Program Studi Ekonomi Pembangunan FE UNNES Kembali Raih Akreditasi A

Rabu, 23 September 2020 | 20:05 WIB


Program Studi Ekonomi Pembangunan FE UNNES Kembali Raih Akreditasi A

Kabar gembira datang dari Program Studi Ekonomi Pembangunan FE UNNES. Menjelang akhir tahun 2020 ini, Program Studi Ekonomi Pembangunan kembali mempertahankan predikat akreditasi A dari Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi (BAN-PT) setelah masa berlaku akreditasi berakhir pada Bulan September 2020 ini. Hal ini tertuang pada Keputusan BAN-PT No. 5799/SK/BAN-PT/Ak-PPJ/S/IX/2020 dan ditandatangani langsung oleh Direktur Dewan Eksekutif, Prof. T. Basaruddin. Hal ini membuktikan bahwa Program Studi Ekonomi Pembangunan sudah sangat baik dalam hal kinerja serta keterkaitan antara tujuan, masukan, proses dan luaran yang ada.

Akreditasi merupakan pengakuan yang dilakukan oleh badan mandiri di luar perguruan tinggi terhadap mutu dan kelayakan PT atau program studi dalam melaksanakan program pendidikan dan mutu lulusan yang dihasilkan. Saat ini mutu Program Studi menjadi hal yang sangat diperhitungkan karena sangat berpengaruh pada nilai jual ijazah lulusan saat digunakan untuk mencari kerja atau akan melanjutkan pendidikan ke jenjang lebih tinggi. Hasil akreditasi juga dapat digunakan sebagai bahan pertimbangan dalam usulan bantuan atau alokasi dana serta mendapat pengakuan dari badan atau instansi yang berkepentingan.

“Fakultas Ekonomi patut berbangga, pada tahun 2020 ini salah satu program studinya yaitu Ekonomi Pembangunan berhasil merah akreditasi A kembali. Tidak sampai di situ, Program Studi Ekonomi Pembangunan juga diharapkan akan mengajukan akreditasi di tingkat internasional, yaitu AQAS pada tahun 2022 agar bisa mencapai akreditasi Unggul” ujar Dekan FE, Drs. Heri Yanto, MBA., Ph.D

Program Studi Ekonomi Pembangunan merupakan salah satu prodi di Fakultas Ekonomi UNNES yang selalu berupaya untuk terus meningkatkan kualitas mutu dan sumber daya yang ada didalamnya. Terbukti pada tahun 2019 lalu, Program Studi Ekonomi Pembangunan juga menjadi salah satu dari 4 program studi yang berhasil meraih sertifikasi internasional ASEAN University Network Quality Assurance (AUN-QA). Di samping itu, Program Studi Ekonomi Pembangunan juga merupakan salah satu prodi terfavorit di UNNES, terbukti dari selalu masuknya Program Studi Ekonomi Pembangunan dalam peringkat 10 besar pada peminatan calon mahasiswa yang mendaftar di Universitas Negeri Semarang.

Menurut Ketua Jurusan Ekonomi Pembangunan, Fafurida SE., M.Sc, hasil akreditasi yang diperoleh ini sebagai cerminan kualitas mutu Program Studi Ekonomi Pembangunan yang sangat baik saat ini. Selain itu, adanya reakreditasi tersebut diharapkan mampu mendorong prodi untuk terus melakukan perbaikan dan mempertahankan mutu yang tinggi. “Adanya reakreditasi tersebut diharapkan mampu mendorong Program Studi Ekonomi Pembangunan untuk terus melakukan perbaikan dan mempertahankan mutu yang tinggi. Ke depan, Program Studi Ekonomi Pembangunan masih memiliki tanggung jawab untuk meraih dan mengkonversi akreditasi A yang diperoleh saat ini menjadi akreditasi unggul.” pungkas Fafurida.

 


DIUNGGAH : Muhamad Burhanudin
EDITOR : Muhamad Burhanudin

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

* Kode Akses Komentar:

* Tuliskan kode akses komentar diatas:

X