FMIPA Gelar Seminar Nasional Pendidikan IPA IV

Senin, 29 April 2013 | 15:27 WIB


FMIPA Gelar Seminar Nasional Pendidikan IPA IV
humas.doc

Program studi Pendidikan Ilmu Pengetahuan Alam (IPA) Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Universitas Negeri Semarang (FMIPA Unnes) mengadakan Seminar Nasional Pendidikan IPA yang keempat, Sabtu (27/4).

Kegiatan Seminar ini dibagi menjadi dua tahap yaitu Pemaparan Narasumber utama dan sidang paralel pemakalah pendamping. Pemaparan oleh Narasumber utama dilaksanakan di gedung C7 lantai 3, sedangkan sidang paralel dilaksanakan di gedung D1.

Tema seminar kali ini adalah “Peran Penelitian Bidang IPA dan Pembelajarannya dalam Konteks Kurikulum 2013 serta Pendidikan Karakter”. Tema ini terkait dengan kebijakan baru Penerapan Kurikulum 2013 pada instansi pendidikan dari Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan.

“Saat ini bukan lagi saatnya mengeluhkan kurikulum yang baru, tetapi bagaimana implementasinya dalam dunia pendidikan,” tutur Prof Anna Permanasari MSi, Narasumber dari Pascasarjana Pendidikan IPA Universitas Pendidikan Indonesia (UPI).

Beliau juga menambahkan bahwa karakter itu penting untuk menentukan nasib seseorang. Kunci untuk mencapai nasib bermula dari pikiran, kemudian ucapan, dilanjutkan dengan tindakan. Dari tindakan akan menjadi kebiasaan, kebiasaan akan tertanam sebagai karakter. Dan akhirnya karakterlah yang akan menentukan nasib seseorang.

Narasumber lain dalam seminar utama adalah Prof H Wida Sunarno MPd, dosen Pascasarjana IPA Universitas Negeri Sebelas Maret (UNS), Dr Andreas Priyono Budi P Med, dosen FMIPA Unnes, dan Suko Mardiono SH MM, Kepala Badan Kepegawaian Daerah (BKD) Jawa Tengah.

Sedangkan seminar paralel dibagi ke dalam 7 ruang yang bertempat di gedung D1. Dalam seminar tersebut peserta pemakalah menyampaikan hasil penelitiannya yang sebelumnya telah dikirimkan kepada panitia. Hasil penelitian-penelitian dari peserta pemakalah dipublikasikan dalam jurnal pendidikan IPA Indonesia (JPII) dan juga dalam bentuk prosiding seminar.

Ketua panitia Muhamad Taufiq MPd melaporkan bahwa peserta seminar terdiri dari 162 peserta nonpemakalah dan 110 peserta pemakalah. Peserta terdiri dari kalangan mahasiswa, guru, praktisi pendidikan, dan dosen dari berbagai daerah di Indonesia seperti Jawa, Sumatera, Kalimantan, Bali, dan Sulawesi.

Nur Laila Sofiatun


DIUNGGAH : Setyo Yuwono Dibaca : 1.371 kali
EDITOR : Dhoni Zustiyantoro

satu komentar pada “FMIPA Gelar Seminar Nasional Pendidikan IPA IV

  1. Praktik / pelaksanaan Kurikulum 2013 harus betul-betul dipersiapkan. Terutama dari kalangan praktisi (guru-nya) supaya betul-betul berjalan sesuai dengan apa yang diharapkan = tujuan pendidikan nasional. Ayo pak Guru bu Guru..!

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

X