Pramuka Bekali Mahasiswa Hadapi Masa Depan

Kamis, 22 Agustus 2013 | 22:18 WIB


Pramuka Bekali Mahasiswa Hadapi Masa Depan
SIHONO/HUMAS

Gerakan Pramuka memiliki sejarah panjang. Rentang waktu yang lama itu membuktikan bahwa pramuka punya peran signifikan dalam pembentukan karakter. Bagi mahasiswa, pramuka diharap jadi bekal yang berguna dalam proses meniti masa depan.

Demikian, antara lain, diungkapkan Pembantu Rektor Bidang Kemahasiswaan Unnes Prof Dr Masrukhi MPd kepada peserta Orientasi Kepramukaan Perguruan Tinggi (OKPT), Kamis (22/8). Prof Masrukhi berlaku sebagai Ketua Majelis Pembimbing Gugus Depan (Kamabigus) bicara di hadapan 6.975 mahasiswa baru Unnes yang hadir.

“Kalian semua yang memasuki dunia pendidikan tinggi saat ini adalah kader bangsa yang dalam waktu sekian puluh tahun mendatang itu insya Allah akan menjadi pemimpin bangsa Indonesia yang handal,” katanya.

Untuk mempersiapkan masa depan itu, kata Prof Masrukhi, mahasiswa perlu menyiapkan diri. Pramuka dapat membekali mahasiswa karena kepramukaan dapat menumbuhkan rasa nasionalisme, patriotisme, tanggung jawab, kejujuran, keadilan, dan kepedulian terhadap sesama manusia.

“Nilai-nilai ini sangat penting untuk kalian terus tumbuhkembangkan dalam dada kalian karena kita menyadari betul bahwa kehidupan semakin ke depan itu semakin banyak tantangannya,” lanjutnya.

Menurutnya, tantangan generasi muda sekarang ini lebih berat. Pasalnya, zaman terus berubah. Terjadi semacam adu kekuatan antara satu sistem kebudayaan satu dengan sistem kebudayaan lain.

“Kita warga negara Indonesia memilki budaya yang sumbernya adalah falsafah hidup bangsa yaitu pancasila. Akan tetapi budaya yang bersumberkan nilai-nilai Pancasila itu pasti akan diintai, diintervensi oleh budaya bangsa-bangsa lain yang bertentangan,” katanya.

OKPT mahasiswa baru Unnes dijadwalkan berlangsung hingga Jumat (23/8) esok.

 


DIUNGGAH : Sihono Dibaca : 1.689 kali
EDITOR : Sucipto Hadi Purnomo

satu komentar pada “Pramuka Bekali Mahasiswa Hadapi Masa Depan

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

X