Selenggarakan HOTTalks, IKAPIPS UNNES Ajak Guru Jadikan Orang Tua sebagai Mitra dalam Pembelajaran

Kamis, 18 Juni 2020 | 13:11 WIB


Selenggarakan HOTTalks, IKAPIPS UNNES Ajak Guru Jadikan Orang Tua sebagai Mitra dalam Pembelajaran

Tatanan kehidupan baru atau yang lebih dikenal dengan istilah New Normal Life menjadikan banyak sektor perlu mengadaptasi perubahan secara mendadak.

Masyarakat pun dituntut mampu menyesuaikan diri dengan perubahan ini pada berbagai sektor kehidupan, termasuk di sektor pendidikan baik bagi peserta didik, guru, maupun orang tua.

Menjawab keresahan atas perubahan tersebut, Ikatan Keluarga Alumni Pendidikan IPS (IKAPIPS) Universitas Negeri Semarang menyelenggarakan Home Online Talk Show (HOTTalks), Sabtu (13/6).

Kegiatan yang diselenggarkan secara daring tersebut, menghadirkan Fredy Hermanto SPd MPd dan Aisyah Nur Sayidatun Nisa SPd MPd sebagai narasumber.

Sebagai dosen pada Program Studi Pendidikan IPS UNNES, keduanya menjelaskan pentingnya guru IPS untuk mampu bersikap adaptif terhadap pembelajaran jarak jauh.

Orang Tua sebagai Mitra dalam Pembelajaran

Dalam kegiatan bertema “Strategi Pembelajaran Guru IPS Menghadapi New Normal Life” tersebut, Fredy menekankan pentingnya penerapan strategi dalam pembelajaran jarak jauh saat ini. Menurutnya, hal pertama yang harus dilakukan oleh guru adalah menjadikan orang tua sebagai mitra dalam pembelajaran.

“Sampaikan dahulu di awal mengenai tujuan pembelajaran yang ingin dicapai. Libatkanlah orang tua dalam proses pembelajaran, karena sejatinya untuk penyampaian materi di tengah pandemi seperti ini sangat membutuhkan peran mereka,” ajak Fredy.

Kegiatan yang diikuti oleh guru IPS se-Indonesia tersebut mendapat tanggapan positif dari para peserta.

“Terima kasih kepada narasumber dan panitia. Materi sangat menarik untuk diikuti dan sesuai dengan kondisi serta kebutuhan pendidikan di tengah pandemi saat ini,” ungkap salah seorang peserta yang merupakan guru SMP Negeri 4 Batu, Setiawati.

HOTTalks sebagai Program Berkelanjutan

Ketua Program Studi Pendidikan IPS UNNES Dr sos Puji Lestari MSi mengapresiasi kegiatan yang digagas oleh IKAPIPS tersebut.

Menurutnya, diskusi akademis semacam ini perlu diselenggarakan secara berkelanjutan sebagai media berbagi ilmu dan meng-upgrade pengetahuan.

Alhamdulillah, meski berada dalam segala keterbatasan, terima kasih dan penghargaan setinggi-tingginya kami sampaikan kepada teman-teman alumni Program Studi Pendidikan IPS yang telah menggagas kegiatan ini. Saya berharap kegiatan ini akan berlangsung secara continue (berkelanjutan),” ungkap Dr sos Puji Lestari MSi.

Dalam FGD ini, imbuhnya, kita akan diberi kesempatan untuk menyampaikan hal-hal yang kiranya nanti dibutuhkan. Seperti kita tahu, bapak dan ibu berasal dari daerah yang berbeda-beda. Ada yang dari Subang, Bandung, Cilacap hingga daerah di luar Pulau Jawa juga ikut masuk dalam kegiatan ini. Jadi, nantinya bahasan kita adalah seperti apa kalau memang pembelajaran di sekolah tetap berjalan secara daring. Khususnya untuk mata pelajaran IPS, tentunya harus dilaksanakan dengan tatanan yang sudah mapan.

Ketua IKAPIPS UNNES Yunike Sulistyosari SPd MPd berharap kegiatan dapat memberikan manfaat keilmuan bagi para peserta.

“HOTTalks diselenggarakan untuk menjadi media edukasi bersama dan memberikan manfaat bagi banyak pihak. Dengan demikian, panitia berharap peserta mampu menyerap materi yang disampaikan oleh narasumber sehingga terjadi transfer of knowledge dan transfer of value,” harap Yunike.

Alumnus UNNES tahun 2018 tersebut juga mengimbau kepada alumni yang tergabung dalam IKAPIPS untuk menjadi garda terdepan dalam dunia pendidikan, bergerak maju, dan memberikan kebermanfaatan bagi masyarakat luas.


DIUNGGAH : Dwi Hermawan
EDITOR : Lintang Hakim

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

* Kode Akses Komentar:

* Tuliskan kode akses komentar diatas:

X