Produk Inovasi UNNES Tampil Di PPI Jawa Tengah

Sabtu, 16 September 2017 | 9:32 WIB


Produk Inovasi UNNES Tampil Di PPI Jawa Tengah
DOC/HUMAS

Direktur Sistem Inovasi Dr Ir Ophirtus Sumule DEA meninjau Stand LP2M UNNES DI GOR Jetayu Kota Pekalongan (15/9)

Pameran Produk Inovasi (PPI) merupakan agenda rutin yang diselenggarakan setiap tahun oleh Provinsi Jawa Tengah. Tahun ini PPI diselenggarakan di GOR Jetayu Kota Pekalongan berlangsung 15-17 Sepetember 2017.

Kegiatan ini sekaligus untuk memeriahkan hari Kebangkitan Teknologi Nasional ke-22. Tema PPI tahun 2017 ” Inovasi IPTEK untuk daya saing bangsa, Ayo Inovasi, Kita Kreatif, Kita Mandiri”. Peserta kegiatan PPI adalah Kementerisn/Badan, OPD Provinsi Jawa Tengah, 35 Kabupaten/Kota se-Jawa Tengah, BUMN, BUMD, Perguruan Tinggi, SMK, SMA, Swasta Nasional dan UKM Mandiri.

Berbagai produk teknologi inovasi karya dosen Universitas Negeri Semarang (UNNES) ikut tampil dalam PPI. Produk tersebut adalah hasil berbagai program penelitian dan pengabdian kepada masyarakat yang didanai Kemenristekdikti, yaitu Program Klaster Inovasi Teknologi, CPPBT (Calon Perusahaan Pemula Berbasis Teknologi), dan PPBT-PT (Perusahaan Pemula Berbasis Teknologi-Perguruan Tinggi).

Stand LP2M UNNES banyak menarik minat para pengunjung PPI karena menampilkan berbagai produk inovatif yang bermanfaat bagi masyarakat. Produk tersebut antara lain Mobil Desa, teknologi vacuum frying, mesin kristalisasi serbuk instan, low temperature high pressure cooker, perangkat lunak Gravsys, nano ekstract kopi hijau (Green Coffee), Hydroseeding dan taman pracetak hijau, bumbu racik herbal, degrasept pengurai limbah, dan berbagai software aplikasi untuk perusahaan (E-Company, sim-accounting, sim-kasir, E-file).

Bagi UNNES, tujuan mengikuti pameran ini antara lain: mengenalkan inovasi teknologi yang dilakukan perguruan tinggi kepada pengguna atau masyarakat masyarakat luas, menciptakan peluang usaha atau peluang kerja dengan memanfaatkan karya atau inovasi teknologi, dan memberikan informasi dan motivasi kepada generasi muda dan masyarakat untuk senantiasa berkarya demi kemajuan bangsa.

Partisipasi dalam kegiatan ini secara langsung atau tidak langsung juga merupakan sarana promosi yang efektif bagi UNNES. Melalui berbagai produk inovasi teknologi yang dipamerkan, diharapkan dapat meingkatkan reputasi UNNES karena mampu menciptakan berbagai produk riset yang bermanfaat nyata bagi masyarakat dan sejalan dengan program hiliriasi dan komersialisasi teknologi.


DIUNGGAH : Setyo Yuwono Dibaca : 290 kali
EDITOR : Setyo Yuwono

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

X