Sama, Biaya Kuliah Mahasiswa SPMU dengan SNMPTN

Selasa, 3 Juli 2012 | 12:15 WIB


Biaya kuliah yang dibayarkan oleh mahasiswa Universitas Negeri Semarang (Unnes) yang diterima lewat Seleksi Penerimaan Mahasiswa Unnes (SPMU) sama dengan yang diterima lewat Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN).

“Tidak ada perbedaan biaya. Bahkan lewat SPMU juga akan kami kucurkan 300 Beasiswa Bidikmisi yang membuat para penerimanya bebas dari segala biaya kuliah selama delapan semester, tiap bulan mendapatkan biaya hidup Rp 600.000 per bulan,” ungkap M Khafid, ketua Panitia SPMU 2012.

Bagi Unnes, lanjut Pembantu Dekan Bidang Akademik Fakultas Ekonomi ini, SPMU sebagai seleksi mandiri hanyalah skema untuk melengkapi seleksi nasional. “Misalnya jika pada SNMPTN Jalur Undangan belum dimungkinkan adanya ujian keterampilan sehingga program studi keolahragaan dan kesenian tidak diikutkan, maka pada SPMU dan SNMPTN Ujian Tulis-Keterampilan, kedua bidang itu diikutsertakan,” katanya.

Di samping itu, sejumlah program diploma 3 (D3) yang notabene tidak diikutkan pada SNMPTN, disertakan pada SPMU. “Pendek kata, SPMU merupaan edisi paling komplet di antara seleksi lainnya.”

Sebagaimana diberitakan sebelumnya, pendaftaran SPMU dibuka secara online di laman http://spmu.unnes.ac.id mulai 7 Juli hingga 20 Juli mendatang. Biaya pendaftaran Rp 200.000. Peserta yang memilih kelompok jurusan/prodi seni atau olahraga juga membayar biaya ujian keterampilan Rp 100.000.


DIUNGGAH : Sucipto Hadi Purnomo Dibaca : 8.094 kali
EDITOR : Sucipto Hadi Purnomo

22 komentar pada “Sama, Biaya Kuliah Mahasiswa SPMU dengan SNMPTN

  1. untuk memilih program ipa atau ips apakah juga dari jurusan sma yang sesuai ( sma ips ke ips dan ipa ke ipa). trm kasih atas jawabannya

  2. berapa biaya yang dikeluarkan untuk fak.teknik boga dan tata rias dari Masuk sampe lulus?
    mohon ditampilkan seperti universitas lainnya eX: uny

    terimakasih ;)

  3. Pak, mohon dibaca dan di balas ya,..
    Saya masuk beasiswa bidimisi, tpi saya tidak lolos dalam tes yg kedua yaitu survey rumah, lalu apa saya termasuk ikut yg snmptn…? Lalu biayanya berapa pak,.. Terima kasiiih

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

X