Pusat KKN Pelajari Posdaya dan Bank Sampah di Bantul

Rabu, 9 Maret 2011 | 17:37 WIB


Dipimpin Sutaryono, keluarga besar Pusat Kuliah Kerja Nyata (KKN) Universitas Negeri Semarang (Unnes) menyelenggarakan kunjungan kerja di beberapa pos pemberdayaan keluarga (posdaya) unggulan di Kabupaten Bantul binaan LPPM UGM Yogyakarta, Sabtu (5/3).

Kegiatan yang diikuti Sekretaris LP2M Prof Totok Sumaryanto, Kabag TU Sulami, staf LP2M, dan Satgas KKN diawali dengan kunjungan ke Posdaya Mawar Putih di Dusun Ngentak Desa Murtigading Kecamatan Sanden Kabupaten Bantul. Posdaya itu terbentuk 31 Januari 2009.

Muntarinah, ketua posdaya itu mengatakan, pihaknya memiliki 17 subkegiatan dari tiga bidang, yakni pendidikan, kesehatan, dan kewirausahaan.

Dia juga mengatakan, Posdaya Mawar Putih pernah juara IV Lomba BKB tingkat provinsi. “Kami juga mengembangkan usaha simpan pinjam dengan wadah UPPKS (Upaya Pemberdayaan Pendapatan Keluarga Sejahtera). Pada awalnya modal kami Rp 200.000, tapi sekarang sudah menjadi Rp 55.000.000,” katanya.

Kunjungan kedua dilakukan di Posdaya Mekarsari di Desa Badegan. Program unggulannya Bank Sampah Gemah Ripah yang pengelolaanya dipercayakan kepada Heni selaku direktris bank. “Pengelolaan bank sampah dipusatkan di sebuah tempat yang menjadi pusat penyetoran sampah dari nasabah. Sampah sudah dipilah menurut jenis sampahnya, mulai dari sampah plastik, kertas, hingga yang lain,” ungkap Heni.

Masyarakat yang menyetorkan sampah ke Bank Sampah, lanjut dia, akan mendapatkan slip setoran dari teller bank sampah. “Setiap bulan dilaporkan hasil pendapatan setiap nasabah yang dihitung berdasarkan total timbangan yang disetorkan dengan persentase penghasilan 85% oleh nasabah dan 15 % untuk pengelola bank sampah,” katanya.

Farid Ahmadi


DIUNGGAH : Sucipto Hadi Purnomo Dibaca : 3.722 kali
EDITOR : Sucipto Hadi Purnomo

7 komentar pada “Pusat KKN Pelajari Posdaya dan Bank Sampah di Bantul

  1. alamat bank sampah : jL. ahmad yani, dusun badegan RT 12, desa bantul, kec. bantul, kab. bantul 55711
    cp. 081904151061

  2. saya sudah lama sekali tertarik dengan adanya bank sampah… sejak pertama kali.. saya lihat tayngan tentang bank sampah di metro tv…
    sebenarnya sudah lama juga saya ingin menerapkan bank sampah ini…

    mohon bantian.. dan informasi.. tentang bank sampah… pak…
    trimakasih

  3. saya salah satu pengurus di kampung saya ingin menfaatkan sdm untuk menciptakan lap kerja dng program bank sampah.saya jujur blm tahu gmn cara nya mengelolanya saya pengen info nya supaya saya bs meningkatkan taraf kehidupan kampung kami .mtr nuwun sblm nya saya tunggu jawaban nya

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

X