PKM Unnes Raih Rp 4,3 Miliar Dana Dikti

Jumat, 2 Maret 2012 | 15:34 WIB


PKM Unnes Raih Rp 4,3 Miliar Dana Dikti
curcolkesmas.wordpress.com

Ilustrasi

Program Kreatifitas Mahasiswa (PKM) Universitas Negeri Semarang (Unnes) setelah melalui proses seleksi Tim Pakar Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi (Dikti)  654 PKM  berhasil meraih dana hibah DP2M Dikti sebesar Rp 4.352.115.388.

Pembantu Rektor Bidang Kemahasiswaan (PR III) Prof Masrukhi mengatakan “654 PKM ini meliputi PKM Kewirausahaan (PKMK) sebanyak 292 proposal, PKM Pengabdian kepada Masyarakat (PKMM) 216 proposal, PKM Penelitian (PKMP) 114 proposal, PKM Penerapan Teknologi (PKMT) 19 proposal, dan PKM Karsa Cipta (PKMKC) sebanyak 13 proposal”.

“Angka ini merupakan terbesar perguruan tinggi seluruh Indonesia. Unnes menduduki peringkat pertama, disusul Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS) Surabaya, dan peringkat ketiga diduduki oleh Universitas Gajah Mada (UGM) Yogyakarta” kata Masrukhi.

Dia juga mengemukakan “PKM ini dikembangkan untuk menghantarkan mahasiswa mencapai taraf pencerahan kreativitas dan inovasi berlandaskan penguasaan sains dan teknologi serta keimanan yang tinggi untuk menyiapkan mereka menjadi pemimpin yang cendekiawan, wirausahawan, bertanggungjawab, bekerjasama, serta kemandirian”.

Bayu Anggita, Aji Cristian, Shikha Amna salah satu tim PKM yang mendapatkan dana hibah mengatakan kami bersama tim siap untuk melaksanakan program dan siap untuk bisa mempresentasikan PKM-nya di PIMNAS. Kami mempunyai semboyan “unggul, prestasi, luar biasa” dan PIMNAS UNNES 2012 “pasti bisa juara”.

Koordinator Pembina PKM Unnes Tommi Yuniawan menegaskan setelah mahasiswa mendapatkan dana, mahasiswa wajib melaksanakan PKM sejak Januari sampai dengan Mei 2012 dengan sungguh-sungguh guna monev dan Pekan Ilmiah Mahasiswa Nasional (Pimnas).

“Unnes telah menyiapkan perangkat program diantaranya pembekalan, monev internal serta karantina. Sinergi antara mahasiswa dengan dosen pembimbing di  jurusan dan fakultas akan menjadi kekuatan untuk menyukseskan pelaksanaan PKM,” kata Tommi.

Dia menambahkan, setelah dilakukan Monev oleh Dikti, PKM yang dinyatakan layak akan direkomendasikan ke Pimnas ke-25 yang akan diselenggarakan bulan Juli 2012 di Yogyakarta.


DIUNGGAH : Sihono Dibaca : 2.039 kali
EDITOR : Sihono

satu komentar pada “PKM Unnes Raih Rp 4,3 Miliar Dana Dikti

  1. kapan pendaftaran bidik misi untuk jalur snmptn tulis atau ujian seleksi mandiri dibuka…?
    dan apa saja persyaratan untuk peserta ujian seleksi mandiri yang ingin mengikuti progam bidik misi?
    mohon informasinya…

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *