada korban gempa Aceh melalui kegiatan tersebut. “Tak lupa kepada Kapolres Ende beserta jajarannya yang telah memberikan izin dan mendampingi kami pada saat aksi. Kami juga sangat terbantu oleh publikasi dari media Flores Pos, Kupang Pos, dan RRI Ende,” katanya. “Hal itu juga membuat SM-3T Unnes lebih dikenal masyarakat Ende.”

Bersihkan Pantai

Sehari sebelumnya, mereka juga melakukan aksi kebersihan di Pantai Bita yang dinamanakan “Costal Clean up Of Bita Beach”.

Aksi kebersihan didukung masyarakat Mautapaga dan Instansi Pemerintah terkait, seperti Kantor Pertamanan dan Kebersihan (KPK) Balai Lingkungan Hidup Daerah (BLHD), Dinas Pariwisata dan Kebudayaan, serta Dinas Pendidikan Pemuda dan Olah Raga (PPO). Selain itu juga didukung oleh LSM HAKLI dan GARDAPALA yang merupakan bagian dari aksi sosial SM-3T Unnes Kabupaten Ende.

Kegiatan ini bertempat di sepanjang garis bibir pantai Bita. Secara umum dari kegiatan ini mengajak seluruh guru SM-3T, masyarakat di sekitar pantai, pengunjung dan  seluruh jajaran pemerintah Kabupaten Ende. Kegiatan dilaksanakan dalam bentuk pemungutan sampah serta pemberian tempat sampah disekitar area pantai.

Camat Kecamatan Ende Timur Karolus Djemada menyambut baik kegiatan yang dilakukan Guru SM-3T Unnes untuk mendukung kebersihan pantai. Dia berharap masyarakat tidak membuang sampah di sembarang tempat agar Pantai Bita tetap indah dan nyaman.

“Saya berharap aksi bersih Pantai Bita ini bisa memberi motivasi kepada masyarakat untuk selalu menjaga lingkungan,” katanya.

Ketua Koordinator Aksi Bersih Pantai Khoirul Anwar juga mengajak serta masyarakat sekitar pantai untuk tetap melestarikan kebersihan lingkungan, bukan hanya di pantai tapi di mana pun.

“Kami mengadakan kegiatan ini pada dasarnya prihatin Pantai Bita yang begitu indah  ini menjadi berubah karena sampah yang berserakan. Pemerintah dan masyarakat sekitar pantai harus bisa bergotong-royong menatanya,” katanya.


DIUNGGAH : Dhoni Zustiyantoro Dibaca : 3.231 kali
EDITOR : Dhoni Zustiyantoro

7 komentar pada “SM-3T, Peduli Gempa hingga Bersihkan Pantai Bita

  1. Aksi super dari teman teman SM3T dari Bumi Pancasila Kab. Ende
    Selamat dan terus laksanakan pengabdian untuk Masyarakat, Bangsa dan Negara.

  2. Alhamdulillah,kita semua meminta doanya semoga kegitan yang dilakukan tdman-teman SM-3T KAB.ENDE dan KAB. yang lain selalu bermanfaat dan dibarokahi oleh ALLAH SWT. Amiin..
    Terimakasih buat teman-teman SM3T semua,khusus yang penempatan di KAB. ENDE. Salam ABITA.!

  3. Alhamdulillah. Terimakasih atas berbagai pihak yg telah ikut berkontribusi dlm kegiatan2 kami. Semoga kami masih bisa memberikan sedikit sumbangsih bagi negeri tercinta, terkhusus di Bumi Pancasila pada detik2 terakhir ini.

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

X