Silahturahmi Harus Tetap Terjaga

Jumat, 27 September 2013 | 3:18 WIB


Silahturahmi Harus Tetap Terjaga
setyo/humas

Apapun alirannya islam tetap satu, sebagai contoh Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA) merupakan satu kesatuan dari Unnes. Demikian salah satu yang diberikan  Emha Ainun Nadjib di Universitas Negeri Semarang (Unnes) Kamis (26/9). Orasi budaya Emha yang diselingi dengan lantunan nada Kyai Kanjeng seolah menyejukkan hati.

Di depan ratusan orang termasuk Rektor Unnes Prof Dr Fathur Rokhman MHum dan para mahasiswa dia banyak menyinggung soal aliran Islam di negeri ini. ” Jadi kalau saya lihat, persoalan dari dulu hingga sekarang adalah persoalan silahturahmi, kalau silahturahmi tetap terjaga Islam akan satu”, ujar Emha.

Dia bahkan menyindir jika pendidikan di perguruan tinggi saat ini terlalu terkotak-kotak dalam fakultas-fakultas. Padahal menurutnya pendidikan di perguruan tinggi harus menengok kesatuan sebagai universitas.

Tentu saja, tak hanya dunia pendidikan yang disorot olehnya. Bukan Emha, jika dia tak menyinggung persoalan nasional “Pemimpin yang baik tak lagi memiliki dirinya, seluruh fisik dan pikirannya adalah rakyat atau orang-orang yang dipimpin, bahkan mungkin sampai tidak sempat mengurus dirinya. Apalagi mengurus sms atau kabar miring tentangnya yang tidak jelas,” kata Emha menyindir pemimpin negeri ini.

Orasi budaya itu sendiri merupakan puncak acara September MIPA yang diadakan oleh FMIPA Unnes. Kegiatan ini merupakan salah satu rangkaian kegiatan September MIPA sejak beberapa hari lalu.

 


DIUNGGAH : Setyo Yuwono Dibaca : 1.220 kali
EDITOR : Setyo Yuwono

5 komentar pada “Silahturahmi Harus Tetap Terjaga

  1. Alhamdulillah, terimakasih kepada adik-adik mahasiswa, panitia dan pimpinan Universitas, acara berjalan lancar dan mengikuti acara sampai selesai dalam cuaca yang panas namun bersama MH Ainun Najib suasana menjadi sejuk, kebersamaan dan bersilaturahmi tetap terjaga.

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *