Setelah Tes Kesehatan dan Registrasi, Resmi Jadi Mahasiswa

Selasa, 12 Agustus 2014 | 15:53 WIB


Setelah Tes Kesehatan dan Registrasi, Resmi Jadi Mahasiswa
HUMAS/ LINTANG HAKIM

Calon mahasiswa baru Universitas Negeri Semarang (Unnes) dinyatakan resmi menjadi mahasiswa Unnes jika telah mengikuti tes kesehatan dan melakukan registrasi. Menurut jadwal, calon mahasiswa baru menempuh dua proses tersebut pada Selasa-Rabu (12-13/8).

Kepala Bagian Pendidikan Biro Administrasi Akademik Kemahasiswaan dan Kerja Sama (BAAKK) Mulyadi MM mengatakan, tes kesehatan dilakukan di Fakultas Ilmu Keolahragaan. Setelah mengikuti tes kesehatan, calon mahasiswa melanjutkan proses di Auditorium Unnes Sekarang.

Tes kesehatan ini, menurutnya,  dilakukan untuk mengetahui denyut jantung, paru-paru, dan validasi semua rangkaian pemeriksaan di antaranya berat badan, tinggi badan, buta warna, visus atau ketajaman penglihatan itu guna memberi catatan tersendiri jika ada kelainan-kelainan.

“Ini untuk antisipasi nanti pada waktu mahasiswa melakukan Program Pengenalan Akademik (PPA) dan tidak berpengaruh pada pemilihan jurusan. Jika dalam pemeriksaan ternyata calon mahasiswa tersebut buta warna dan program studi yang dipilih mensyaratkan tidak buta warna, maka calon mahasiswa itu ada catatan tersendiri untuk pindah prodi yang tidak menyaratkan buta warna,” katanya.

Dalam registrasi ini calon mahasiswa baru harus melakukan beberapa tahapan, diantaranya verifikasi data untuk mencocokkan data calon mahasiswa ketika mengisi pada waktu mendaftar, pemotretan kartu mahasiswa, pengembalian berkas, pencetakan kartu tanda mahasiswa (KTM), ukur jaket, pemesanan buku paket, dan pembukaan rekening Bank BNI.

“Calon mahasiswa baru ini setelah selesai registrasi saat itu juga resmi menjadi mahasiswa Unnes dan mendapatkan KTM sebagai identitas mahasiswa,” kata mulyadi


DIUNGGAH : Dwi Sulistiawan Dibaca : 5.347 kali
EDITOR : Rahmat Petuguran

6 komentar pada “Setelah Tes Kesehatan dan Registrasi, Resmi Jadi Mahasiswa

  1. Selamat datang di kampus konservasi. Kampus damai, sejuk dan sangat nyaman untuk belajar. Semoga saudar berprestasi di Unnes. Salam konservasi

  2. Kami mengucapkan “SELAMAT” kepada seluruh mahasiswa baru Unnes tahun akademik 2014/2015 yang telah selesai tes kesehatan dan registrasi. Semoga menjadi mahasiswa yang baik dan berprestasi serta lulus tepat waktu. Jaga semangat belajar Saudara , jangan mudah luntur motivasi belajarnya…?? raih cita-citamu dengan sebaik-baiknya !! Hidup mhs ….!!

  3. saya mau login registrasi unnes untuk melihat besaran UKT saya..tapi setelah saya masukkan no peserta,pin pendaftaran dan tanggal lahir yg sesuai..dinyatakan tidak sesuai, dan bagaimana penyelesaiannya? terimakasih

  4. apakah saya bisa banding ukt??
    apa ukt 3.900.000 itu mrupakan hak bagi saya yg orang tua saya bukan seorang pns atau bukan penghasilan tetap??
    apakah data saya masih kurang mendukung?
    mungkin semester 1 bisa dibayar.. tapi tolonglah pentunjuknya untuk banding ukt.. (demi kemajuan bersama dan unnes).
    terima kasih dan salam sukses untuk bersama

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

X