Prof Rasdi Ekosiswoyo: Sosok Guru Ideal

Senin, 27 November 2017 | 13:28 WIB


Prof Rasdi Ekosiswoyo: Sosok Guru Ideal

Menjadi guru ideal harus memiliki empat hal yakni mempunyai barang, bisa membikin perencanaan, hebat mengajar, dan bijak dalam menimbang (evaluasi).

Prof Dr Rasdi Ekosiswoyo MSc Rektor ke-4 Universitas Negeri Semarang (UNNES) menyampaikan itu saat menjadi pembicara pada Sarasehan Pendidikan dalam rangka Hari Guru, Senin (27/11) di Dekanat Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) kampus UNNES Sekaran Gunungpati.

Kegiatan dengan tema Sosok Guru Ideal dan Strategi Penyiapannya yang diselenggarakan oleh FIP UNNES diikuti puluhan mahasiswa, dosen, guru, dan pemerhati pendidikan.

Prof Rasdi menjelaskan, menjadi guru ideal harus mempunyai barang artinya, seorang guru harus mempunyai keahlian dibidangnya misalnya guru matematikan, guru kimia, guru fisika.

Kemidian, bisa membikin perencanaan, artinya seorang guru sebelum mengajar harus membuat rencana program pembelajaran. Seorang guru mengajar muridnya tanpa perencanaan bisa menjadi salah satu faktor kesalahan dalam mengajar.

kita semua disebut guru karena punya murid, oleh sebab itu seorang guru harus menyayangi muridnya jangan pilih kasih. Guru yang pilih kasih kepada muridnya namanya guru yang baik. Maka jadilah guru yang cakep sehingga disayangi muridnya.

H Widadi SH Ketua PGRI Jawa Tengah (Jateng) menyampaikan, guru ideal itu ibarat teori “Cermin dan Jendela”. Jika guru mengajar kelasnya gaduh lihatlah cermin, mengapa saat mengajar kok kelasnya menjadi gaduh. Sedangkan ketika guru mengajar sukses bukalah jendela terlihat indahnya alam semesta. Kedua benda tersebut memiliki makna tersendiri sebagai solusi mengajar yang luar biasa.

Hadir pembicara lainnya Drs Gatot Bambang H MPd Kepala Dinas Pendidikan Jateng, dan Mampuono Tomoredjo MPd Sekjen Ikatan Guru Indonesia (IGI) Jateng.


DIUNGGAH : Sihono Dibaca : 266 kali
EDITOR : Setyo Yuwono

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

X