Sarjana Unggul Bisa Langsung Ambil Doktor

Jumat, 2 November 2012 | 9:45 WIB


Sarjana Unggul Bisa Langsung Ambil Doktor
SIHONO/HUMAS

Untuk menjadi doktor, kini tak harus melalui program magister (S2). Lewat Program Percepatan Pendidikan Doktor melalui Sarjana Unggul, Universitas Negeri Semarang (Unnes) telah mendapatkan mandat dan siap membuka program baru tersebut.

Di Unnes, ketiga program studi yang berhak membuka program itu adalah Pendidikan Olahraga, Pendidikan Bahasa Inggris, dan Pendidikan Seni. Itu setelah Direktorat Pengembangan Pendidik dan Tenaga Kependidikan Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi (Ditjen Dikti) Kemdikbud mengevaluasi usulan, pekan lalu. Di samping Unnes, 13 perguruan tinggi lainnya berhak untuk membuka program tersebut.

Kepada unnes.ac.id, Direktur Pascasarjana Unnes Prof Samsudi mengemukakan, evaluasi meliputi kelayakan promotor/tim pembimbing, kejelasan roadmap riset, manajemen program percepatan, indikator kinerja, dan jejaring dengan PT/lembaga lain.

Berdasarkan hasil evaluasi, Unnes berada pada urutan ketiga grup I dengan skor di atas 500. Urutan pertama  ITB, kedua IPB, sedangkan keempat dan kelima masing-masing UGM dan UI.

Dengan evaluasi itu, Unnes direkomendasikan untuk didanai Dikti dalam melaksanakan program tersebut dengan promotor maksimal 10  orang yang masing-masing membimbing tiga mahasiswa. Program tersebut meliputi 3 program studi yakni Pendidikan Olahraga, Pendidikan Bahasa Inggris, dan Pendidikan Seni.

Adapun grup II dengan skor 350-500 diizinkan untuk mengusulkan maksimal lima promotor dan untuk grup II yang terdiri atas Unand, ITS, Unhas, UM, dan UNM. Adapun skor di bawah 350 yang terdiri atas Unnesa, UB, Unair, dan UNS  diizinkan mengusulkan maksimal dua  promotor.

 


DIUNGGAH : Agestia Putri Nusantari Dibaca : 3.771 kali
EDITOR : Sucipto Hadi Purnomo

10 komentar pada “Sarjana Unggul Bisa Langsung Ambil Doktor

  1. Salam hormat, untuk menemukan informasi di kampus lainnya tentang beasiswa program doktor sarjana unggul gmana ya pak/bu?terimakasih

  2. sebuah pencapaian yang sangat luar biasa, “awesome to Unnes”… walaupun sudah tidak memiliki kesempatan ikut dikarenakan sudah terdaftar sebagai mahasiswa S2 pendidikan olahraga, namun saya akan selalu mengingatkan adik-adik siapapun yang dapat kesempatan ini agar selalu berjuang… ^_^

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

X