Siap Dinegerikan, Universitas Tidar Magelang MoU dengan Unnes

Rabu, 16 Oktober 2013 | 14:29 WIB


Siap Dinegerikan, Universitas Tidar Magelang MoU dengan Unnes
SIHONO/HUMAS

Rektor Unnes Prof Dr Fathur Rokhman MHum mengucapkan selamat datang di kampus konservasi kepada Rektor UTM Prof Dr Cahyo yusuf MPd.

Universitas Tidar Magelang (UTM) menandatangani perjanjian kerja sama di bidang pengembangan kompetensi dan peningkatan kualitas sumber daya manusia. Kerja sama juga dicanangkan guna menjalin hubungan kelembagaan dalam melaksanakan fungsi pendidikan, penelitian, dan pengabdian kepada masyarakat.

Kerja sama ditandai dengan penandatanganan nota kesepahaman (MoU) antara Rektor UTM Prof Dr Cahyo Yusuf MPd dengan Rektor Universitas Negeri Semarang (Unnes) Prof Dr Fathur Rokhman MHum, Rabu (16/10) di Rektorat kampus Sekaran.

“Nota kesepahaman ini jadi bagian persiapan UTM untuk mempersiapkan perubahan status UTM dari perguruan tinggi swasta menjadi perguruan tinggi negeri,” kata Rektor UTM Prof Dr Cahyo Yusuf MPd.

Prof Cahyo Yusuf juga mengemukakan, UTM perlu banyak belajar kepada Unnes dalam pengelolaan keuangan perguuruan tinggi karena sistem pengelolaan keuangan Perguruan Tinggi Swasta (PTS) dan Perguruan Tinggi Negeri (PTN) sangat berbeda sehingga perlu melakukan banyak penyesuaian.

Menurutnya, pengelolaan keuangan universitas swasta itu berbeda dengan pengelolaannya di negeri yakni jika di swasta dikelola secara mandiri, adapun keuangan universitas negeri bersumber pada keuangan negara. Proses pencairan dan pertanggungjawaban dua skema ini pun berbeda pula.

Dia menambahkan, selama empat tahun terakhir proses penegerian UTM mengalami kemajuan yang cukup berarti. Antara lain telah memperoleh lahan 15 hektare dari 25 hektare yang disyaratkan Dirjen Dikti. Selain lahan di kampus Magelang, Prof Cahyo Yusuf juga menjelaskan telah mendapat lahan di Kabupaten Wonosobo dan Temanggung, di mana UTM bersinergi dengan pemerintah kabupaten.

Rektor Unnes Prof Dr Fathur Rokhman MHum mengungkapkan dukungannya agar UTM segera menjadi universitas negeri. Pihaknya siap membantu UTM dalam proses penegerian maupun dalam proses adaptasi.

Menurut Prof Fathur, kerja sama Unnes dengan UTM sudah terjalin sejak lama, bahkan saat Unnes masih menjadi IKIP Semarang. Sejumlah dosen UTM diketahui adalah alumni IKIP Semarang.


DIUNGGAH : Sihono Dibaca : 4.100 kali
EDITOR : Dhoni Zustiyantoro

12 komentar pada “Siap Dinegerikan, Universitas Tidar Magelang MoU dengan Unnes

  1. Mengapa pts sepertinya merasa maju bila menjadi PTN?
    Kalo menurut saya malah sebaliknya, ini menunjukkan ketidakmapuan meningkatkan kemampuan pengelolaan PT oleh penyelenggara non-pemerintah.
    Juga menunjukkan kegagalan pembinanan yang dilakukan oleh pemerintah kepada sekelompok masyarakat yang berkeinginan ikut mencerdasakan dan meningktakan kualiatas bangsa!
    Tapi gak tau juaga, ini hanya pendapat saja!

  2. Badan hukum penyelenggara Perguruan Tinggi non-pemerintah biasanya memiliki komitmen tinggi dalam menyelenggarakan pendidikan tinggi dan memiliki idealisme kebangsaan yang tinggi, tidak mudah menyerah!
    Hanya Allah yang Maha Mengetahui segalanya!

  3. UTM menjadi harapan masyarakat magelang agar magelang menjadi
    Kota yang lebih sejahtera bagi rakyatnya ,berpola pikir yang lebih maju,
    Magelang tidak hanya sebagai kota lintasan pelajar menuntut ilmu tapi
    Menjadi kota tempat singgah pelajar menimba ilmu d kota sejuta bunga
    Yang kita banggakan.AMIN

  4. Dear UTM,

    Salam sukses dan jaya selalu untuk UTM,
    Kami, PT. Bahtera Pesat Lintasbuana, sebuah perusahaan pengelolaan SDM yang berkantor pusat di Jakarta, dan memiliki kantor perwakilan di wilayah
    Jateng, yaitu Semarang dan Solo, membutuhkan beberapa tenaga profesional untuk beberapa klien kami, yaitu Bank Mandiri dan Indosat, untuk penempatan Purworejo.
    Untuk itu, mohon informasi, apabila kami ingin menyampaikan informasi
    lowongan tersebut melalui Universitas Tidar Magelang.
    Demikian hal ini kami sampaikan.

    Terima kasih
    BPL Jateng DIY

  5. Selamat UTM telah menjadi universitas Berharap ke depan ada Fakultas Kedokteran,Bhs dan sastra non Inggris seperti Belanda,Jerman,Perancis,Spanyol,Jepang,Mandarin,Rusia ;Fak.Hukum dsb

  6. Ass. pak, mhn infonya untuk pengembangan lokasi tanah di Wonosobo dan Temanggung tepatnya di mana ya? trmksh utk balasannya

  7. alhamdulilah,sebagai alumni saya merasa bangga, akhirnya UTM bisa menjadi universitas negeri, semoga UTM bisa menjadi universitas terbaik di Indonesia.amin……….

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

X