Racana Wijaya Unnes Peringati Hari Baden Powell Ke-107

Sabtu, 8 Maret 2014 | 11:18 WIB


Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) Pramuka Racana Wijaya Universitas Negeri Semarang (Unnes), menyelenggarakan peringatan hari lahir bapak pandu dunia Lord Baden Powell yang ke-107, di gedung Pusat Kegiatan Mahasiswa Unnes (PKMU) kampus Sekaran, belum lama ini.

Ketua Panitia Muhammad Abdurrokhim mengatakan pada peringatan tahun ini, tema yang diusung adalah “Implementasi Gerakan Pramuka di Perguruan tinggi”.

“Acara ini merupakan acara perdana yang diselenggarakan Racana Wijaya Unnes dalam kepengurusan 2014-2015,” tuturnya. Baden Powell lahir di London, Inggris, 22 Februari 1857. Setiap tahun, tanggal itu diperingati sebagai hari lahirnya Gerakan Kepanduan.

Menurutnya, acara ini sebagai salah satu upaya revitalisasi gerakan pramuka yang mengingatkan kembali kepada sejarah gerakan pramuka. Pada acara baden powell day kemarin juga di putarkan film dokumenter tentang lahirnya Gerakan Pramuka Indonesia dan Racana Wijaya,” katanya.

Dia berharap melalui kegiatan ini gerakan pramuka di perguruan tinggi tetap eksis dan tidak terkikis meskipun zaman semakin global. “Pramuka selalu diharap memberikan peran besar dalam pembentukan karakter bangsa,” tandasnya.

Kegiatan diikuti anggota Gugus Latih (Guslat) dari semua fakultas se-Unnes. Peringatan diawali arak-arakan keliling kampus dan renungan. Dalam prosesi renungan dibacakan biografi tokoh-tokoh pramuka Indonesia, seperti Hamengku Buwono IX dan Agus Salim.


DIUNGGAH : Rohmawati Dibaca : 1.327 kali
EDITOR : Dhoni Zustiyantoro

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

X