Raih Akreditasi “B”, Prodi Ilmu Politik Siap Dongkrak Prestasi dan Reputasi UNNES

Rabu, 13 September 2017 | 11:03 WIB


Raih Akreditasi “B”, Prodi Ilmu Politik Siap Dongkrak Prestasi dan Reputasi UNNES
Humas/Doc.

Asesor akreditasi BAN PT saat berkunjung ke Jurusan PKn Fakultas Ilmu Sosial

Program Studi (Prodi) Ilmu Politik Fakultas Ilmu Sosial Universitas Negeri Semarang (UNNES) berhasil meraih akreditasi dengan peringkat “B” setelah sebelumnya dilakukan visitasi akreditasi oleh Badan Nasional Akreditasi Perguruan Tinggi (BAN-PT) pada Sabtu (29/7).

Berdasarkan surat ketetapan nomor 2974/SK/BAN-PT/Akred/S/VIII/2017, akreditasi ini berlaku selama lima tahun hingga 22 Agustus 2022.

Akreditasi merupakan upaya pemerintah untuk menstandardisasi dan menjamin mutu alumni perguruan tinggi, sehingga kualitas antar Perguruan Tinggi tidak terlalu bervariasi sesuai kebutuhan kerja.

Prodi Ilmu Politik UNNES telah berdiri sejak tahun 2012, hal ini sesuai dengan peraturan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) RI nomor 232/E/O/2012 pada 6 Juli 2012 lalu.

Ketua Jurusan Politik dan Kewarganegaran (PKn) Drs Tijan MSi menjelaskan, capaian tersebut tak lepas dari kerjasama, kinerja,dan sinergisitas antara dosen dan mahasiswa serta warga UNNES lainnya.

“Dengan capaian ini, tentunya membuat kebanggaan bagi kita. Semoga dengan ini dapat meningkatkan kredibilitas dan kepercayaan masyarakat, lulusan, dan pengguna jasa lulusan nantinya” ungkapnya.

Kedepan, lanjut dosen pengampu mata kuliah Hukum Pajak itu, kami akan terus berupaya untuk meningkatkan prestasi dan mendongkrak akreditasi hingga memperoleh akreditasi unggul “A”.

Program Studi yang memiliki visi “Menjadi Program Studi berbasis Etika Politik dan Penguatan Institusi Lokal yang Bereputasi Internasional” ini, memiliki keunggulan pada kajian etika politik dan penguatan institusi lokal. Dengan kajian tersebut, diharapkan akan terbentuk lulusan Ilmu Politik yang cerdas, beretika, jujur, mandiri, peduli, dan bermanfaat bagi masyarakat dan bangsa.

Koordinator Program Studi Ilmu Politik Moh Aris Munandar SSos MSi mengungkapkan perlunya upaya internasionalisasi bagi Program Studi Ilmu Politik.

“Dalam kaitannya mendukung visi UNNES dan upaya internasionalisasi, pembelajaran dilakukan dengan menggunakan bahan ajar yang berstandar internasional. Selain itu, kami juga mengembangkan jurnal yang di-review oleh reviewer dari berbagai negara” jelasnya.

Mahasiswa, lanjutnya, dibekali dengan Political Knowing, Political Skill, dan Political Action. Ketiganya penting dan menjadi dasar bagi mahasiswa Ilmu Politik untuk terjun di masyarakat nantinya.

Program Studi Ilmu Politik UNNES menerapkan standar unggul dalam menjamin kompetensi lulusan. Alumni diharapkan mampu menguasai dasar-dasar ilmiah dan keterampilan dalam bidang ilmu politik, menerapkan etika Pancasila, dan memberikan kontribusi positif dalam mendorong penguatan institusi lokal.

Selain itu, alumni didorong untuk ikut serta dalam memberikan ide/gagasan yang orisinil, kritis, dan komprehensif yang berorientasi pada pemecahan masalah politik dan pembangunan serta bekerja lintas budaya.

Guna mencapai kompetensi lulusan tersebut, maka dalam penyelenggaraan kegiatan akademik dan kemahasiswaan mengacu pada kurikulum terbaru dan selalu mendapat pembaharuan.

Mata kuliah yang disajikan berdasarkan kurikulum inti yang menjadi mata kuliah wajib program studi dan kurikulum lokal yang dijabarkan dalam mata kuliah pilihan sesuai dengan kebutuhan dan perkembangan masyarakat.

(Dwi Hermawan, Student Staff)


DIUNGGAH : Dwi Sulistiawan Dibaca : 289 kali
EDITOR : Dwi Sulistiawan

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

X