Outbond Buat Kemandirian dan Kerjasama Tim

Rabu, 21 Agustus 2013 | 14:44 WIB


Outbond Buat Kemandirian dan Kerjasama Tim
SIHONO/HUMAS

Peserta outbound berusaha memasukkan pencil ke dalam botol di halaman parkir belakang auditorium kampus Sekaran.

Wajah-wajah ceria tampak pada mahasiswa baru peserta program pengenalan akademik (PPA) Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA) Universitas Negeri Semarang (Unnes) saat mengikuti kegiatan di hari ketiga di kampus Sekaran.

Maklum, mahasiswa itu baru mengikuti kegiatan outbond yang dijadwalkan para kakak seniornya diantaranya the ring of fire, don’t let me down, ciduk bocor, pencil balance, dan karet glepung.

Pada outbond pencil balance misalnya yakni memasukkan pencil ke dalam botol dengan cara pencil diikat dengan beberapa tali, kemudian tali tersebut diikatkan pada pinggang peserta membentuk suatu lingkaran dengan mata ditutup dan membelakangi botol. Supaya pencil bisa masuk botol peserta harus menuruti aba-aba atau perintah instruktur/pemimpin tim.

Arif Mu’amar ketua PPA FMIPA mengatakan, pada outbond pencil balance, peserta dibutuhkan saling kerjasama yang kuat, patuh atau menuruti aba-aba dari pemimpin, dan juga kekompakkan anggota.

“Artinya, diharapkan mahasiswa dalam memimpin suatu organisasi atau ditunjuk sebagai ketua pada kegiatan bisa membuat anggota kompak, saling kerjasama, dan saling mendukung,” kata Arif Mu’amar.

Arif Mu’amar menambahkan PPA hari ketiga di FMIPA ini di isi dengan PPA fun-day yakni outbond, cipta karya kreasi, PPA GT, membuat surat untuk orang tua yang nantinya akan dikirim ke orang tua masing-masing, dan training ESQ.


DIUNGGAH : Sihono Dibaca : 1.692 kali
EDITOR : Sucipto Hadi Purnomo

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

X