Pimpinan PT Bidang Kemahasiswaan se-Indonesia Selenggarakan Rembuk Nasional

Senin, 9 Desember 2019 | 14:23 WIB


Pimpinan PT Bidang Kemahasiswaan se-Indonesia Selenggarakan Rembuk Nasional

Selama empat hari Kamis sampai Minggu (5-8/12/2019) Pimpinan Perguruan Tinggi (PT) Bidang Kemahasiswaan se-Indonesia menyelenggarakan Rembuk Nasional dengan tema “Pelestarian Nilai dan Semangat Kepahlawanan dikalangan Mahasiswa” di Ambon.

Kegiatan dibuka oleh Direktur Jenderal Pembelajaran dan Kemahasiswaan (Dirjen Belmawa) Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud), Prof Ismunandar PhD.

Dalam sambutannya Prof Ismunandar menyampaikan, sesuai dengan arahan dari Mendikbud Nadiem Anwar Makarim BA MBA bahwa pendidikan sejatinya harus memberikan kebebasan kemerdekaan kepada mahasiswa agar dapat mentransportasikan nilai-nilai kepahlawanan dalam membangun karakter mahasiswa Indonesia.

Hadir Direktur Kemahasiswaan Dirjen Belmawa Kemendikbud Dr H Didin Wahidin MPd, Gubernur Maluku Komjen (Purn) Murad Ismail, Rektor Universitas Pattimura Prof Dr MJ Sapteno SH MHum, dan Wakil Rektor Bidang Kemahasiswaan (WR3) diantaranra WR 3 UNNES Dr Abdurrahman.

Kemudian, acara dilanjutkan seminar nasional menghadirkan 3 narasumber yaitu Dirjen Belmawa tentang “Kebijakan dan Strategi Pelestarian Nilai dan Semangat Kepahlawanan di Kalangan Mahasiswa, Prof Dr Ir Darsono MSi dari UNS tentang Harapan dan Tantangan dalam Upaya Pelestarian Nilai dan Semangat Kepahlawanan di Kalangan Mahasiswa.

Kemudian, Prof Dr Mus Huliselan dari Universitas Pattimura tentang Nilai dan Semangat Kepahlawanan Pattimura sebagai Media Sosial Kehidupan Berbangsa.

Selain itu, acara juga diisi dengan sarasehan antar pimpinan tinggi bidang kemahasiswaan yang membahas sosialisasi program kegiatan kemahasiswaan tahun 2020/PKM, penjadwalan kegiatan nasional kemahasiswaan, implementasi Permen 55/2018, edaran untuk penyamaan pemahaman/persepsi Dosen terakit kegiatan kemahasiswaan, dan pemilihan serta penetapan lurah forum komunikasi mahasiswa (formkomawa) periode 2019-2020.

Acara ini diakhiri dengan “Deklarasi Ambon” yang berbunyi “Kami Para Pimpinan Perguruan Tinggi Bidang Kemahasiswaan se-Indonesia Mendeklarasikan Tumbuhkembangkan Nilai Kepahlawanan di Kalangan Mahasiswa untuk SDM Unggul Indonesia Maju”.

Deklarasi ini bertujuan untuk memberikan semangat kepada para mahasiswa se-Indonesia agar dapat menjiwai nilai-nilai kepahlawanan dalam berbagai kegiatan kemahasiswaan untuk kemajuan bangsa.


DIUNGGAH : Sihono
EDITOR : Sihono

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

* Kode Akses Komentar:

* Tuliskan kode akses komentar diatas: