PKKMB Hari ke-2, UNNES Hadirkan Sejumlah Tokoh Nasional

Minggu, 6 September 2020 | 10:01 WIB


PKKMB Hari ke-2, UNNES Hadirkan Sejumlah Tokoh Nasional

Pelaksanaan Program Pengenalan Kehidupan Kampus bagi Mahasiswa Baru (PKKMB) Universitas Negeri Semarang telah memasuki hari kedua sejak diselenggarakan kali pertama pada Sabtu, (5/9).

Dalam kegiatan hari kedua yang diselenggarakan pada Minggu (6/9) ini, Rektor Universitas Negeri Semarang (UNNES) Prof Dr Fathur Rokhman MHum menyampaikan pentingnya cara menumbuhkan benih kepemimpinan.

“Setidaknya ada lima hal yang perlu dilakukan untuk menumbuhkan benih-benih kepemimpinan yakni perbanyak syukur, sadar dengan adanya perubahan, berkomitmen, meningkatkan literasi dan kompetensi, dan bersikap partisipatif. Selain itu, kita juga harus membentuk keyakinan bahwa saya pemimpin, saya bertumbuh,” ungkap Prof Fathur.

Profesor Sosiolinguistik itu menambahkan, pentingnya menimba ilmu dengan baik dan benar bagi mahasiswa baru.

“Saya sepakat dengan pendapat Nelson Mandela yang menjelaskan pendidikan sebagai senjata paling ampuh yang dapat digunakan untuk mengubah dunia. Karena dengan pendidikan kita bisa mengubah dunia, kita bisa berkontribusi pada banyak hal. Jadi sebagai mahasiswa baru sangat penting untuk memperhatikan cara menimba ilmu dengan baik dan benar,” papar Prof Fathur.

Hadir memberikan motivasi kepada 8.532 mahasiswa baru UNNES, Ketua Majelis Permusyawaratan Rakyat Republik Indonesia (MPR RI) H Bambang Soesatyo SE MBA yang menyampaikan pentingnya menjadi pemimpin masa depan.

“Saya ucapkan selamat, kalian telah diterima di salah satu kampus ternama di Indonesia, UNNES. Gunakan kesempatan ini untuk terus berkembang. Mahasiswa UNNES harus menjadi pemimpin masa depan, penerima estafet kepemimpinan. Sebagai generasi muda, kalian harus mengedepankan pemikiran kritis dan open minded,” jelas Bambang Soesatyo SE MBA.

Selain Ketua MPR RI, Program PKKMB tahun 2020 juga menghadirkan Wakil Ketua Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Provinsi Jawa Tengah H Sukirman SS, Tenaga Ahli Utama Kedeputian II Kantor Staf Kepresidenan Dr Dany Amrul Ichdan SE MSc, Direktur Pembelajaran dan Kemahasiswaan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Belmawa Kemendikbud) Republik Indonesia Prof drh Aris Junaidi PhD, dan Penulis sekaligus Motivator Indra Sugiarto.


DIUNGGAH : Dwi Hermawan
EDITOR : Dwi Hermawan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

* Kode Akses Komentar:

* Tuliskan kode akses komentar diatas:

X