Sinergi UNNES  dengan  Kejaksan Tinggi Jateng Untuk Terus Bekerja dan Berkarya

Rabu, 22 Juli 2020 | 16:50 WIB


Sinergi UNNES  dengan  Kejaksan Tinggi Jateng Untuk Terus Bekerja dan Berkarya

Kejaksaan Tinggi Jawa Tengah  bersama Universitas Negeri Semarang (UNNES) memberikan penghargaan kepada pemenang lomba karya jurnalistik dalam rangka Hari Bhakti Adhyaksa ke-60 Kejaksaan Tinggi sebagi bentuk sinergi terus bekerja terus berkarya. Pengumuman dan penyerahan hadiah dilaksanakan di Loby Kejaksaan Tinggi Jawa Tengah, Rabu, 22/7.

Kepala Kejaksaan Tinggi  Jateng, Priyanto SH MH mengatakan,  UNNES Merupakan Mitra Kejati. Kegiatan lomba karya jurnalistik didukukung oleh UNNES sebagai langkah bersama Terus Bekerja Terus Berkarya sesuai  tema peringatan hari Adhyaksa tahun ini. Kejaksaan Tinggi melalui lomba jurnalistik dengan  melibatkan Perguruan Tinggi dan rekan-rekan  media diharapkan memberikan alternatif   literasi bagi masyarakat.

“Lomba jurnalistik ini unik dan bagus karena  tidak semua Kejaksaan Tinggi  dapat bekerja sama dengan Perguruan Tinggi serta  melibatkan wartawan  dalam kegiatan pada ulang tahunnya.  Terima kasih Prof Fathur Rokhman atas  dukungan akademis dari  UNNES untuk meningkatkan literasi hukum pada masyarakat. UNNES merupakan perguruan tinggi  favorit sehingga kami memilih bekerja sama dengan UNNES.  Keharmonisan kerja sama Kejati, UNNES dan  awak media merupakan kebutuhan untuk meningkatkan kinerja memberikan layanan yang terbaik untuk terus bekerja dan terus berkarya,”

Rektor Universitas Negeri Semarang Prof Dr Fathur Rokhman MHum menyampaikan terima kasih kepada Kepala Kejaksan Tinggi Jawa Tengah dan jajaranya atas digandengnya UNNES untuk ambil  bagian bersama-sama menyukseskan  kegiatan lomba jurnalistik bagi insan media pada  hari ulang tahun ke-60 Kejati. Kolaborasi UNNES dengan Kejati menjadi hal penting guna sinergi  untuk terus bekerja dan berkarya.

“Terima kasih saya sampaikan kepada Kepala kejaksaan Tinggi Jawa Tengah Pak Priyanto SH MH dan jajarannya yang telah menggandeng  UNNES dalam kegiatan ini. Melalui kegiatan bersama  lomba jurnalistik antara  Kejaksaan Tinggi Jateng, UNNES, dan insan media  kita dapat bergerak, berkarya, dan bahagia bersama. Hidup itu seperti naik sepeda dan karena itu kita harus bergerak terus agar sepeda terus berjalan sampai tujuan. Saya menyampaikan selamat pada pemenang lomba jurnalistik dan juga kepada Kejati yang telah sukses menyelenggarakan lomba jurnalistik ini,” Kata Prof Fathur Rokhman.

Lebih lanjut Rektor UNNES dalam sambutanya menyampaikan pentingya literasi di era disrupsi.

“Sekarang ini dunia sedang diterpa oleh disrupsi yang sangat besar terutama disrupsi  teknologi informasi dengan artificial intelegent,  big data, dan  teknologi multi tasking.  Saat ini juga terjadi disrupsi  yang disebabkan oleh makhluk yang sangat kecil yang ukurannya nano  yang dampaknya sangat  dahsyat  merubah tatanan kehidupan. Dulu kita dikenalkan   dunia dan akhirat,  sekarang di tengah-tengah dunia dan akhirat ada dunia  maya. Dunia maya   masuk ke ruang-ruang publik di dunia nyata sehingga ketika kita melihat dunia maya itu yang begitu deras berkelindan,  orang tidak bisa membedakan Apakah ini sebuah fatamorgana atau kenyataan.  Dunia maya  telah mampu mendeskripsikan begitu cerdas dunia nyata, sehingga  berbagai keputusan di dunia nyata dan juga berbagai kebijakan hadir karena adanya  eskalasi yang begitu besar di dunia maya.   Hal tersebut memaksa kita berpikir dan memperbanyak literasi,  sehingga apapun keunggulan manusia jangan sombong karena Tuhan bisa menjadikan  disrupsi lebih kencang lagi.  Melalui literasi kita harus bisa hidup berdampingan dengan Covid-19,” imbuh Prof Fathur Rokhman.

Karya Jurnalistik yang diikutkan dalam lomba dinilai oleh dewan juri Plt Wakil Rekor Bidang Perencanaan dan kerjasama UNNES Dr Hendi Pratama MA, Ketua PWI Jawa Tengah Amir Machmud dan tim penilai internal dari Kejati.

Dewan juri memutuskan juara 1 Fiska Diana Marviani (Suara Merdeka), juara 2 Joko Susanto (Jawa Pos Radar Semarang), juara 3 Sunardi (Infoplus.com), harapan 1 Tika Vilystya Budiman (RRI Semarang), harapan 2 Baihaqi (Jatengtoday.com), harapan 3 Royce Wijaya Setya P (Suara Merdeka), dan harapan 4 Sulistio Widodo (TVRI Jateng).

 


DIUNGGAH : Fauzan
EDITOR : Muhamad Burhanudin

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

* Kode Akses Komentar:

* Tuliskan kode akses komentar diatas:

X