PPs Unnes Gelar Seminar Metode Penelitian

Selasa, 3 Mei 2016 | 14:46 WIB


PPs Unnes Gelar Seminar Metode Penelitian
HUMAS/ LINTANG HAKIM

Pascasarjana (PPs) Universitas Negeri Semarang (Unnes) menyelenggarakan Pelatihan Metode Penelitian Pengembangan (R&D) dan Analis Statiska di kampus Bendan Ngisor, Selasa (3-4/5). Kegiatan ini menghadirkan Prof Dr Sugiyono MPd dan Prof Hj Suwarsih Madya PhD dari Universitas Negeri Yogyakarta (UNY).

Pelatihan ini diikuti sekitar 100 mahasiswa serta dosen dari Unnes dan berbagai universitas seperti UPGRIS, UNY, Unisula, UTP Surakarta, PGSD Tegal, UAD, dan Universitas TIDAR Magelang.

Sugiyono MPd selaku pembicara mengatakan, pentingnya fungsi penelitian adalah menguji, mengembangkan, dan memproduksi suatu produk. Metode Research and Development (R&D) ialah membuat rancangan produk, menguji dan mengembangkan produk yang telah ada, dan menciptakan produk baru.

“Akhir-akhir ini, produk hasil riset masih kurang membumi, oleh karena itu setiap produk perlu diteliti secara detil termasuk efisiensi setiap produk tersebut,” imbuhnya.

Ia juga menjelaskan, saat menulis tesis atau disertasi, penulis perlu memahami buku panduan menulis, metode penelitian, serta bidang yang diteliti.

Selain itu, Dr Yeri Sutopo selaku ketua panitia menyampaikan, kegiatan ini dilaksanakan berdasar adanya kesenjangan fundamental dan terapan. Untuk itu metode R&D akan menjembatani hal tersebut.


DIUNGGAH : Lintang Hakim Dibaca : 642 kali
EDITOR : Lintang Hakim

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *