Semakin Sulit, Semakin Dicari

Sabtu, 3 Desember 2011 | 11:44 WIB


Semakin Sulit, Semakin Dicari
DHONI ZUSTIYANTORO/HUMAS

Abdul Haris saat memberikan materi pada studium general panatacara, Sabtu (3/12) di gedung B1 FBS Unnes.

Pembawa acara berbahasa Jawa (panatacara) kian langka. Itulah sebabnya, orang yang memiliki kemampuan ini semakin dicari dan tentu saja nilai jual pun semakin bertambah.

Pernyataan tersebut disampaikan praktisi panatacara Abdul Haris pada studium general panatacara pawiyatan Kridhamadu, Sabtu (3/12), di gedung B1 Fakultas Bahasa dan Seni (FBS) Unnes. Hadir juga pemateri lain dosen Jurusan Seni Drama Tari dan Musik Widodo Brotosejati MSn, dan dosen Jurusan Bahasa dan Sastra Jawa Widodo SS.

Haris menambahkan, keterampilan berbicara di hadapan khalayak harus selalu dilatihkan supaya mahir. Menjadi orang yang menguasai panatacara atau juru bicara (pamedharsabda) adalah wujud nyata pengabdian kita kepada masyarakat. Apalagi setelah lulus, mahasiswa hendaknya mempunyai berbagai macam keterampilan. “Pawiyatan Kridhamadu sebagai langkah awal agar kita bisa dan biasa,” tandasnya.

Pawiyatan Kridhamadu merupakan bagian dari Himpunan Mahasiswa (Hima) Bahasa dan Sastra Jawa FBS Unnes. Melalui kelompok ini, mahasiswa yang ingin mendalami panatacara dapat berlatih secara intensif dengan didampingi praktisi dan dosen panatacara. Studium general yang diselenggarakan kali ini merupakan angkatan IV setelah pada 9 November 2011 dilakukan wisuda angakatan III.

Pada kesempatan itu, Widodo Brotosejati menandaskan, saat ini bangsa Indonesia mengalami krisis identitas. Mahasiswa sebagai penerus generasi bangsa hendaknya tidak selalu bangga dengan meniru atau mengadopsi kebudayaan Barat yang tak sesuai dengan budaya sendiri. “Melalui pawiyatan ini, saya harap mahasiswa semakin tahu akan nilai-nilai luhur bangsa dan memiliki karakter yang kuat,” harapnya.


DIUNGGAH : Dhoni Zustiyantoro Dibaca : 2.440 kali
EDITOR : Sucipto Hadi Purnomo

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

X