Racana Wijaya Selenggarakan Pola Pembinaan Pramuka

Racana Wijaya Selenggarakan Pola Pembinaan Pramuka
AGESTIA PUTRI NUSANTARI/HUMAS

Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) Pramuka Racana Wijaya Universitas Negeri Semarang (Unnes) menyelenggarakan Pola Pembinaan Pramuka, Minggu (11/11) di kampus Sekaran. Kegiatan yang didahului perayaan ulang tahun Racana Wijaya Unnes tersebut dibuka oleh Pembantu Rektor Bidang Kemahasiswaan Prof Masrukhi, di halaman Auditorium Unnes, Sabtu (10/11) malam.

Pola pembinaan merupakan salah satu kegiatan wajib bagi mahasiswa Unnes yang ingin menjadi anggota Racana Wijaya  selain mengikuti Orientasi Kepramukaan Perguruan Tinggi (OKPT) yang telah dilaksanakan 31 Agustus 2012. Mereka juga diwajibkan mengikuti Penerimaan Tamu Rancana (PTR) di fakultas masing-masing.

Dalam kegiatan ini, calon anggota Racana Wijaya Unnes dibekali materi mengenai penaksiran tinggi dan lebar, pemetaan, pertolongan pertama, dan morse semafur. Ketertarikan peserta tampak saat mereka mempraktikkan materi yang mereka dapat.

“Pada situasi lapangan yang terik, mereka tetap asyik mengukur tinggi tiang bendera di lapangan rektorat Unnes,” kata Adi Darmawan, salah satu pemateri dalam kegiatan tersebut.

Tak banyak kendala yang dihadapi pada kegiatan ini, karena sudah mengalami perbaikan dari tahun-tahun sebelumnya.

“Tahun ini jadwal kegiatan lebih tertata rapi, hanya saja seleksi alam selalu menentukan siapa yang bertahan dan benar-benar berniat menjadi anggota Racana Wijaya Unnes,” kata Ketua Panitia, Amin Wasono, menanggapi jumlah peserta yang berkurang dari pendaftar awal yakni 300 peserta.

Kegiatan ini tidak hanya diikuti oleh mahasiswa baru, tetapi juga semua mahasiswa lain yang ingin menjadi anggota Racana Wijaya Unnes namun belum tuntas mengikuti kegiatan sebagai syarat menjadi anggota.

Tinggalkan Balasan