Rafting Pemula Angkatan XLI MAHAPALA UNNES di Sungai Elo dan Progo Magelang

Rabu, 31 Maret 2021 | 9:00 WIB


Rafting Pemula Angkatan XLI MAHAPALA UNNES di Sungai Elo dan Progo Magelang

MAHAPALA UNNES merupakan Unit Kegiatan Mahasiswa yang bergerak di bidang kepencintaalaman dan konservasi lingkungan. Ada delapan divisi di MAHAPALA, salah satunya adalah rafting atau kegiatan olahraga arus deras. Untuk menghasilkan anggota yang kompeten dalam bidang divisi rafting, MAHAPALA mengadakan kegiatan Praktik Lapangan Divisi Rafting Pemula untuk para anggota baru yaitu angkatan XLI.

Kegiatan ini berlangsung selama dua hari yaitu Sabtu dan Minggu tanggal 27 s.d. 28 Maret 2021. Bertempat di Sungai Elo dan Sungai Progo Magelang, kegiatan ini diikuti oleh 16 orang anggota baru yang telah lulus Pendidikan dan Latihan (DIKLAT) yang terdiri dari sepuluh orang peserta putra dan enam peserta putri.

Pada kegiatan ini anggota baru diberi pembekalan teori dan praktik mengenai materi yang kemarin diajarkan saat latihan di embung UNNES. Beberapa di antaranya dilakukan praktik Renang Jeram, Teknik Menyebrang, Self Rescue, River Signal, dan River Rescue. Selain itu, untuk calon Madya juga dilakukan praktik menjadi Skipper, praktik River Running System, serta Read and Run.

Adapun hari pertama diisi dengan latihan renang jeram dan simulasi penyelamatan korban di sungai (rescue). Kemudian dilanjutkan dengan pengarungan dari strat hingga finish di Sungai Elo.

“Hari pertama ini untuk pengarungan tim dibagi tiga kloter, tiap kloter melakukan pengarungan satu kali. Mengingat satu perahu hanya boleh diisi lima orang, agak sulit memang, tetapi semua anggota baru harus ngarung,” tutur Fahri Huzein salah satu mahasiswa Geografi yang bertugas sebagai pemateri dalam kegiatan ini.

Hari kedua pengarungan dilanjutkan di Sungai Progo, Magelang. “Pengarungan Sungai Progo kali ini panjang dan lama, tapi seru banget,” ungkap Muhamad Bayu Pamungkas salah satu anggota baru dari Jurusan Bahasa dan Sastra Asing. Pengarungan hari kedua kemudian dilanjutkan di Sungai Elo dengan memenuhi beberapa praktik yang belum dilakukan. Kegiatan dapat berjalan dengan baik dan lancar dengan tetap memberlakukan protokol kesehatan sesuai prosedur dari Paguyuban Operator Rafting Magelang.


DIUNGGAH : Fauzan
EDITOR : Fauzan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

* Kode Akses Komentar:

* Tuliskan kode akses komentar diatas:

X