Rektor Serahkan SK Tiga Profesor

Kamis, 5 Februari 2015 | 15:46 WIB


Rektor Serahkan SK Tiga Profesor
Dwi Sulistiawan / Humas

Rektor Universitas Negeri Semarang (Unnes) Prof Dr Fathur Rokhman Mhum menyerahkan tiga Surat Keputusan (SK) Menteri Riset, Teknologi dan Pendidikan Tinggi (Kemenristekdikti) Republik Indonesia tentang pengangkatan sebagai Profesor/Guru Besar Unnes, Kamis (5/2) di Rektorat kampus Sekaran. Mereka adalah Dr Teguh Supriyanto MHum dari Fakultas Bahasa dan Seni (FBS) diangkat sebagai profesor/guru besar bidang ilmu sastra, Dr Subiyantoro MHum (FBS) sebagai profesor/guru besar bidang ilmu Psikolinguistik, dan Dr Sucihartiningsih Dian Wisika Prajanti MHum dari Fakultas Ekonomi (FE) sebagai profesor/guru besar bidang ilmu Ekonomi Pertanian.

Dalam sambutannya Rektor Unnes menyambut gembira atas penyerahan SK tiga profesor/guru besar itu. “Semoga dapat meningkatkan kualitas SDM tenaga pengajar Unnes. Semakin banyak guru besar, semakin tinggi peluang mencerdaskan mahasiswa Unnes menjadi unggul dan berkarakter,” ungkapnya.

Pada acara yang dihadiri Pembantu Rektor, Dekan, dan beberapa pejabat dilingkungan Unnes itu, Rektor juga mendorong para profesor memberi kontribusi lebih besar dengan melakukan terobosan dalam pengembangan ilmu pengetahuan.

“Gelar kehormatan profesor adalah gelar khormatan akademik tertinggi bagi dosen. Tidak heran kalau ekspektasi terhadap kinerja mereka juga tinggi,” katanya.

Menjadi seorang profesor juga mempunyai tugas dan kewajiban sangat berat. Kewajiban yang dipersyaratkan yakni menulis buku, menghasilkan karya ilmiah, dan menyebarluaskan gagasan.

Dalam menulis buku, kata Prof Fathur, harus diterbitkan oleh lembaga penerbit baik nasional maupun internasional yang mempunyai Internasional Standard of Book Numbering System (ISBN).

Sedangkan untuk menghasilkan karya ilmiah, juga diterbitkan dalam jurnal internasional bereputasi.
Adapun untuk menyebarluaskan gagasan dilakukan untuk mencerahkan masyarakat di antaranya dapat berupa publikasi karya pada jurnal ilmiah, sebagai pembicara pada seminar, melaksanakan pengembangan hasil pendidikan dan penelitian, memberi pelatihan, dan penyuluhan.

“Jika dalam kurun waktu tiga tahun seorang profesor tidak bisa memenuhi kewajiban itu maka tunjangan kehormatan profesor bisa diberhentikan sementara sesuai dengan Permendikbud Nomor 78/2013 tentang Pemberian Tunjangan Kehormatan bagi Dosen yang Menduduki Jabatan Akademis Profesor,”jelas Prof Fathur.


DIUNGGAH : Dwi Sulistiawan Dibaca : 2.928 kali
EDITOR : Rahmat Petuguran

14 komentar pada “Rektor Serahkan SK Tiga Profesor

  1. SELAMAT UNTUK KETIGA PROFESOR BARU, SEMOGA TAMBAH SUKSES DAN BERKAH, SERTA UNNES MENJADI LEMBAGA PENDIDIKAN YANG THE BEST, AMIIN

  2. Selamat dan sukses kepada para profesor baru. Semoga mampu mengamalkan ilmunya dengan baik untuk nusa dan bangsa. amin yra

  3. Selamat Prof Teguh, Prof Subyantoro, Prof Suci, semoga dpt mengakselerasi Unnes dlm mewujudkan visi-misinya, serta menginspirasi rekan2 sejawat..

  4. Terima kasih, semoga saya mampu memikul amanah ini. Oleh karena itu doa dari para sahabat sangat saya harapkan supaya bukan saja berkah tetapi amanah bagi kemajuan lembaga unnes tercinta dan masyarakat, nwn

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

X