Rektor Unnes Terima 32 Mahasiswa Program PPGT

Jumat, 7 Oktober 2011 | 18:29 WIB


Rektor Unnes Terima 32 Mahasiswa Program PPGT
SIHONO/HUMAS

Mahasiswa PPGT dari Provinsi Aceh, Papua, dan Nusa Tenggara Timur.

Rektor Universitas Negeri Semarang (Unnes) Prof Sudijono Sastroatmodjo menerima 32 mahasiswa baru rintisan program Pendidikan Profesi Guru Terintegrasi (PPGT) guru kelas sekolah dasar tahun 2011, di gedung rektorat kampus Sekaran, Jumat (7/10). Penerimaan ditandai dengan pemakaian jaket almamater secara simbolis kepada Lia Aprilliani dari Aceh Singkil dan Jasmin dari Aceh Selatan.

Isti Hidayah sekretaris PPG melaporkan, ke-32 mahasiswa itu terdiri atas 19 perempuan dan 13 laki-laki. Mereka terseleksi dari Direktorat Pendidik dan Tenaga Kependidikan Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi dan berasal dari tiga provinsi, yakni Aceh, Nusa Tenggara Timur, dan Papua yang tersebar dalam 11 kabupaten/kota.

Rektor mengatakan, rintisan PPGT ini merupakan perwujudan dari program Maju Bersama Mencerdaskan Indonesia Kementerian Pendidikan Nasional. “Indonesia terdiri atas bermacam-macam suku sehingga semua harus maju bersama. Peserta diprioritaskan berasal dari daerah yang masuk kategori tertinggal, terdepan, dan terluar untuk memenuhi kekurangan guru di daerah tersebut. Program ini bertujuan menghasilkan model pendidikan guru sekaligus untuk melahirkan calon guru yang memiliki keunggulan dalam kompetensi sebagai guru profesional dengan kewenangan ganda,” kata Rektor.

Dia juga mengemukakan, mahasiswa ini dididik selama 9 semester sesuai dengan kurikulum yang berlaku. “Satu semester nanti khusus untuk matematika. Harapannya, setelah lulus kembali ke daerahnya langsung mengajar di kelas pendidikan sekolah dasar, kemudian diminta untuk membantu mengajar matematika di SMP,” kata Prof Sudijono.

Lia Aprilliani, alumnus SMAN 1 Kota Baharu Aceh Singkil menyatakan rasa syukurnya diterima di Unnes. “Saya senang karena bisa meringankan beban orang tua dan saya menjadi lebih tahu karena di Aceh kan pendidikannya tertinggal beda dengan di pulau Jawa. Saya datang di kampus Unnes dan tinggal di asrama PGSD ini merasa senang sekali karena bapak-bapak, ibu-ibu dosen, teman-teman dan para petugas di asrama sangat baik dan ramah,” katanya.

Hal senada juga diungkapkan Jasmin, mahasiswa PPGT asal Aceh Selatan. Dia mengaku senang bisa kuliah di Unnes karena dapat menimba ilmu di bidang keguruan dan kampusnya banyak pohonnya.

Rangkaian kegiatan ini adalah registrasi, pengisian KRS dan Program pengenalan akademik (PPA) dengan materi ideologi dan pendidikan karakter, konservasi, pengenalan organisasi, sistem akademik mahasiswa, penulisan karya ilmiah mahasiswa, dan pengenalan lingkungan kampus Unnes.


DIUNGGAH : Sihono Dibaca : 4.971 kali
EDITOR : Rochsid Tri HP

18 komentar pada “Rektor Unnes Terima 32 Mahasiswa Program PPGT

  1. kita buktikan apakah emang betul kampus UNNES itu terkenal dengan Pendidikannya yang berkualitas dan baik apa,,.hidup sutra,. Go education,.

  2. semoga mereka dapat memanfaatkan waktu dan ngaplikasikan ilmu yang didapat sehingga ketika pulang mereka menjadi guru yang profesional,… hidup pendidikan indonesia!

  3. Amin…semoga kami mahasiswa PPGT bsa bersaing dgn mahasiswa2 reguler laiin.a…
    dan TERIMAKASIH atas smbutan yg luar biasa dr pak rektor dan pak dekan juga para dosen2 lain.a..
    kpda ka2k2 HIMA tq so much….
    SALAM KONSERVASI::

  4. Bagaiman Perpustakaan pusat menyambutnya? Semakin banyaknya mhs dari berbagai suku di negeri ini, mari tunjukkan bahwa perpustakan juga siap menyambutnya, didukung sarana – prasarana modern yang semakin memudahkan layanan terhadap penggunanya seperti; shelf-check, penambahan corner/pojok-pojok khusus spt WorldBank Corner, American Corner, Australian Corner, Sampoerna Corner, dll.nya masih banyak lagi yang perlu ditingkatkan..

  5. Ayoe PPGT Indonesia kita dari tiga Propinsi di tempatkan di 10 Universitas di Indonesia..kita tunjukkan bakat kita masing-masing..sehingga apabila kita kembali ke daerah kita masing-masing kita bisa jadi Guru yang Profesional di Daerah kita,, karna kita akan membangun daerah kita nantinya ,,,amiiien…

    by; (Bunaiya),, Mhasiswa PPGT PGSD Universitas Sanata Dharma, Yogyakarta,, Asal Aceh Besar

  6. proses pendaftaran PPGT itu bagaimana? Karena di daerah-daerah 3T, pemerintah daerah tterkesan tertutup atas program ini.

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *