SAR Unnes Bantu Warga Ziarah di Gunung Sumbing

Rabu, 29 Juni 2016 | 11:16 WIB


SAR Unnes Bantu Warga Ziarah di Gunung Sumbing
HUMAS/DOK

Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) Search and Rescue (SAR) Universitas Negeri Semarang (UNNES) melakukan aksi siaga SAR malam selikuran di Gunung Sumbing Temanggung, Minggu (26/7).

Komandan SAR UNNES Muhammad Ulin Nuha menyampaikan, bantuan ini dilakukan karena pada hari tersebut ratusan warga berdatangan melakukan ziarah ke makam Syeh Kiai Makukuhan yang terletak di puncak gunung Sumbing dengan ketinggian 3.371 mdpl.

“Ini kegiatan antisipasi jika ada pendaki yang mengalami kecelakaan bisa dibantu pertolongan pertama, sebab medan menuju puncak cukup sulit,” kata Ulin Nuha.

Selain kegiatan antisipasi, Tim SAR UNNES juga melakukan pendataan pendaki meliputi identitas, keberangkatan, waktu tiba di pos, hingga logistik yang dibawa pendaki, terang Ulin Nuha.

. Tim SAR Unnes juga selalu stand by di setiap pos penjagaan masing-masing dengan memperhatikan warga dan pendaki yang melintas di pos penjagaan kami lewat tanya kondisi para warga pendaki. jika mereka lelah dan ataupun mengalami cidera Tim SAR Unnes siap menolong.

Tim SAR Unnes yang beranggotakan 10 orang terdiri atas Istiqomah, Indra Dwi Priyono, Rochatul Mu’asyaroh, Faris Wicaksono, Retno Muninggar, Arini Aena Syarofi, Eka Ningrum Prianasari, Hardiyanto, Muftian, dan Sekar bergabung dengan SAR Temanggung, Badan PenanggulanganBbencana Daerah (BPBD) Temanggung, dan PALPAG (Pengelola Basecamp) serta warga setempat.

Tim SAR dibagi menjadi 3 pos yakni Tim I di Aula untuk pendataan dan mobiling Aula-Pos IV, Tim II siaga di Pos IV, dan Tim III mobiling dari Pos IV-Puncak, pungkas Ulin Nuha.


DIUNGGAH : Sihono Dibaca : 868 kali
EDITOR : Rahmat Petuguran

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *