Rektor: Jadilah Dosen yang Punya Talenta

Rabu, 16 Oktober 2013 | 14:55 WIB


Rektor: Jadilah Dosen yang Punya Talenta
SIHONO/HUMAS

Upaya meningkatkan sumber daya manusia (SDM) sebagai pendidik profesional perlu adanya pembinaan yang terus menerus dan berkesinambungan.

Mewujudkan hal itu, Universitas Negeri Semarang (Unnes) mengadakan pembinaan dosen muda, Rabu (16/10) di Rektorat Kampus Sekaran Gunungpati Semarang

Rektor Unnes Prof Dr Fathur Rokhman MHum saat membuka acara mengemukakan, sebagai dosen muda harus mempunyai semangat seperti semboyan Bung Karno, sang proklamator Bangsa Indonesia. “Gantung cita-cita Anda setinggi langit, kalaupun jatuh akan bersama bintang-bintang,” ungkapnya.

Menurutnya, dosen mempunyai dua tugas sebagai pendidik profesional dan ilmuwan. Sebagai pendidik profesional, dosen harus memahami kurikulum berkompetensi dan konservasi, kreatif dan inovatif dalam merancang pembelajaran, dapat mengembangkan materi ajar, serta mampu mengevaluasi proses pembelajaran.

Prof Fathur juga mengatakan, sebagai ilmuwan, dosen juga harus mampu mengembangkan dan mengaplikasikan ilmunya di masyarakat. “Jadilah pendidik dengan reputasi diatas rata-rata, SDM yang memiliki talenta,” tegasnya.

Profesor Sosiolinguistik itu berharap, dosen yang belum S2 segera melanjutkan studi, yang belum S3 segera ambil doktor. “Usia dibawah 35 tahun wajib studi di luar negeri,” tandasnya, memotivasi. “Sedangkan bagi yang sudah lulus doktor, tiga tahun berikutnya segera mengajukan profesor.”

Di samping itu, ada tiga kewajiban yang harus dilakukan dosen. “Dosen harus mampu menulis buku, membuat artikel di jurnal internasional dan disertasi di seminar internasional,” katanya.


DIUNGGAH : Rohmawati Dibaca : 2.127 kali
EDITOR : Rohmawati

2 komentar pada “Rektor: Jadilah Dosen yang Punya Talenta

  1. Selamat berjuang para dosen muda. untuk memajukan pendidikan di Indonesia. Mulai dari lingkungan Universitas Negeri Semarang. Tanam dan tumbuhkan karakter konservasi pada jiwa generasi muda penerus perjuangan Bangsa.

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *