Puluhan Guru Ikuti Pelatihan Pengolahan Pustaka

Selasa, 3 Juli 2012 | 16:21 WIB


Puluhan Guru Ikuti Pelatihan Pengolahan Pustaka
DOC/HUMAS

Puluhan guru dari berbagai sekolah dan rumah pintar di wilayah Semarang Selatan mengikuti Pelatihan Pengolahan Bahan Pustaka bagi Pengelola Perpustakaan. Kegiatan berlangsung dua hari, Selasa-Kamis (3-5/7), di lantai III Gedung G UPT Perpustakaan Unnes kampus Sekaran.

Kegiatan yang digelar UPT Perpustakaan melalui Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat (LP2M) itu dibuka Kepala UPT Perpustakaan Dr Sutikno ST MT.

Materi pelatihan meliputi teori dan praktik inventarisasi bahan pustaka, deskripsi bibliografis, kelengkapan buku (barcoding, labeling, identifying), katalogisasi, sistem klasifikasi DDC, dan pengenalan sistem otomasi perpustakaan.

Pelatihan menghadirkan para pustakawan dari Unnes. Mereka adalah MZ Eko Handoyo SS yang juga menjadi ketua pelaksana, Drs Sutrisno SSos, dan Retma Inayati F SS.

Kegiatan yang diselenggarakan melalui pengajuan proposal penelitian/pengabdian ke LP2M Unnes itu diikuti pengelola perpustakaan dari berbagai sekolah dan rumah pintar di Semarang Selatan. Antara lain dari SD IT Bina Amal, SDN Pleburan 01, SDN Pleburan 03, SDN Lamper Tengah 02, SDN Lamper Kidul 01, SDN Lamper Kidul 02, SDN Lamper Lor, SD Kristen YSKI, SD IT Al-Firdaus, SDN Peterongan, SMP N 19 Semarang, Rumah Pintar Delima Sendangguwo, dan Rumah Pintar Sekar Kantil Tlogosari.


DIUNGGAH : Kartika Fajar Cahyani Dibaca : 2.613 kali
EDITOR : Dhoni Zustiyantoro

9 komentar pada “Puluhan Guru Ikuti Pelatihan Pengolahan Pustaka

  1. Kegiatan yang perlu diselenggarakan secara rutin untuk mendukung akreditasi sekolah, dimana perpustakaan termasuk salah satu komponen yang dinilai… Trimakasih pak Cip & Tim Humas Unnes atas muatan beritanya…

  2. Smoga bisa bermanfaat bagi pengembangan perpustakaan sekolah. Sukses buat pengabdian masyarakatnya…

  3. kegiatan yang saya tunggu, tunggu. ternyata sudah berlangsung. ketinggalan saya…. selamat mengikuti pelatihan….

  4. Pak Shohibul Annam… Oya to pak…? FYI, kegiatan tersebut selama ini diselenggarakan rutin sekitar Bulan Juli tiap tahunnya… Tetapi apabila diperlukan, kami siap membantu bapak sebagai narasumber dalam kegiatan/pelatihan sejenis dengan peserta bisa dikoordinir… Trimakasih.

  5. Guru-guru di Kab Semarang dikoordinir untuk bisa mengikuti diklat perpustakaan pola 200 jam sebagai kepala perpustakaan sekolah, kami siap menyelenggarakan sesuai standar nasional. Sertifikat yang diraih setara mengajar 12 jam

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *