Segera Dibuka Pendaftaran SM-3T 2012

Senin, 25 Juni 2012 | 11:07

SUCIPTO HP/DOC. DIKTI

Berita Terkait

Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemdikbud) akan kembali merekrut calon peserta Sarjana Mendidik di Daerah Terdepan, Terluar, dan Tertinggal (SM-3T). Pendaftaran akan dibuka secara online mulai 8 Juli hingga 21 Juli 2012.

SM-3T merupakan bagian dari program Maju Bersama Mencerdaskan Indonesia yang diprakarsai oleh Direktorat Pendidik dan Tenaga Kependidikan Direktorat Jenderal PendidikanTinggi Kemdikbud. Dalam program ini, para sarjana pendidikan direkrut, dipersiapkan, dan diterjunkan di wilayah pengabdian. Selain mengajar, mereka juga melakukan kegiatan kemasyarakatan.

Tahun ini, wilayah pengabdian meliputi sejumlah kabupaten di Provinsi Aceh, Kepulauan Riau, Kalimantan Barat, Kalimantan Timur, Sulawesi Utara, Nusa Tenggara Timur, Papua Barat, dan Papua. “Selama mengabdi, setiap bulan mereka akan mendapatkan uang biaya hidup dan asuransi kesehatan. Setelah setahun mengabdi, mereka akan mengikuti Pendidikan Profesi Guru (PPG) dengan beasiswa penuh dari pemerintah,” ungkap Abdurrahman, Ketua PPG Unnes.

Dikemukakan oleh Abdurrahman, tahun ini bersama 16 lembaga pendidiksn tenaga kependidikan (LPTK) lainnya Unnes kembali dipercaya untuk merekrut, membekali, menerjunkan peserta SM-3T, dan menyelenggarakan PPG untuk mereka.

“Berbeda dari tahun lalu, tahun ini pendaftaran dilakukan secara online di laman ksg.dikti.go.id/majubersama. Pada saat pendaftaran nanti, peserta cukup mengisis formulir yang disediakan serta mengunggah file ijazah dan foto,” kata Abdurrahman.

Tahapan berikutnya setelah pendaftaran, ungkap Abdurrahman, adalah seleksi administrasi pada 23-25 Juli, pengumuman hasil seleksi administrasi dan pengumuman jadwal tes online (26-27 Juli), tes secara online (1-4 Agustus), pengumuman hasil tes online dan jadwal wawancara (10 Agustus), wawancara (2-6 September), dan pengumuman hasil seleksi pada 15 September 2012.

Persyaratan
Apa saja syarat pendaftar SM-3T? Beberapa syarat antara lain (1) warga negara Indonesia, (2) usia maksimum 28 tahun per 31 Desember 2012, (3) lulusan program studi kependidikan S-1 empat tahun terakhir (2009, 2010, 2011, 2012) dari program studi terakreditasi (kecuali PGPAUD minimal sudah memiliki izin operasional) yang sesuai dengan mata pelajaran dan/atau bidang keahlian yang dibutuhkan, dan (4) IPK minimal 3,0.

Selain itu, (5) berbadan sehat, (6) bebas narkotik,  (7) berkelakuan baik, (8) mendapatkan izin orangtua/wali, (9) belum menikah dan bersedia tidak menikah selama mengikuti Program SM-3T dan PPG, yang dibuktikan dengan surat pernyataan bermeterai. Peserta juga diutamakan yang memiliki pengalaman organisasi kemahasiswaan.

Diunggah oleh :
Editor: Sucipto Hadi Purnomo

100 Komentar untuk “Segera Dibuka Pendaftaran SM-3T 2012”

  1. pendidikanbahasajepang-unnes

    Senin, 25 Juni 2012 | 12:00

    salut bagi adik2x yang mengharumkan nama UNNES melalui program Sarjana Mendidik di Daerah Terdepan, Terluar, dan Tertinggal (SM-3T). Semoga selalu dilindungi dan diberikan rahmat dunia akhirat..

  2. Widarti

    Senin, 25 Juni 2012 | 21:52

    Wah pingin ikut tp kok sepertinya sampai bulan Juli belum lulus…klw nunggu lulus keburu ditutup ya pendaftarannya.

  3. Kustiono, Dosen KTP FIP UNNES

    Senin, 25 Juni 2012 | 22:05

    Bagi saya Program SM-3T merupakan media pendadaran Sarjana Kependidikan yang tangguh dan komitmen dengan tugasnya tuk memenuhi panggilan tugas-tugas keprofesionalan keguruan & kemasyarakatan serta meneguhkan dedikasi tinggi seorang guru yang bijak & berwibawa. “Jangan bimbang & galau anak muda, ambillah peluang emas itu, niscaya engkau bakal mendapatkan segudang pengalaman yang bermanfaat bagi tugas-tugas keguruan di masa depan”.

  4. Andi Pujiant, Peserta SM3T aceh besar.

    Selasa, 26 Juni 2012 | 10:01

    SM3T merupakan langkah positif untuk meningkatkan mutu pendidikan bangsa tercinta ini, saya bersama rekan yang lain sedang berjuang dalam menjalankan program SM3T di kab aceh besar, saudara2 kita didaerah 3T membutuhkan pendidikan yang layak, ayo para pejuang pendidikan majulah untuk mencerdaskan bangsa, amalkanlah ilmu anda untuk kemajuan bangsa, jadikan diri anda sebagai bagian dari penggerak kemajuan bangsa ini.

  5. ABDURRAHMAN

    Selasa, 26 Juni 2012 | 11:08

    Mari kita dukung Program SM3T, sampaikan informasi ini ke temen-temen yang memang bertekad untuk mencerdaskan bangsa. Terobosan yang luar biasa dari Direktorat Pendidik dan Tenaga Kependidikan ini harus dimanfaatkan sebaik baiknya bagi calon guru profesional. Selamat mengikuti seleksi.

  6. Desawarna

    Selasa, 26 Juni 2012 | 11:59

    Ingin ikut SM 3T

  7. Ika Herni Widiastuti

    Selasa, 26 Juni 2012 | 12:55

    ingin ikut SM3T tp blm punya ijazah, msih punya SKL saja. Ijazah keluarnya tanggal 22 september, kira2 bisa ikut gak ya pakk,…????

  8. rika wahyuni

    Selasa, 26 Juni 2012 | 15:54

    SM3T merupakan salah satu kegiatan yg sangat berkamajuan bagus untuk kehidupan anak bangsa serta peningkatan masa depan yg cemerlang dan khususnya bagi si pendidik dapat menambah pengalaman dalam berwawasan cara mengajarnya yg lebih profesional dan lebih handal.bisa gak yaa aku seperti itu

  9. nur laelatul f

    Selasa, 26 Juni 2012 | 21:02

    kenapa sih salah satu persaratannya belum menikah harus dicantumkan kami juga ingin ikut berpartisipasi dalam program tersebut. selama kita bersedia n siap dengan konsekuensinya dan dibuktikan dengan surat pernyataan bermeterai kenapa tidak?????

  10. Imelda arif

    Rabu, 27 Juni 2012 | 07:09

    Bgmna kl lulusan unesa tp yg non pnddikan spt S1 sosiologi?
    Gak bsakah ikut program tu?

  11. ari muhaimin

    Rabu, 27 Juni 2012 | 07:48

    SM-3T ayo jangan loyo terus berbuat berkarya demi kemajuan dan pemerataan pendidikan anak bangsa

  12. Widya

    Rabu, 27 Juni 2012 | 09:44

    pengen ikut dan pasti berangkat….
    mari mencerdaskan anak bangsa

  13. lilis

    Rabu, 27 Juni 2012 | 11:13

    klo lulusan pend bahasa jawa kira2 bisa ga ya

  14. Sain Widi

    Rabu, 27 Juni 2012 | 13:22

    ::: Kami Tunggu Kehadiran Teman-Teman Untuk Menerima Tongkat Estafet SM3T…:-)
    Manggarai, 27 Juni 2012
    P. Flores – Nusa Tenggara Timur

  15. Agustin AR

    Rabu, 27 Juni 2012 | 15:17

    wah,,sekarang daerah penerjunan di kalimantan, sulawesi, kep. Riau juga..
    Maju terus SM3T!
    Mari maju bersama mencerdaskan bangsa..
    Terbukti memberikan manfaat dalam dunia pendidikan di Indonesia terutama untuk daerah2 3T.
    Salam Abita!

  16. Anggoro

    Rabu, 27 Juni 2012 | 20:25

    apakah dengan SKL bisa mendaftar/ikutan SM3T ?

  17. suwarno

    Rabu, 27 Juni 2012 | 21:39

    alhamd,,, akhirnya ksmpatan yang sy tggu dtg jg,,,,,,,,, sy ingin sekali mengbdikan ilmu sy kpda ank2 yg memng bener2 tertinggl,,,,,, sy jg kpngin berpetualang, mndpt saudra dan kluarga baru,,,,
    mhon doa e smg sy llus nanti e ,, amin

  18. Rizqi Irfani

    Rabu, 27 Juni 2012 | 23:21

    Tidak ada satupun ketidak bermanfaatan dalam program ini…
    semoga evaluasi yang dilakukan terhadap SM3T gelombang pertama ini dapat menghasilkan kinerja dan sistem pelaksanaan SM3T yang lebih baik untuk kemajuan pendidikan yang menjangkau didaerah yang tak terjangkau…

    #Mari maju bersama mencerdaskan Indonesia

  19. nasrul amin

    Kamis, 28 Juni 2012 | 01:12

    apakah setiap LPTK berbeda jadwal pendaftarannya?

  20. Anggoro

    Kamis, 28 Juni 2012 | 12:51

    kenapa tidak ada komenan / tanggapan ea………….

  21. tiyas chantik m

    Kamis, 28 Juni 2012 | 13:33

    salam ABITA,, ayo para penerus SM-3T majukan pendidikan indonesia

  22. wahyu

    Kamis, 28 Juni 2012 | 17:19

    wah , semangat buat yang mau ikut ya

  23. Amah

    Kamis, 28 Juni 2012 | 21:41

    maju terus pendidikan di indonesia

  24. Muksin Coy

    Jumat, 29 Juni 2012 | 09:38

    jd pengen ikut nih…

  25. Tian Membong

    Sabtu, 30 Juni 2012 | 20:36

    sangat menanti kehadiran SM3T gelombang 2 di kabupaten manggarai

  26. siti musyarofah

    Minggu, 1 Juli 2012 | 09:12

    sangat menanti kehadiran rekan2 SM3T gelombang ke2…semoga langkah2 kecil kita mampu membawa perubahan bagi daerah 3T….aamin

  27. aiyub

    Minggu, 1 Juli 2012 | 12:58

    wah…info yang saya tunggu akhirnya keluar jga.semoga saya lwat tahun ini karna saya pernah ikut tes tahun 2011 kemaren gk lwat..

  28. INDAH EKA

    Minggu, 1 Juli 2012 | 18:26

    maksih infonya moga sukses……

  29. Neni Nour Fauzi

    Senin, 2 Juli 2012 | 10:58

    Aq peserta SM3T d Kab Kupang NTT. G nyesel ikut SM3T!!! BUKTIIN Sendiri deh buat yang punya nyali!!

  30. irwansyah

    Senin, 2 Juli 2012 | 11:43

    kalau oleh tau? kapan di masukkan fomulirnya kesitus ini

  31. risal

    Senin, 2 Juli 2012 | 12:12

    katanya kerjasama dgn 3 UNIVERSITAS ? U apa aja

  32. muhammad

    Senin, 2 Juli 2012 | 19:39

    pingin ikutan tapi ijasahku belum keluar gimana ya?

  33. daniel

    Selasa, 3 Juli 2012 | 12:28

    link yang dibuka tidak mencantumkan formulir!!!
    kalo boleh tau download formulirnya dimana???mohon info

  34. khairul

    Selasa, 3 Juli 2012 | 17:34

    muda2han saya lulus di gelombang II SM-3t 2012

  35. SUHARNI

    Selasa, 3 Juli 2012 | 18:34

    KALAU IPK DIBAWA 3,0 BAGAIMNA APA BISA IKT DAN APABILA UMUR SUDAH LEBIH SETAHUN BAGAIMAN…../ ? MOHON PETUNJUKNYA

  36. safia artini

    Selasa, 3 Juli 2012 | 18:56

    gimana caranya menggugah file ijazah dan foto……….
    mohon petunjuknya……………..

  37. Fridolinus Nadol

    Selasa, 3 Juli 2012 | 19:05

    Knpa persaratan tdk seperti sblum nya ipk harus 3,0

  38. dian hari suryani

    Rabu, 4 Juli 2012 | 08:43

    saya belum punya ijasah karna belum wisuda bisa gak ya ikut sm3T . saya jurusan sosiologi. mohon petunjuknya ……

  39. laela setyo rahayu

    Rabu, 4 Juli 2012 | 15:21

    jurusan apa saja yang dibuka di unnes?

  40. udin

    Rabu, 4 Juli 2012 | 21:40

    salam hangat dari calon peserta SM3T. moga SM3T itu terus berusaha untuk mencerdaskan bangsa.

  41. Ais Azzahra

    Kamis, 5 Juli 2012 | 16:30

    salam.
    termotivasi pengen ikut program SM3T. saya udah lulus, tapi belum wisuda. insyaallah bulan september nanti. salah satu persyaratan harus udah punya ijazah, kalau misalnya pakai surat keterangan lulus boleh ikut daftar ndak ya?

  42. fahmi

    Kamis, 5 Juli 2012 | 22:44

    semangat moga sm 3t thun ini sudah lebih n bs memberi inspirasi bg para siswa n memberi motivasi tuk bljr n pntngna pendidikan
    mga sm3t thn ni bs menutupi kekurangan dr sm3t sebelumna
    bangga bgt bs jadi bagian dr sm3 t
    s
    1 thn mngajr mnginspirasi seumur hidup
    slm dr sm3t gayo lues uny

  43. udin

    Jumat, 6 Juli 2012 | 07:09

    amin ya rab.. semuanya itu berjalan sesuai dengan kemampuan dan kekurangan yang kita miliki. tapi kita merasa sudah maksimal memberikan yang terbaik dari yang terbaik yang kita miliki.

  44. ell

    Jumat, 6 Juli 2012 | 08:34

    kalau hanya punya surat keterangan lulus bagaimana??? soalnya belum wisuda..

  45. Yani

    Jumat, 6 Juli 2012 | 13:11

    Apa mungkn peluang menang nya melalui tes online?

  46. adjie

    Sabtu, 7 Juli 2012 | 10:46

    contoh surat izin orang tua,bagaimana ???

  47. rohmad

    Sabtu, 7 Juli 2012 | 12:03

    wah pingin ikut,,tpi low ijazah menyusul gmn?tinggal nunggu ujian skripsi bulan agustu..,low boleh tolong ksih info d no 082138286707. Makasih

  48. mick

    Sabtu, 7 Juli 2012 | 21:21

    SALAM SEMANGAT,,,

  49. nurokhim

    Sabtu, 7 Juli 2012 | 22:27

    wah asik nih, tp sayang umur Qu udah lewat dari 28. kalo di izini sih aq mendafar deh. : -)

  50. arif

    Minggu, 8 Juli 2012 | 10:03

    kenapa belum ada formulir pendaftaranya…..bru uda tanggal 8 ini…..

  51. rani

    Minggu, 8 Juli 2012 | 14:08

    Pendaftaran udah mulai dbuka apa belum sih?

  52. saud

    Minggu, 8 Juli 2012 | 17:34

    sampe tgl 8 juli ini kok blm bs di unggah???
    mohon kejelasannya

  53. dwi anna

    Senin, 9 Juli 2012 | 11:08

    ini sudaH tanggal 9 juli,kok data blum bsa diunggah??

  54. khairul

    Kamis, 12 Juli 2012 | 14:13

    knp tiap masukkanemail slalu gagal? pdhal sdh berullang-ulag kali sy coba. mohon batuannya

  55. Artisia Hannisa

    Sabtu, 14 Juli 2012 | 19:50

    dengan ikut sm3t banyak manfaat,selain masa depan trjamin,di daerah penempatan kita dapat banyak pengalaman apalagi seperti saya yg dapat daerahj pelosok tidak ada sinyal dan listrik,benar2 tidak terbayangkan sebelumnya,dan kita disini jadi pribadi yang lebih kuat dan tangguh,terutama ditempat yang pelosok..saya tunggu kehadiran peserta sm3t disini kota Ende,Flores,Nusa Tenggara Timur =)

  56. rainy Jolie

    Senin, 16 Juli 2012 | 12:28

    kenapa belum dibuka pendaftarannya? atau saya yang belum tau???

  57. lukman

    Selasa, 17 Juli 2012 | 21:42

    teman2 yg sedang ingin ikut 3t harap sabar ya,,, ikuti terus perkembangannya,,, jgn hanya di satu lptk tapi liat di lptk lainnya,,,, yg belum wisuda tp sudah lulus silahkan mencoba mendaftar,,, dengan sabar insa Alloh berhasil….
    sonde perlu khawatir,,,,, maju bersama mencerdaskan Indonesia!!!!!

  58. NURUL

    Rabu, 18 Juli 2012 | 06:37

    maaf pak, apakah dari IAIN tidak bisa mendaftar?

  59. adjie

    Rabu, 18 Juli 2012 | 20:08

    sebenarnya penutupan pendaftaran bisa berubah-ubah gak ??

  60. assa'dah

    Kamis, 19 Juli 2012 | 11:04

    Assalm…yang dbutuhkan S1 pendidikan semua jurusan ato tdk?
    dan soal penempatan seandainya sudah lulus seleksi itu bisa memilih tempat penempatan ato keputusan pihak penyelenggara???

  61. Sary

    Sabtu, 21 Juli 2012 | 09:47

    Apakah dari program studi belum terakreditasi bisa lolo ikut sm3t, soalnya pengen bangat ikut progrm ini. Mhon penjelsannya. Mksih

  62. Muhammad rijal

    Sabtu, 21 Juli 2012 | 10:42

    as. doakan teman2 semoga sy bisa lulus dalam program SM3T, dan pendapatkan pengalaman mengajar yg lebih banyak lagi agar sy menjadi guru yg profesional dapat di andalkan.

  63. titik

    Jumat, 27 Juli 2012 | 08:05

    ada gelombang 2 tuk tahun ini bisa daftar sm3t

  64. musrifah

    Sabtu, 28 Juli 2012 | 05:52

    mudah-mudahan aQ juga lulus d sm 3T

  65. susilo,konsel,kendari

    Kamis, 2 Agustus 2012 | 16:39

    saya harap ada gelombann II sm-3t tahun 2012 ,anaku mau daftar

  66. hasriadi

    Kamis, 2 Agustus 2012 | 16:51

    OKE SM -3T DEMI NKRI.LANJUT TERUS, KALAU PERLU BUKA LAGI TAHAP KE-2
    TAHUN 2012.HIDUP MUH.NUH DEMI NKRI.SAYA MAU DAFTAR WALAUPUN DIMANASAJA DEMI ANAK BANGSA DI PELOSOK. MERDEKA PAK MENTERI,JAYA NKRI DENGAN SM-3T.

  67. bakri

    Jumat, 10 Agustus 2012 | 16:11

    kejo-kende sm-3t tdk lolos

  68. nofan

    Rabu, 15 Agustus 2012 | 04:28

    mau nanya,apakah jika ikt program ini selamanya kita akan tgal di daerah 3T tersebut.

  69. eby nanggur

    Jumat, 17 Agustus 2012 | 10:16

    apakah peserta sm3t yang tidak lulus gelombang 1 2012 bisa kembali ikut tes pada gelombang ke 2,..dengan tetap pake akun lama(paswordnya tetap yang lama juga??)

  70. Mustofa

    Jumat, 17 Agustus 2012 | 12:44

    Mohon untuk informasi SM3T Tahap 2 mulai dibuka kapan ya??
    terus daftarnya melalui dikti atau ke alamat website universitas yang ditunjuk oleh Dikti..
    terimakasih,,,

  71. yuni

    Sabtu, 18 Agustus 2012 | 08:27

    dri dlu saya ingin sekali ikut mendaftar mgenai hal seperti ini krna memeng sya ingin mgapdi biar didaerah terpencil jadi saya mau ikut mendaftar.tp gmna crax msukkan lamaran persyaratan kan ini melalui sistem online.

  72. yuni

    Sabtu, 18 Agustus 2012 | 08:36

    trus blum ada frmulirx keluar gimna tu…bsa tdk pke srt ktragan dlu soalx nanti bln septembr bru widsuda, tp dah lulus,coba ksh infox,in no hpq.081355146058..kutunggu kbr slnjtx,,tp kalau dah terlmbt glmbng prtma msh adakn glmbng ke dua.

  73. arnawa putra

    Kamis, 30 Agustus 2012 | 21:15

    saya pingin banget ikut program sm3t,tp glombang satu gagal,apakah gelombang dua juga harus sesuai dengan hasil seleksi???

  74. arnawa putra

    Kamis, 30 Agustus 2012 | 21:24

    saya minta kepada yang terhormat bapak pemegang keputusan, jika pelamar sm3t kurang,maka dimohon untuk menerima semua pendaftar.terima kasih

  75. astuti

    Senin, 17 September 2012 | 19:08

    mencerdaskan anak bangsa adalah tugas kita bersama, berharap kedepannya saya juga dpt mengambil bagian dalam program ini.,,,

  76. anita

    Jumat, 5 Oktober 2012 | 13:45

    program SM-3T dibuka pada bulan apa saja to??

  77. ayu

    Sabtu, 13 Oktober 2012 | 12:04

    kalau bukan sarjana kependidikan gk bs ya?

  78. ardhy

    Sabtu, 20 Oktober 2012 | 10:09

    Mohon untuk informasi SM3T

  79. Basuki ari wibowo, S.Pd S.Kom

    Selasa, 23 Oktober 2012 | 23:02

    untuk mendaftar sm3t, umur lbih dari 35 th diperbolehkan tidak ya…!!
    tolong kasih infonya..

  80. Basuki ari wibowo, S.Pd S.Kom

    Selasa, 23 Oktober 2012 | 23:03

    dan kalau masih bisa saya berminat untuk mengabdi di daerah pedalaman, tolong dibantu

  81. fahmi fathra

    Kamis, 25 Oktober 2012 | 11:23

    kalau selain mahasiswa unnes boleh ikutan program ini apa tidak???

  82. utri

    Kamis, 8 November 2012 | 10:22

    kapan gelombang 3 buka?
    mengapa umurnya sampai 28 thun dan kenapa umurnya tidak sampai 30 tahun saja…..

  83. windarbela

    Minggu, 11 November 2012 | 14:07

    saya dari gayo lues tempat dimana anggota sm-3t mengabdi.
    saya sangat tertarik dengan program ini dan saya ingin ikut namun saya belum lulus kuliah, pertanyaan saya program sm-3t masih di buka ga TA 2013.
    tolong di jawab ya…….

  84. Inda Papendang

    Kamis, 29 November 2012 | 16:56

    Saya lulusan PGSD S1 tahun 2012.
    mau nanya, Kapan SM3T untuk tahun 2013 diadakan lagi ?
    sudah gk sabar, ingin ikut programnya.

  85. Samsul hidayat

    Senin, 10 Desember 2012 | 10:23

    Q tertarik,,,
    pi lom lu”z,
    q lu”z th 2013
    kra” thun 2014 masih ad p g y?

  86. Samsul hidayat

    Senin, 10 Desember 2012 | 10:34

    Info SM3T yg bru tlong krim k 087736864569,
    q pasaran pndidikn d daerh terpencil dn merasa tertarik….

  87. agus

    Senin, 17 Desember 2012 | 17:08

    jurusan apa saja yang bisa sm 3t???

  88. Hiswaty

    Sabtu, 22 Desember 2012 | 15:34

    kapan SM3t di adakan lagi untuk tahun 2013 ???

  89. jamal

    Rabu, 16 Januari 2013 | 21:49

    tolong berikan info klw ad lgi pndaftranx sm3t tahun 2013

  90. robi

    Senin, 18 Februari 2013 | 12:41

    kapan ada pendaftaran SM3T untuk tahun 2013 dibuka. mohon informasinya.

  91. jumiati bahar

    Selasa, 19 Februari 2013 | 18:24

    kpn pnerimaan untk thn 2013.mhon infox.aq pngen bnget ikut yg Namx ngjar ank2 d pdalmn.i2 adlh cita2ku untk bisa mmbntu sesama,seperti pnglan kmi di HKI kmrin tntang pndidikn inklusi krjasma USAID.cumn progrmx da selesai

  92. hamzah

    Selasa, 26 Februari 2013 | 08:58

    kapan lg trbuka pndaftaran

  93. donatus

    Sabtu, 2 Maret 2013 | 22:05

    semoga saya bisa lulus sm3t. I want to be a good teacher.

  94. septi delia

    Selasa, 12 Maret 2013 | 17:53

    aslm, wr.wb semangat dan maju terus SM-3T gelombang 3 del nanti-nantikan….please give me the next information, thank you very much…..

  95. jack;lin

    Jumat, 22 Maret 2013 | 23:37

    waktu kuliah dlu aku ndak perna ikut organisasi
    apakah bsa msuk ya umurku skrang 30 THN
    pa msh ada pluang?

  96. hendra

    Jumat, 29 Maret 2013 | 10:52

    kalau ipk dbawa 3 gmn

  97. Nia Daniati

    Jumat, 29 Maret 2013 | 23:26

    kalau untuk tahun 2014 masih ada ngak program ini pak soalnya saya lulusnya tahun 2014 saya berminat ikut program ini..
    mohon infonya ya melalui e-mail saya niadaniatisalovni@yahoo.co.id
    terima kasih..

  98. arjuna

    Minggu, 16 Juni 2013 | 11:13

    kapan ada pendaftaran sm3t lagi thn 2013 bln ini? mohon infonya 0819873324 alhamdulillah saya udah ngabdi di MA

  99. Muktar Lukman

    Rabu, 2 Oktober 2013 | 13:04

    Adakah gelombang selanjutnya????

  100. Rini

    Sabtu, 5 Oktober 2013 | 07:45

    mohon informasi u ntuk pndftran slnjutnya bisa dkirim melalui email atau sms di nmor hp saya 087756808880,terimakasih dan salam kenal…:)

Tinggalkan Komentar

Copyright © 2010 Universitas Negeri Semarang | Sitemap | Kredit | Arsip| Situs Lama | Masuk log
^Back to Top