PT Nyonya Meneer Gandeng Unnes Bikin Taman Jamu

Selasa, 23 Desember 2014 | 13:50 WIB


PT Nyonya Meneer Gandeng Unnes Bikin Taman Jamu
SIHONO/HUMAS

President Direktur PT Nyonya Meneer Dr Charler Saerang  menindaklanjuti kerjasama dengan Universitas Negeri Semarang (Unnes). Rombongan diterima Rektor Unnes Prof Fathur Rokhman bersama Kepala Biro Administras Akademik dan Kemahasiswaan Drs Heri Kismaryono MM, Kabag Kerjasama Supaat MPd, dan Pimpinan Unnes terkait, Selasa (23/12) di Embung Unnes Kampus Sekaran Gunungpati.

Dr Charler Saerang menyampaikan,   PT Nyonya Meneer akan membuat taman jamu di lahan kampus dengan menamam berbagai jenis tanaman  bahan jamu. Taman jamu  sekaligus sebagai tempat penelitian mahasiswa.

Selain membuat taman jamu, kata Dr Charler Saerang, juga merintis Guest Lecture, yakni pelatihan tentang konservasi selama 3 bulan untuk dosen Unnes. Join Research para profesor dari kedua belah pihak diharapkan dapat  melakukan penelitian dengan tema konservasi dan industri jamu.

PT Nyonya Meneer merekrut 10 mahasiswa Unnes untuk menjadi Duta Unnes untuk Nyonya Meneer. Duta Nyonya Meneer akan  diberikan pelatihan tentang Jamu di Taman Jamu Indonesia, Semarang. Nantinya untuk memberikan pengetahuan tentang jamu di lingkungan Unnes.

Diberikan juga bantuan penelitian mahasiswa, sebanyak 5 proposal penelitian skripsi mahasiswa dibiayai sebesar Rp 3 juta rupiah dengan tema industri jamu secara menyeluruh dari segala aspek (manajemen, teknik industri, komponen jamu, dan lainnya).

Rektor Prof Fathur Rokhman mengapresiasi usulan Presiden Direktur PT Nyonya Meneer, dengan mengimplementasikannya dalam waktu dekat.

“Saya sangat mendudung gagasan sangat bagus  dari Presiden Direktur PT Nyonya Meneer untuk kemajuan kampus konservasi tercinta ini,” kata Prof Fathur.

Diakhir pertemuan, dilanjutkan dengan meninjau lahan ‘Kebun Biologi’ yang  sebagian lahan itu rencananya  akan didesain menjadi Taman Jamu.


DIUNGGAH : Sihono Dibaca : 1.504 kali
EDITOR : Rahmat Petuguran

2 komentar pada “PT Nyonya Meneer Gandeng Unnes Bikin Taman Jamu

  1. Kami memberikan apresiasi sangan besar akan kerja sama, mohon taman jamu tersebut dapat ditanam di sepanjang pinggir jalan pinggir dalam kampus Unnes, kemudian diberikan Label mulai nama daerah tanaman, nama indonesia, nama ilmiah, dan kebermanfaatan bagi kesehatan. Fakultas MIPA dan Kesehtan Masyarakat dapat dilibtakan dalam kegiatan program ini. Suwun Bapak.

  2. Apabila kerjasama tersebut terealisasi, alangkah bahagianya apabila selanjutnya duta mahasiswa dan dosen yang terlibat tersebut dapat menjembadani masyarakat sekitarnya dalam penanaman tanaman obat dan sekaligus pengapul/perantara pemasaran bagi masyarakat sekitar untuk hasil tanaman obat tersebut, karena banyak lahan dan hasil tanaman obat dari masyarakat sekitar yang kesulitan pemasaran, contoh saya memiliki tanaman kunir putih yang dibilang cukup lumayan banyak namun kami tidak bisa memasarkan hasil tersebut.

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

X