4.832 Mahasiswa Unnes Praktik Mengajar

Senin, 4 Agustus 2014 | 11:55 WIB


4.832 Mahasiswa Unnes Praktik Mengajar
HUMAS/ LINTANG HAKIM

Sebanyak 4.832 mahasiswa Universitas Negeri Semarang (Unnes) akan mengikuti Praktik Pengalaman Lapangan (PPL) ke sekolah praktikan. Mereka akan mengajar selama 3 bulan, mulai Senin (4/8) hingga Jumat (31/10) di 13 kabupaten/kota di Jawa Tengah dan Jawa Timur.

Rektor Unnes Prof Dr Fathur Rokhman MHum, menjelaskan, mahasiswa akan ditempatkan di 293 sekolah, mulai dari tingkat PAUD, SD, SMP, hingga SMA. Selama praktik mengajar, mereka didampingi 2.400 guru pamong dan 293 dosen koordinator.

Tiga belas kabupaten/kota tersebut meliputi Surabaya, Kota Semarang, Kabupaten Semarang, Magelang, Salatiga, Demak, Pekalongan, Batang, Kendal, Jepara, Tegal, dan Purworejo. Selain itu, Unnes juga menerjunkan 14 mahasiswa PPL ke Malaysia bekerjasama dengan Universitas Pendidikan Sultan Idris (UPSI).

Prof Fathur Rokhman mengatakan, mahasiswa PPL merupakan calon guru profesional. Sebagai calon guru profesional harus memegang empat kompetensi yakni kompetensi pedagogik, profesional, sosial, dan kepribadian.

“Keempat kompetensi itu harus menyatu dalam bentuk sikap dan ucapan. Ketika salah satu kompetensi itu kurang maka tidak bisa guru itu disebut sebagai guru profesional,” kata Prof Fathur.

Untuk itu, kata Prof Fathur Unnes selalu mendorong mahasiswa supaya unggul, bersemangat terus menerus jangan loyo.
“Kalian merupakan duta Unnes kibarkan panji-panji konservasi dimana bumi kamu berpijak bendera Unnes harus dijunjung tinggi dan ajaklah guru serta murid untuk ciptakan sekolah tempat PPL lebih hijau lagi,” ajak Prof Fathur kepada mahasiswa PPL.

Kepala Pusat Pengembangan PPL, Masugino MPd di sela-sela penerjunan mengatakan para mahasiswa akan mengajar di sekolah-sekolah yang sudah menggunakan Kurikulum 2013. Mereka siap mengimplemplementasikannya karena sudah dibekali dan diarahkan untuk menggunakan metode belajar sesuai Kurikulum 2013 mulai dari menyusun rencana pelaksanaan pembelajaran (RPP) yang memuat materi, model, media pembelajaran, dan instrumen evaluasi. Selain itu juga, saat peer teaching dan pembekalan di tingkat universitas juga sudah diarahkan ke situ.

Dany Buyung Yudha Prasetya salah satu mahasiswa PPL dari program studi (prodi) Bahasa Jepang mengatakan dirinya siap mengajar di SMA 4 Semarang serta mengimplementasikan Kurikulum 2013. Jika ditemukan kendala, kata Dany, dosennya siap membantu.


DIUNGGAH : Sihono Dibaca : 2.120 kali
EDITOR : Rahmat Petuguran

8 komentar pada “4.832 Mahasiswa Unnes Praktik Mengajar

  1. “Orang yang bisa membuat semua hal yang sulit menjadi mudah dipahami, yang rumit menjadi mudah dimengerti, atau atau yang sukar menjadi mudah dilakukan, itulah pendidik yang sejati”. Manfaatkan lah waktu PPL saudara dengan sebaik-baiknya, jadilah guru sejati yang memiliki jiwa ikhlas dalam mendidik. Selamat belajar mengajar, terima kasih Prof Fathur Rokhman atas pengarahannya. Salam konservasi.

  2. Selamat menjalankan tugas semoga Allah SWT meridhoi kita semua…Sebuah negara tidak akan tumbuh besar, jika Guru di negara tersebut tidak tumbuh besar. Sebuah negara tidak akan sejahtera, jika guru mereka tidak sejahtra. Kehebatan sebuah engara tergantung kehebatan guru mereka.

  3. “Orang yang bisa membuat semua hal yang sulit menjadi mudah dipahami, yang rumit menjadi mudah dimengerti, atau atau yang sukar menjadi mudah dilakukan, itulah pendidik yang sejati”. Manfaatkan lah waktu PPL saudara dengan sebaik-baiknya, jadilah guru sejati yang memiliki jiwa ikhlas dalam mendidik. Selamat belajar mengajar, terima kasih Prof Fathur Rokhman atas pengarahannya. Salam konservasi.

  4. “Orang yang bisa membuat semua hal yang sulit menjadi mudah dipahami, yang rumit menjadi mudah dimengerti, atau atau yang sukar menjadi mudah dilakukan, itulah pendidik yang sejati”. Manfaatkan lah waktu PPL saudara dengan sebaik-baiknya, jadilah guru sejati yang memiliki jiwa ikhlas dalam mendidik. Selamat belajar mengajar. Salam konservasi.

  5. … mahasiswa akan ditempatkan di 293 sekolah, mulai dari tingkat PAUD, SD, SMP, hingga SMA. Selama praktik mengajar, mereka didampingi 2.200 dosen pembimbing, 2.400 guru pamong, dan 293 dosen koordinator.
    Dosen pembimbingnya banyak sekali… 2.200 orang? Mungkin perlu dijelaskan, melibatkan dosen dari PT mana saja…, atau dicek ulang. Tks.

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

X