PPs Unnes Jadi Acuan S2 Kepengawasan Sekolah

Minggu, 5 Mei 2013 | 12:40 WIB


PPs Unnes Jadi Acuan S2 Kepengawasan Sekolah
HUMAS/DOK

Program Pascasarjana Universitas Negeri Semarang (PPs Unnes) dapat menjadi acuan yang baik dalam penyelenggaraan Program Beasiswa S2 Kepengawasan Sekolah Menengah dari Direktorat P2TK Dikmen Kemdikbud.

Hal itu diungkapkan Direktur P2TK Dikmen Kemdikbud Surya Dharma PhD, dalam “Sinkronisasi dan Koordinasi dengan Penerima Beasiswa S2 Aktif Bagi Pengawas/Calon Pengawas Sekolah”, di Hotel Kaisar Jakarta, Jumat (3/5).

Menurutnya, Unnes mampu mengelola dana dengan baik sehingga banyak program bermutu yang dilaksanakan. Bahkan baru-baru ini, mahasiswa PPs Unnes melakukan studi ke National Institut of Education International (NIEI) Nanyang Technological University (NTU) Singapura.

“Saya berharap hal itu dapat ditiru tiga LPTK (Lembaga Pendidik Tenaga kependidikan-Red) lain agar mahasiswa mendapatkan pengalaman internasional,” ujar Surya, di hadapan ratusan mahasiswa S2 peraih beasiswa kepengawasan sekolah se-Indonesia.

Selain Unnes, penyelenggara program beasiswa S2 Kepengawasan Sekolah Menengah juga dilaksanakan di Universitas Negeri Jakarta (UNJ), Universitas Negeri medan (Unimed), dan Universitas Negeri Makassar (UNM).

Menjawab tantangan

Surya berharap para mahasiswa penerima beasiswa mampu meningkatkan kompetensi kepengawasan agar mampu menghadapi tantangan zaman. “Anda semua harus dua langkah lebih maju dibanding guru dan kepala sekolah. Anda juga harus mampu mengatasi disparitas kompetensi guru dan kepala sekolah di daerah,” harapnya.

Selain sinkronisasi dan koordinasi, para peserta juga diberikan materi mengenai penulisan Best Practice, Pengembangan Kurikulum 2013, penulisan ilmiah populer di media massa, serta materi kebijakan kepengawasan.

Salah satu peserta Asep Indrayana mengatakan, adanya kegiatan ini menjadi ajang sharing antar -mahasiswa penerima beasiswa dari LPTK lain. “Kita menjadi tahu tentang mekanisme perkuliahan di kampus lain dan sepertinya Unnes memang memiliki banyak kelebihan yang tidak dimiliki kampus lain,” ujar Asep.

Tahun ini, pendaftaran Beasiswa S2 Kepengawasan Sekolah dibuka kembali. Unnes  medapat kuota sebanyak 25 mahasiswa. Informasi lengkap dapat dibuka di laman http://p2tkdikmen.kemdiknas.go.id/ atau http://kemdikbud.go.id/kemdikbud/pengumuman/1283.

Heni Purwono, mahasiswa PPs Unnes


DIUNGGAH : Dhoni Zustiyantoro Dibaca : 1.647 kali
EDITOR : Dhoni Zustiyantoro

satu komentar pada “PPs Unnes Jadi Acuan S2 Kepengawasan Sekolah

  1. Selain Unnes yang hebat, mahasiswa Program Kepengawasan di Unnes juga luar biasa, contohnya Mas Heni Purwono, lama saya tidak membaca tulisan Mas Heni di surat kabar ya?

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

X