Sepekan, Klub Jurnalistik BSI Gelar Pelatihan Jurnalistik

Minggu, 23 Februari 2014 | 10:07 WIB


Sepekan, Klub Jurnalistik BSI Gelar Pelatihan Jurnalistik
HUMAS/ELA

Klub Jurnalistik Jurusan Bahasa dan Sastra Indonesia (BSI) FBS Unnes akan menggelar Pelatihan Jurnalistik Dasar (PJD) selama sepekan, mulai Senin (24/2) sampai Sabtu (1/3). Selama pelatihan, mereka akan mempelajari sejumlah konsep dan keterampilan dasar pada bidang jurnalistik, mulai dari penulisan berita, opini, penulisan tajuk rencana, bahasa jurnalistik, editing, hingga desain media.

Ketua Klub Jurnalistik Dwi Yuniawan mengungkapkan, pelatihan adalah kelanjutan dari kegiatan Musyawarah Kerja yang dilaksanakan Minggu (23/2). “Pada musyawarah kerja, kami menyusun dan menetapkan pengurus definitif dan merancang program kerja setahun ke depan,” katanya.

Sejumlah praktisi media direncanakan akan hadir pada pelatihan tersebut. Selain pelatihan, para peserta akan mengunjungi Lembaga Studi Pers dan Informasi (LeSPI) untuk mendalami kajian media watch serta mengunjungi beberapa redaksi surat kabar di Semarang untuk mempelajari manajemen media profesional.

Menurut Dwi, Klub Jurnalistik di jurusannya adalah metamorfosis dari klub yang telah ada sebelumnya. Klub sempat aktif dengan agenda menyelenggarakan pelatihan dan menerbitan buletin Zigzag. “Namun sejak tiga tahun terakhir Klub Jurnalistik mengalami kevakuman sehingga perlu kami hidupkan kembali,” katanya.

“Ke depan, agenda kami adalah mengelola media online, buletin, dan majalah. Bahkan tidak menutup kemungkinan, klub ini akan menerbitkan jurnal dan buku,” kata mahasiswa Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia ini.


DIUNGGAH : Nur Laila Sofiatun Dibaca : 1.351 kali
EDITOR : Rahmat Petuguran

2 komentar pada “Sepekan, Klub Jurnalistik BSI Gelar Pelatihan Jurnalistik

  1. Sukses selalu, semoga bisa menjadi ajang mempublikasikan potensi universitas, fakultas, dan jurusan kepada semua khalayak civitas akademika.

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

X