Program Pascasarjana Unnes Gelar Kuliah Umum

Senin, 17 September 2012 | 11:30 WIB


Program Pascasarjana Unnes Gelar Kuliah Umum
AGESTIA PUTRI NUSANTARI/HUMAS

Sebanyak 1.072 mahasiswa baru yang terdiri atas mahasiswa S2 dan S3 mengikuti kuliah umum, Sabtu (15/9) Program Pascasarjana (PPs) Universitas Negeri Semarang (Unnes) di auditorium kampus Unnes, Sekaran Gunungpati.

Acara yang mengusung tema “Membumikan Nilai-nilai Konservasi dalam Pendidikan Karakter melalui Profesionalisasi Pendidik dan Tenaga Kependidikan” itu menghadirkan narasumber Dr Ir Illah Sailah MSc, Direktur Pembelajaran dan Pengembangan Ditjen Dikti dan Prof Dr Komaruddin Hidayat MA, Rektor UIN Syarif Hidayatullah Jakarta.

Sebelumnya, mahasiswa baru PPs Unnes telah mengikuti orientasi pada program studi masing-masing. Hal itu diungkapkan oleh Direktur Program Pascasarjana Unnes, Prof Dr Samsudi MPd.

Dalam kesempatan yang sama, Prof Samsudi juga menyampaikan bahwa kuliah umum ini bertujuan untuk membuka cakrawala keilmuan bagi mahasiswa S2 dan S3 sebagai masyarakat ilmiah supaya memiliki keunggulan dalam pendidikan karakter dan konservasi.

Video Motivasi

Illah Sailah menyampaikan materi “Pendidikan Karekter bagi Calon Pendidik dan Tenaga Kependidikan”. Diaa memutarkan video yang menjadi contoh motivasi untuk terus berkembang dan belajar. “Kekuatannya adalah mimpi,” tuturnya.

Senada dengan Illah, Prof Komaruddin juga menitiberatkan materi pada pendidikan karakter. Prof Komaruddin menilai sekarang sistem pendidikan berorientasi pada hasil saja, padahal proseslah yang sangat penting dalam mendidik karakter seseorang. “Salahnya, sekarang sistem seperti tak memedulikan proses, yang penting nilai bagus dan lulus,” tandasnya sambil menampilkan slide mengenai karakter manusia.

Rektor Unnes Prof Sudijono Sastroatmodjo secara resmi menerima mahasiswa baru PPs Unnes. Dalam kesempatan itu, Rektor mengungkapkan, jumlah peminat PPs tahun ini meningkat dari tahun sebelumnya.

Disebutkan pula, Unnes sedang mengusulkan empat prodi baru jenjang S3 yang masih dalam proses di Ditjen Dikti. “Program studi tersebut yakni Bimbingan Konseling, Matematika, Ilmu Pengetahuan Alam (IPA), dan Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS),” ujarnya.


DIUNGGAH : Agestia Putri Nusantari Dibaca : 1.872 kali
EDITOR : Sucipto Hadi Purnomo

2 komentar pada “Program Pascasarjana Unnes Gelar Kuliah Umum

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

X