Prof Suci: Menulis Artikel Ilmiah Sebaiknya Sesuai Perkembangan Global

Rabu, 18 Mei 2016 | 9:52 WIB


Prof Suci: Menulis Artikel Ilmiah Sebaiknya Sesuai Perkembangan Global
HUMAS/DOK

Ada beberapa kiat utama saat menulis artikel ilmiah diantaranya selalu memperbarui informasi mengenai topik yang diteliti. Dengan mencari informasi terbaru itu pikiran akan lebih terbuka terhadap perkembangan serta urgensi penelitian global.

Ketua Manuskrip Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat (LP2M) Universitas Negeri Semarang (Unnes) Prof Dr Sucihatiningsih Dian Wisika Prajanti MSi menyampaikan itu saat mendampingi penulisan artikel ilmiah kepada puluhan dosen Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) Unnes di Hotel Grasia baru-baru ini.

Selain itu, kata Prof Suci, peneliti juga harus memperhatikan orisinalitas tulisan. Apabila mengutip hasil penelitian, harus jujur dengan menulis sumber tulisan itu. Hal ini untuk menghindari plagiarisme dan autoplagiasi yang berakibat pada menipu dari dan untuk diri kita sendiri.

Kemudian, ketika tulisan kita mendapat masukan dari pembaca, ada dua kiat untuk menanggapinya pertama, menerima tanpa atau dengan revisi minor dan segera melakukan perbaikan (All Green Lights), kedua, menanggapi kritik dengan mempelajari pertanyaan dan kritik itu (Major Revision).

Jika diperlukan melakukan penelitian kembali dan revisi naskah sesuai kritik apabila kritik tersebut dianggap benar. Sanggahan yang disampaikan dengan sopan juga diperlukan apabila kritik dianggap belum benar.


DIUNGGAH : Rahmat Petuguran Dibaca : 1.263 kali
EDITOR : Rahmat Petuguran

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *