Seleksi Mandiri Unnes Sediakan 185 Bidikmisi

Minggu, 13 Juli 2014 | 22:00 WIB


Seleksi Mandiri Unnes Sediakan 185 Bidikmisi
HUMAS/LINTANG HAKIM

Ilustrasi: seorang mahasiswi Unnes di perpustakaan.

Seleksi Mandiri Universitas Negeri Semarang (Unnes) menyediakan 185 paket beasiswa Bidikmisi.

Kuota sebanyak itu merupakan bagian dari kuota keseluruhan Bidikmisi yang disediakan Unnes untuk mahasiswa baru tahun ini, yakni sedikitnya 1.850 paket.

Demikian dikemukakan oleh Kepala UPT Pusat Humas Unnes Sucipto Hadi Purnomo, Minggu (13/7), di Semarang. “Berbeda dari tahun sebelumnya, tahun ini secara khusus ada alokasi beasiswa untuk calon mahasiswa dari keluarga tak mampu secara ekonomi lewat jalur mandiri,” katanya.

Dijelaskan, Bidikmisi adalah beasiswa yang disediakan oleh Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan untuk calon mahasiswa yang memiliki potensi akademik tinggi namun berasal dari keluarga tidak mampu. “Dengan beasiswa ini, penerimanya akan bebas dari segala biaya pendidikan selama kuliah (empat tahun) serta memperoleh bantuan biaya hidup per bulan minimal Rp600.000,” jelasnya.

Unnes selama ini dikenal sebagai “surganya Bidikmisi” lantaran selalu menyediakan kuota terbanyak di antara perguruan tinggi lainnya se-Indonesia. Kini, lebih dari 5.400 mahasiswa Unnes mengenyam pendidikan dengan beasiswa ini. Raeni, putri pengayuh becak yang beberapa waktu lalu wisuda sarjana dengan predikat terbaik, merupakan salah satu penetima Bidikmisi.

Untuk mendaftar Bidikmisi 2014 lewat Seleksi Mandiri Unnes (SPMU), lanjut Sucipto, lulusan SMA/MA/SMK tahun 2014, 2013, atau 2012 harus memiliki kode akses pendaftar dari kepala sekolah masing-masing. “Informasi mengenai hal ini bisa diakses di laman http://bidikmisi.dikti.go.id dan http://penerimaan.unnes.ac.id,” katanya.

Lebih lanjut dikemukakan, pendaftaran Seleksi Mandiri Unnes dilakukan secara online sejak 2 Juni lalu hingga 22 Juli mendatang menyediakan 713 kursi mahasiswa baru. “Kuota sebanyak itu tersebar di delapan fakultas atau 65 program studi jenjang S1 dan D3,” ungkapnya.

Sucipto juga mengingatkan, pendaftar yang diterima lewat jalur ini tidak akan membayar biaya kuliah lebih mahal daripada yang diterima lewat skema nasional (SNMPTN dan SBMPTN). “Mereka akan membayar biaya kuliah sesuai dengan ketentuan uang kuliah tunggal (UKT),” tandasnya


DIUNGGAH : Lintang Hakim Dibaca : 7.369 kali
EDITOR : Sucipto Hadi Purnomo

13 komentar pada “Seleksi Mandiri Unnes Sediakan 185 Bidikmisi

  1. Bidikmisi merupkan beasiswa yang paling banyak diminati. Alhamdulillah Unnes tahun ini kuotanya bertambah. Bagi yang tidak diterima SBMPTN jangan kecil hati masih ada kesempatan mendaftar di Ujian Mandiri Unnes selengkapnya di website http://seleksimandiri.unnes.ac.id. Semoga diterima. Salam konservasi

  2. Salam, saya peserta bidikmisi, saya sudah mengikuti seleksi jalur mandiri di suatu ptn, apakah masih diperbolehkan mengikuti SPMU UNNES melalui jalur bidikmisi?
    terima kasih

  3. aq mw ikt seleksi mandiri tapi bidik missi bisa kemarin saya di snmptn lolos tapi saya gx brngkat wktu pembeklan gimana mas

  4. Saya ingin tanya.. Terjadi kesalahan mengisi nama PTN sewaktu saya mengisi form jlur mandiri di laman bidikmisi. KAP dan PIN mandiri ternyata sama dengan yg di SNMPTN. Apakah saya masih bisa mendaftar di SPMU unnes dengan KP dan PIN tersebut?

  5. saya punya piagam dari unnes yaitu geografi campion ship yang di adakan di unes, apakah bisa untuk mendaftar di unes??

  6. maaf saya mau tanya, ujian mandiri unnes masih bisa pakai bidikmisi ? dan kalau bisa persyartan apa saja yg harus saya siapkan. terimakasih sebelumnya

  7. kapan bidikmisi unnes dilaksanakan? terus bagaimana caranya,syaratnya,,,? tolong berikan informasinya yg lebih.terimakasih….

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

X