Revitalisasi Nilai-Nilai Pancasila Dikemas dalam Dialog Kebangsaan

Selasa, 18 Juli 2017 | 13:01 WIB


Revitalisasi Nilai-Nilai Pancasila Dikemas dalam Dialog Kebangsaan
SIHONO/HUMAS

Revitalisasi dan Reaktualisasi Nilai-Nilai Pancasila dalam Kehidupan Bermasyarakat, Berbangsa dan Bernegara menjadi tema dalam acara Dialog Kebangsaan yang diselenggarakan oleh Dewan Pengurus Pusat (DPP) Ikatan Keluarga Alumni Universitas Negeri Semarang (UNNES) pada Selasa (18/7) di gedung Prof Wuryanto Auditorium UNNES. Kdialog dibuka oleh Wakil Rektor Bidang Akademin Prof Dr Rustono MHum

Ketua panitia Dr Wirawan Sumbodo MT menyampaikan, tujuan penyelenggaraan acara ini bukan hanya membahas mengenai tema yang telah ditentukan tetapi juga sebagai forum silaturahmi. Acara ini dihadiri oleh 380 peserta yang terdiri atas pimpinan UNNES, dosen, alumni UNNES, mahasiswa dan tamu undangan dari instansi lain. Selain itu, acara ini juga mengundang Dr Drs Budiyanto SH MHum dan Dr Mohamad Sobary sebagai pembicara kunci dan pembicara utama dalam dialog kebangsaan ini.

Dr Drs Budiyanto SH MHum mengajak seluruh elemen masyarakat untuk menjaga tetap tegaknya NKRI yang berdasarkan Pancasila dan UUD 1945 serta memantapkan persatuan dan kesatuan wilayah NKRI, kedaulatan NKRI dan kelangsungan hidup NKRI. Ia juga menerangkan, NKRI dibangun tidak mudah melainkan melalui pengorbanan yang besar dengan dasar/pondasi pancasila, berpilar UUD 1945 serta berisikan Bhinneka Tunggal Ika.

Guna mencegah dan mewaspadai tumbuh dan berkembangnya radikalisme, korupsi, dan disorientasi terhadap nilai-nilai pancasia, maka diskusi ini perlu dilakukan. Dr Mohamad Sobary selaku pembicara utama menyampaikan bahwa bangsa Indonesia yang terdiri atas berbagai perbedaan baik agama, suku maupun bahasa tetapi dapat menyatu merupakan keunggulan tersendiri yang harus dipertahankan.

Selain itu, Ia juga mengimbau seluruh elemen masyarakat untuk kembali memahami, meyakini dan mengaktualisasikan nilai-nilai pancasila dalam kehidupan bermasyarakat, berbangsa dan bernegara.

(Ryan Aditya, Students Staff)


DIUNGGAH : Sihono Dibaca : 493 kali
EDITOR : Lintang Hakim

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

X