Seminarkan Kurikulum 2013, Mahasiswa Menjadi Penyaji

Rabu, 15 Januari 2014 | 20:11 WIB


Jika lazimnya pada sebuah seminar bertema kurikulum mahasiswa hanya menjadi peserta, tidak demikian dengan mahasiswa Jurusan Bahasa dan Sastra Indonesia FBS Unnes. Dalam sebuah seminar bertajuk “Apa Kabar Kurkulum 2013?” mereka menjadi panitia sekaligus penyaji materi, Sabtu (11/1) di Gedung B1 .

Meski begitu, sebelum mereka tampil mempresentasikan materi, ada dua keynote speaker yang mereka undang untuk menyampaikan materi pembuka. Kedua pembicara kunci tersebut adalah Ketua Jurusan Bahasa dan Sastra Indonesia FBS Unnes Dr Subyantoro MHum dan Ketua Musyawarah Guru Mata Pelajaran (MGMP) Bahasa Indonesia Kota Semarang Drs. Teguh Wibowo, M.Pd.

Baru setelah itu, mahasiswa semester 5 jurusan tersebut secara bergiliran menyampaikan pandangan-pandangan tentang Kurikulum 2013. Secara bergurutan, mereka adalah Riha Kholidiyah  dari Rombel 1, Apit Meilani dari Rombel 2, Prisma Meita Mustika dari Rombel 3, Sugiyanti Pratiwi Sari dari Rombel 4, Lufianto Dani Permana dari Rombel 5, dan Mustaghfiri Abror Rombel 6. Keenam mahasiswa tersebut mewakili rombel masing-masing.

Dosen pengampu mata kuliah Seminar Pembelajaran Bahasa dan Sastra Indonesa Dra. Nas Haryati, M.Pd. menyampaikan, seminar dari, oleh, dan untuk mahasiswa dimaksudkan supaya mahasiswa piawai menyajikan persoalan secara akademik di forum akademik “Kegiatan ini dapat dijadikan sebagai pembelajaran pula bagi adik-adik tingkat yang akan mengambil matakuliah tersebut,” katanya.

Dosen lainnya, Wati Istanti, S.Pd., M.Pd. juga mengungkapkan hal yang sama. “Saya kira ini pengalaman yang penting bagi mereka. Semoga berkesan dan menjadi pelajaran berharga,” katanya.

 


DIUNGGAH : Rahmat Petuguran Dibaca : 1.870 kali
EDITOR : Rochsid Tri HP

satu komentar pada “Seminarkan Kurikulum 2013, Mahasiswa Menjadi Penyaji

  1. Seminar oleh dan untuk mahasiswa di FBS sangat baik untuk menumbuhkan rasa percaya diri dan tanggungjawab. Semoga mahasiswa jurusan lain bisa mengikuti menggairahkan kembali seminar dengan nara sumber dari mahasiswa sendiri, seperti dua puluh tahunan lalu, apalagi mahasiswa tahun 2014 banyak yang luar biasa, walaupun yang biasa juga tidak sedikit.

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

X