1.000 Orang Akan Ikuti Tes Tulis Sarjana Mendidik di Pelosok

Jumat, 4 November 2011 | 6:41 WIB


1.000 Orang Akan Ikuti Tes Tulis Sarjana Mendidik di Pelosok
LINTANG HAKIM CLIC/HUMAS

Diperkirakan 1.000 sarjana pendidikan akan mengikuti tes tulis seleksi Sarjana Mendidik di Daerah Terdepan, Terluar, dan Tertinggal (SM-3T). Tes akan digelar Senin, 7 November2011 mulai pukul 08.00 WIB di Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA) Unnes kampus Sekaran.

Mereka  yang akan mengikuti tes tulis adalah yang sudah melakukan pendaftaran secara online melalui laman majubersama.unnes.ac.id. Pendaftaran dibuka sejak 27 Oktober lalu hingga 5 November 2011 pukul 12.00 WIB.

“Tak lebih dari dua jam setelah penutupan, akan kami umumkan nama-nama yang berhak mengikuti tes tulis. Memang ada beberapa pendaftar yang tidak memenuhi persyaratan sehingga tidak kami panggil untuk mengikuti tes,” kata Dr Ngurah Made DP, koordinator pendaftaran dari Unnes.

Disebutkan, tes tulis meliputi tes potensi akademik (TPA) dan tes kompetensi kependidikan dan bidang studi. “Kami ingatkan kepada para peserta agar jangan lupa membawa alat tulis, terutama pensil 2B dan penghapus,” katanya.

Selanjutnya, hasil tes tulis akan diumumkan esok harinya (8 November 2011). Mereka yang lolos tes tulis akan mengikuti tes wawancara di auditorium kampus Sekaran, 9 November 2011 mulai pukul 08.00. Hasilnnya diumumkan 22 November 2011. “Semua pengumuman disampaikan melalui http://majubersama.unnes.ac.id.

Sebagaimana diberitakan sebelumnya, tahun ini Unnes merekrut  300 sarjana kependidikan untuk mengajar selama setahun di Nusa Tenggara Timur dan Provinsi Aceh. Selama mengabdi, setiap bulan mereka akan mendapatkan biaya hidup Rp2 juta dengan jaminan ansuransi. Setelah itu, mereka akan mendapatkan beasiswa untuk mengikuti  Pendidikan Profesi Guru (PPG). Program SM-3T merupakan bagian dari program Maju Bersama Mencerdaskan Indonesia yang digelar oleh Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.

Ketika berita ini diturunkan, lebih dari 1.000 orang telah mendaftar diri secara online. Namun berdasarkan pencermatan panitia, puluhan orang tidak memenuhi ketentuan sehingga tidak bisa mengikuti tes tulis.


DIUNGGAH : Sucipto Hadi Purnomo Dibaca : 6.023 kali
EDITOR : Sucipto Hadi Purnomo

16 komentar pada “1.000 Orang Akan Ikuti Tes Tulis Sarjana Mendidik di Pelosok

  1. untuk yang dari luar daerah semarang bagaimana pak yang tidak mempunyai saudara disemarang apakah bisa istirahat di sekitar kampus..,

  2. Untuk pengumuman ke 1000 orang yg akan ikut tes tertulis bisa dilihat dimana? biar ga mepet kami jg butuh persiapannya pak..
    Terimakasih

  3. inilah komentar saya” saya kira penempatan guru di daerah tertinggal memanlah perlu karna kebetulan saya pernah ditempatkan KKLP di daerah yang sangat terisolasi, sungguh miris rasanya bertemu anak-anak yang putus sekolah, mereka hanya sibuk dengan menbantu orang tua mereka di ladang dan bermain, sudah terisolasi miskin pula pengetahuan…………sungguh mereka tdk tau hak mereka sebagai warga negara atau meman pemerintah yang tidak mau tau dengan hak mereka………..tragisnya negriku ini”

  4. Ass. Pak,apakah peserta Program Sarjana 3T bisa mendaftar di dua tempat? misalnya di UNNES dan di UNY, hal ini dikarenakan peserta di UNNES sangat banyak sedangkan LPTK lain masih sedikit. terima kasih

  5. to mba indri= ya mba, saya tadinya mau daftar di LPTK lain, namun saya katakan mereka belum siap, saya pernah telepon saja dilempar kesana kemari, dan di UNNES lah saya merasa puas, karena websitenya selalu update, thankz

  6. aslmkum,ma,af saya mau tanya saya kemren sudah mendftar apakah say bener2 terdaftar atau tidak? n di mana ngecek pendaftaran nya?………………..

  7. Ass. wr. wb. selamat untuk UNNES semoga sukses dalam penyelenggaraan Program Sarjana Mendidik 3T tanpa sesuatu yang membuat masyarakat ragu

  8. kmi dari peserta SM-3T ingin mnnyakan kpd panitia penerimaan SM-3T di UNiMED,bhwa kmi ada mndengar impormasi tes tertulis dilaksanakan pada hri ini tnggl 7-8 november sdngkan kmi mngirimkan berkas scra manual melalui kntor dinas Aceh Barat tp smp[ai skrg blom ada kbrnya dri kntor dinas Aceh Barat.bahwa kmi mndengar impormasi dari dnas Aceh Barat penguman berkas tnggl 7-8 november,apakah itu benar?

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *