Pimpin Apel FBS, Kajur Bahasa Indonesia Ajak Berbahasa Santun

Senin, 6 November 2017 | 9:59 WIB


Pimpin Apel FBS, Kajur Bahasa Indonesia Ajak Berbahasa Santun

Ketua Jurusan Bahasa dan Sastra Indonesia Fakultas Bahasa dan Seni Universitas Negeri Semarang, Dr Haryadi MPd, mempimpin apel pagi, Senin, 6 November 2017, di fakultas tersebut. Dalam amanatnya, Haryadi mengajak segenap civitas akademika UNNES untuk menggunakan bahasa Indonesia secara tertib dan santun.

Menurut Haryadi, dalam merumuskan Sumpah Pemuda, para pendiri bangsa telah menyatakan bahasa Indonesia sebagai bahasa persatuan. Untuk itu, dalam berkomunikasi sehari-hari, bahasa Indonesia mesti digunakan secara semestinya sesuai dengan kaidah dan konteksnya. Bahasa, dengan demikian, juga mencerminkan persatuan dan semangat nasionalisme. “Tidak hanya melalui lisan, namun tertib berbahasa juga bisa dibangun saat berkomunikasi melalui pesan singkat seperti Whatsapp,” ujarnya.

Selain diikuti dekan dan wakil dekan, apel pagi setiap Senin ini diikuti pengelola jurusan dan tenaga kependidikan di lingkungan FBS.

Haryadi tak memungkiri kasus-kasus yang belakangan muncul dalam skala nasional banyak yang bermula dari persoalan kebahasaan. Untuk itu, ia mengajak siapa pun untuk menggunakan bahasa secara santun, baik dalam tuturan sehari-hari maupun dalam berkomunikasi di jejaring sosial.


DIUNGGAH : Dhoni Zustiyantoro Dibaca : 261 kali
EDITOR : Dhoni Zustiyantoro

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

X