Program PPG Susun Sistem Fungsional

Selasa, 4 September 2012 | 16:21

Berita Terkait

Program Pendidikan Profesi Guru (PPG) Universitas Negeri Semarang (Unnes) menyusun sistem fungsional yang akan digunakan sebagai dasar pembuatan Sistem Akademik Terpadu (Sikadu) Program PPG.

“Program PPG Unnes ini mulai berdiri semenjak Oktober 2011, mempunyai empat program besar, yakni PPGT (Pendidikan Profesi Guru Terintegrasi), PPG dalam Jabatan, S1-KKT (Kependidikan dengan Kewenangan Tambahan), dan SM-3T (Sarjana Mendidik di daerah Terdepan,Terluar, dan Tertinggal),” kata Direktur Program PPG Abdurrahman MPd kepada unnes.ac.id Senin, (3/9) di ruang kerjanya.

Abdurrahman juga mengemukakan, tahun 2011 program PPG ini telah menyelenggarakan 10 program studi, yakni program studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD), Pendidikan Bahasa Jawa, Pendidikan Bahasa Inggris, Pendidikan Sosiologi dan Antropologi, Pendidikan Matematika, Pendidikan IPA, Pendidikan Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK), Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi (PJKR), Pendidikan Ekonomi Akuntansi, dan PGSD terintegrasi, katanya.

“Untuk menjadikan pengelolaan manajeman program PPG secara profesional, mulai saat ini kami menyusun sistem Fungsional demi tertibnya administrasi, dan tinggal klik maka data sudah tersusun secara akurat,” kata Abdurrahman.

Diunggah oleh :
Editor: Sucipto Hadi Purnomo

48 Komentar untuk “Program PPG Susun Sistem Fungsional”

  1. Eko Saja

    Selasa, 4 September 2012 | 19:26

    Maksudnya apa ya aku kok gak ngeh?

  2. meisye marthasari

    Rabu, 5 September 2012 | 12:47

    apakah masih dibuka pendaftran PPG? persyaratannya apa saja?

  3. samsudin

    Rabu, 5 September 2012 | 20:22

    Apa jurusan yang non pendidikan bisa ikut PPG..?

  4. walton

    Kamis, 6 September 2012 | 14:35

    Untuk kelanjutan KKT gimana pak??

  5. erick

    Sabtu, 8 September 2012 | 20:01

    maaf mau tanya.. saya masih bingung mslh PPG, sbnrnya program PPG tu yg spt apa jlasnya? katanya nanti untuk sertifikasi tidak PLPG lagi tapi dganti dg PPG.. nah tlng bsa jelaskan yg detail…?? nuwun..

  6. ABDURRAHMAN

    Senin, 10 September 2012 | 13:33

    Begini Mas Erick …. ada dua versi Pendidikan Profesi Guru (PPG), yaitu PPG Dalam jabatan (PPG Daljab) dan PPG Prajabatan (PPG Prajab). PPG Daljab pesertanya adalah mereka yang sudah menjadi guru dan belum mendapat kesempatan ikut program PLPG. Lama pendidikan untuk PPG Daljab untuk PGSD 6 bulan dan untuk program studi lainnya 1 tahun. Tahun 2011 Unnes telah menerima PPG Daljab prodi PGSD. Untuk tahun 2012 belum ada instruksi untuk membuka lagi baik prodi PGSD maupun prodi yang lain. PPG Prajab adalah PPG yang pesertanya telah selesai mengikuti SM3T selama satu tahun. SM3T adalah Sarjana Mendidik di daerah Tertinggal Terdepan, Terluar. Dengan demikian peserta PPG Prajab tahun 2013 adalah mereka yang pada tahun 2012 telah menjalankan SM3T. Sedangkan PPG Prajab tahun 2014 adalah mereka yang tahun ini mengikuti SM3T yang akan diberangkatkan tgl 8 Oktober dan berakhir tahun 2013 bulan Oktober. Jadi untuk mengikuti program PPG Prajab syaratnya harus mengikuti SM3T. Demikian Mas Erick jika butuh informasi tambahan bisa datang di kantor PPG gedung H lantai 2. Selanjutnya untuk program Kelebihan Kewenangan Tambahan (KKT), untuk sementara belum dibuka lagi. Peserta SM3T untuk sementara diambil dari prodi kependidikan.

  7. nelly

    Selasa, 11 September 2012 | 11:30

    kalo saya amati dari penjelasan2 sebelumnya, berarti mahasiswa lulusan pendidikan yg tidak ikut SM3T maupun yang belum menjadi guru, belum bisa mendaftar ke PPG ya? padahal saya pernah mendengar wacana kalau CPNS tahun berikutnya disyaratkan bagi yg punya sertifikat PPG.

  8. hendra

    Selasa, 11 September 2012 | 21:27

    saya guru matematika di SMP swasta, saya juga belum pernah ikut PLPG sebelumnya. saya ingin bertanya apakah saya bisa ikut PPG dalam jabatan?kalau bisa syaratnya apa saja?terimakasih

  9. nasrodin

    Kamis, 13 September 2012 | 07:24

    maaf pak, saya juga mau menanyakan pertanyaan dari bu nelly (komentar diatas), berati mahasiswa kependidikan yang belum ikut SM3T tidak bisa ikut PPG ya pak ? terimakasih mohon penjelasan….

  10. abdul

    Minggu, 16 September 2012 | 06:31

    Yth. Pak dulrahman..
    kami peserta PPG daljab Unnes 2011/2012. mohon info kapan penyerahan sertifikatnya/kelulusannya? mengingat, UNS DAN uksw YG STARTnya relatif dulu kita sudah yudisium… trims pak

  11. echaa

    Minggu, 7 Oktober 2012 | 18:20

    Ass .
    Pak ada PPG ekonomi akuntansii ga ?
    syaratnya appa ajja ?

  12. SUPRI

    Senin, 8 Oktober 2012 | 11:11

    KALO MAU IKUT dftar PPG prajab… tapi gak ikut SM3T apakah bisa pak trimakasih…

  13. iko

    Jumat, 12 Oktober 2012 | 09:10

    mohon maaf saya mau tanya kepada bapak/ibu,
    denger-denger untuk mengikuti tes CPNS tahun depan salah satu persyaratannya yaitu sertifikat PPG… saya jurusan Pendidikan Kepelatihan Olahraga, misalnya saya mau daftar PPG itu bagaimana? dan apakah betul berita yang saya dengar itu?… terimakasih

  14. adi

    Kamis, 18 Oktober 2012 | 12:49

    Yth. Pak dulrahman…..slmt siang………atas dasar apa PPG SM3t Pend Sejarah Kok dilaksanakan Di UNNES ?

  15. Dewi

    Jumat, 2 November 2012 | 11:42

    mohon maaf saya mau bertanya apakah untuk lulusan 2012 dari prodi murni bisa mendaftar ppg?

  16. fitr

    Minggu, 4 November 2012 | 18:46

    saya baru mengajar kurang lebih 3 tahun, apakah boleh ikut PPG dan jurusan saya pendidikan tata busana, mohon jawaban dan penjelasannya ya , terimakasih

  17. Gris

    Sabtu, 10 November 2012 | 16:32

    Mau tanya pak jadwal PPG tuk program SM3T kapan kepastianya.trima kasih.

  18. Ate Maskar

    Kamis, 22 November 2012 | 22:36

    Bisa atw tdak..bagi sarjana pendidikan untuk ikut PPG prajab d UNES,sdngkn sy blum penah ikut program SM3T..sdangkn wacana rekrutmen CPNS mendtng mngisyrtkn harus mmiliki srtifikat PPG..gmna,ap tidk bisa dibuka untk jlur non SM3T…?

  19. FRIDA

    Kamis, 29 November 2012 | 07:27

    mau tanya, kapan pembukaan SM3T tahun 2013?

  20. endang lovisia

    Selasa, 4 Desember 2012 | 13:21

    kapan PPG di setiap propinsi di buka? masalahnya saya tingal di sumatera selatan

  21. dedi supriadi

    Rabu, 5 Desember 2012 | 13:16

    Nau tanya tentang SM-3T untuk pesertanya dari sarjana non kependidikan ada kesempatan atau bagaimana…?

  22. EVA SUGIANA

    Minggu, 16 Desember 2012 | 06:56

    kapan PPG untuk guru SD diadakan tahun 2013 anati dan apa saja persyaratan bagi pendaftar umum( guru honorer)?

  23. innayah

    Minggu, 23 Desember 2012 | 09:50

    mau tanya kalau untuk yang setelah sarjana s1 pendidikan langsung mau ambil profesinya itu gmna apa saja persyaratanya?

  24. Anggra

    Jumat, 4 Januari 2013 | 18:43

    apa saja syarat untuk lulusan sarjana pendidikan S1 yang mo ikut PPG ? ? ?
    trima kasih

  25. ceacil

    Selasa, 8 Januari 2013 | 10:14

    saya GTT di SDN ,lulusan S1 PGSD , mohon dikirim ke email saya utk informasi pendaftaran PPG di wilayah jatim untuk th 2013/2014. terimakasih sebelumnya

  26. AKBAR

    Jumat, 18 Januari 2013 | 08:23

    sy S1 pend.sosiologi,apa tdk ada ppg yg dbuka umum tanpa mengikuti SM-3T,tp klo mank tuk dpt beasiswa ppg hrs ikut SM-3T,apa ada daerah kalimantan????trima kasih sblmnya

  27. Kabul Narimo

    Senin, 21 Januari 2013 | 01:56

    Maaf pak mau tanya,,Apa jurusan yang non pendidikan bisa ikut PPG..? jika bisa syaratnya apa saja??

  28. Meiltianus Nelvan

    Jumat, 25 Januari 2013 | 12:56

    Kapan pendaftaran ppg 2013 / 2014, dan apa persyaratannya.

  29. Lory

    Senin, 28 Januari 2013 | 11:05

    semoga jurusan geografi juga disertakan dalam program studi untuk PPG.
    thx

  30. febrianna sari

    Senin, 4 Maret 2013 | 17:59

    kapan pumbukaan SM-3T tahun 2013 dan persyaratannya ?

  31. Diah

    Rabu, 6 Maret 2013 | 08:36

    Pak untuk guru PNS, saya sudah mengajar selama 7 tahun apa masih harus mengikuti SM-3T atau langsung PPG? biaya pendidikan apa harus ditanggung sendiri apa dapat bantuan? makasih

  32. ayu zulhijriah

    Rabu, 27 Maret 2013 | 21:54

    kapan pendaftaran SM3T 2013/2014?

  33. ummu farah

    Minggu, 7 April 2013 | 01:45

    For all..untuk informasi jelas silahkan jelajah internet..smua pertanyaan diatas sdah ada jawabanx.

  34. Harcahyono Ady

    Rabu, 10 April 2013 | 14:10

    Asslamualikum pak< saya Guru GTT lulusan Pendidikan Ekonomi, jika saya mau ikut PPG pendidikan Ekonomi Tahun ajaran 2013/2014 bisa daftar dimana/ terimakasih atasa info nya

  35. ahmad hufron

    Senin, 6 Mei 2013 | 22:21

    Program PPG yang dari jurusan PKLO FIK Olahraga kok nggak dibuka, kapan dibukanya Min?
    Trus mau taya lagi, kalau habis lulus dari S1 olahraga itu masuknya nanti yang kriteria PPG yang apa? mohon infonya.
    terima kasih

  36. Renna

    Kamis, 22 Agustus 2013 | 16:40

    Mau tanya, kalau alumni program studi pendidikan akuntansi ikut PPGnya jurusan ekonomi, atau ada jurusan akuntansi tersendiri? Terimakasih

  37. munirah

    Sabtu, 14 September 2013 | 18:58

    saya GTT disalah satu SD Negeri di kec.Jaken Pati-jateng,saya lulusan PGSD 2012,tp sdh mengajar dari th 2009,apakah saya bisa ikut PPG dan gimana cara dan persyratan nya ?terima kasih sebelumnya!

  38. kusmiyati

    Kamis, 26 September 2013 | 19:25

    saya GTT di salah satu SD Negeri saya mengabdi sejak 2007….dan saya sudah S1 ..saya ingin penjelasan tentang PPG

  39. andi

    Jumat, 4 Oktober 2013 | 18:24

    Saya pns di brebes,guru penjas sd.tmt 2008.kpn ada pendaftaran ppg penjas?syarat2 nya apa saja???terima kasih….

  40. lisa

    Jumat, 11 Oktober 2013 | 15:55

    mohon dijelaskan

  41. wida

    Senin, 11 November 2013 | 11:50

    apakah pendaftaran PPG prajabatan hanya ada di unnes saja?adakah di UNY?

  42. ade

    Jumat, 27 Desember 2013 | 12:36

    saya ade mulai feb 26 2014 saya akn mlaksanakn kuliah ppg di unnes. klo blh saya tahu kehidupan di,semarang spti apa. tks

  43. nuzulia

    Rabu, 29 Januari 2014 | 17:48

    pak saya mau tanya.. untuk program s1 kkt,, apakah masih diadakan untuk tahun 2014

  44. farkha

    Kamis, 30 Januari 2014 | 19:40

    maaf, mohon info ttg PPG th 2014, syarat, ketentuan, dan biaya.
    trims

  45. ratna p.

    Jumat, 4 April 2014 | 08:18

    nuwun sewu,mohon info terkait PPG 2014, persyaratan, cara mendaftar, nuwun.

  46. ratna p.

    Jumat, 4 April 2014 | 08:40

    Bagaimana cara mendaftar SM3T, bapak? nuwun

  47. nani

    Jumat, 4 April 2014 | 10:41

    asslm. . .
    pak saya mau tanya, saya kn lulusan D3 akuntansi, apakah bisa melanjutkan kuliah ppg di unnes agar saya bisa menjadi guru akuntansi ? mohon penjelasannya . . terimakasih

  48. Lya

    Selasa, 8 April 2014 | 14:56

    Asslm..
    Saya lulusan S1 Sosiologi,,apa saya bisa melanjutkan PPG untuk bisa menjadi guru sosiologi??
    Karna setelah saya browsing,,hanya Unnes yg menyediakan program PPG untuk Sosiologi..
    Mohon penjelasannya,,terimkasih..