Rektor: Ada Empat Hal yang Memperkuat Kerja Sama

Senin, 7 Oktober 2013 | 12:24 WIB


Kemajuan suatu organisasi, instansi, atau lembaga apa pun, 25% tergantung sumber daya alam, 45% tergantung pada kemampuan sumber daya manusia dan 30% tergantung pada networking.

Hal itu disampaikan Rektor Universitas Negeri Semarang (Unnes) Prof Dr Fathur Rokhman MHum saat menjadi pembina apel, Senin (7/10), di Rektorat Kampus Sekaran Gunungpati Semarang.

Menurut Prof Fathur, selain hal tersebut, mengutip pendapat Maxwell mengenai kerja sama, ada empat hal yang harus dibangun untuk memperkuatnya.

Pertama, mind set. Cara pandang, persepsi tentang apa yang mau kita capai, kerja sama apa yang perlu dijalin, bagaimana cara meraihnya, dan apa yang menjadi target? Hal itu, menurut Prof Fathur,  diperlukan pemahaman atau persepsi yang sama.

Kedua, sikap. Setiap perilaku, tutur kata kita harus lepas dari prasangka negatif terhadap orang lain. Sikap percaya dan menghargai secara positif apa pun yang dilakukan orang lain, sangat penting dalam membangun kerja sama dan citra lembaga. ”Jangan ada dusta di antara kita,” tegas Rektor.

Ketiga, fokus. Setiap apa pun yang dikerjakan harus terfokus, konsentrasi, dan tertuju pada kepentingan bersama, siap dan selalu mencurahkan seluruh pikiran, tenaga kita untuk kepentingan bersama menuju kemajuan lembaga.

Keempat, hasil. Apa pun pekerjaan dan profesinya, harus diyakini pada hasil akhir yang dicapai, berorientasi pada out come atau produk yang bisa disumbangkan dan dihasilkan untuk lembaga.

Selain itu, Prof Fathur juga senantiasa berharap setiap bagian di Universitas Konservasi meningkatkan kerja sama dengan siapa pun. “Bangunlah pondasi lembaga ini dengan kerja sama yang kokoh,” ujarnya.


DIUNGGAH : Rohmawati Dibaca : 1.368 kali
EDITOR : Rohmawati

satu komentar pada “Rektor: Ada Empat Hal yang Memperkuat Kerja Sama

  1. Unnes akan memiliki kekuatan abadi bila 4 hal tersebut diterapkan, kembangkan terus dan maju terus….sukses universitas konservasi

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

X